Apa Arti Sinkronisasi: Bagaimana Hal Ini Mengubah Kehidupan?

Dipublikasikan oleh Kania Zulia Ganda Putri

30 April 2024, 09.14

Sumber: encrypted-tbn0.gstatic.com

Apa yang dimaksud dengan sinkron?

Kata “sinkron” secara harafiah berarti pada waktu yang sama. Pembelajaran sinkron adalah metode e-learning yang memungkinkan pembelajar terhubung dan mempelajari hal yang sama pada waktu yang bersamaan. Dalam pembelajaran sinkron, pelajar dan instruktur terlibat dalam konten kursus pada saat yang sama menggunakan platform online.

Oleh karena itu, keduanya perlu hadir secara bersamaan. Keterlibatan ini memungkinkan diskusi memberi dan menerima dengan mudah serta lingkungan belajar yang sangat sosial dan interaktif. Pembelajaran sinkron memberikan umpan balik instan kepada pelajar yang membantu mereka mengevaluasi pertumbuhan mereka. Masukan yang diberikan oleh sesama pembelajar online dan instruktur memberikan kualitas yang lebih baik pada pengalaman belajar secara keseluruhan.

Contoh pembelajaran sinkron

Pembelajaran sinkron memberikan pelajar suatu lingkungan seperti ruang kelas tradisional, tetapi melalui internet. Pelajar dapat menghadiri kelas sinkron dari mana saja. Beberapa contoh pembelajaran sinkron online adalah sebagai berikut:

  • Kelas Virtual (Google Kelas)
  • Program Gelar Online
  • Konferensi Audio dan Video (Zoom, Google Meet, tim Microsoft, Skype)
  • Obrolan Instan (WhatsApp, Telegram)
  • Pelatihan yang dipimpin instruktur virtual (VILT), misalnya WebEx atau webinar

Keuntungan pembelajaran sinkron

Pembelajaran sinkron memiliki keuntungan sebagai berikut:

  • Efisiensi: Pembelajaran sinkron online memungkinkan instruktur menggunakan berbagai alat seperti video online, PDF, dan podcast. Instruktur dapat menggunakan alat ini sebagai bagian dari pelajaran mereka. Hal ini membuat proses pembelajaran menjadi lebih produktif.
  • Konsistensi: Pelajaran diajarkan secara konsisten oleh instruktur terampil menggunakan pelatihan formal . Ini memastikan bahwa setiap pelajar menerima jumlah pengetahuan yang sama.
  • Hemat biaya: Tanpa biaya transportasi, mode pembelajaran sinkron lebih hemat biaya dibandingkan pengajaran tradisional. Kemampuan untuk melatih sekelompok besar orang dengan harga lebih rendah dan kecepatan penyampaian yang lebih cepat adalah salah satu aspek paling bermanfaat dari pembelajaran sinkron.

Kekurangan pembelajaran sinkron

Namun demikian, pengiriman sinkron juga memiliki beberapa kelemahan.

  • Pembelajaran sinkron tidak mempertimbangkan bahwa tidak semua peserta didik dapat berkomitmen terhadap rencana pembelajaran yang ditetapkan. Disinilah diperlukannya suatu jenis lingkungan belajar yang ramah terhadap pembelajar dimana pembelajar dapat mengembangkan pembelajaran mereka.
  • Sifat pembelajaran sinkron adalah tidak fleksibel. Hal ini mengharuskan instruktur dan pelajar untuk mematuhi jadwal yang telah ditentukan, yang terkadang terbukti mustahil. Akibatnya, para pembelajar merasa kehilangan motivasi karena mereka tidak memiliki stamina untuk mengikuti kecepatan kursus.
  • Ini sepenuhnya berbasis teknologi. Pembelajar daring mungkin menjadi sangat frustrasi dan putus asa karena kurangnya pengetahuan teknis, keterampilan komputer yang buruk, dan ketidakmampuan untuk mengelola banyak teknologi yang digunakan dalam pembelajaran sinkron; oleh karena itu organisasi dapat mengantisipasi tingkat putus sekolah yang signifikan.

Kiat untuk menjaga pelajar tetap terlibat dalam lingkungan pembelajaran yang sinkron

  1. Berikan waktu kepada pelajar untuk memperoleh alat-alat baru dalam aktivitas berisiko rendah. Memberi mereka waktu untuk menjelajah akan membangun kepercayaan diri mereka terhadap perangkat dan membantu mereka dalam proyek masa depan.
  2. Biarkan peserta didik memilih dari berbagai media saat menyajikan pemahamannya. Untuk menjaga minat peserta didik, gunakan latihan gerakan.
  3. Untuk membuat pelajar berpartisipasi dalam kelas langsung, mulailah dengan aktivitas pemanasan. Tetapkan tugas kelompok yang mengharuskan mereka berkolaborasi. Gunakan ruang kerja kelompok online, papan tulis kolaboratif, dan penyematan permainan agar pelajar dapat terhubung.

Disadur dari: www.learningeverest.com