Analisis Keuangan: Definisi, Pentingnya, Jenis, dan Contoh

Dipublikasikan oleh Nurul Aeni Azizah Sari

11 Mei 2024, 01.18

Sumber: Pinterest.com

Apa itu analisis keuangan?
Analisis keuangan adalah proses mengevaluasi bisnis, proyek, anggaran, dan transaksi terkait keuangan lainnya untuk menentukan kinerja dan kesesuaiannya. Biasanya, analisis keuangan digunakan untuk menganalisis apakah suatu entitas stabil, solven, likuid, atau cukup menguntungkan untuk menjamin investasi moneter.

Hal-hal penting yang dapat diambil

  • Jika dilakukan secara internal, analisis keuangan dapat membantu manajer keuangan membuat keputusan bisnis di masa depan atau meninjau tren historis untuk kesuksesan masa lalu.
  • Jika dilakukan secara eksternal, analisis keuangan dapat membantu investor memilih peluang investasi terbaik.
  • Analisis fundamental dan analisis teknikal adalah dua jenis utama analisis keuangan.
  • Analisis fundamental menggunakan rasio dan data laporan keuangan untuk menentukan nilai intrinsik sekuritas.
  • Analisis teknikal mengasumsikan nilai sekuritas sudah ditentukan oleh harganya, dan berfokus pada tren nilai dari waktu ke waktu.
  • Analisis Keuangan

Memahami analisis finansial
Analisis keuangan digunakan untuk mengevaluasi tren ekonomi, menetapkan kebijakan keuangan, membuat rencana jangka panjang untuk aktivitas bisnis, dan mengidentifikasi proyek atau perusahaan untuk investasi. Hal ini dilakukan melalui sintesis angka-angka dan data keuangan. Seorang analis keuangan akan memeriksa laporan keuangan perusahaan secara menyeluruh laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas. Analisis keuangan dapat dilakukan dalam pengaturan keuangan perusahaan dan keuangan investasi.

Salah satu cara paling umum untuk menganalisis data keuangan adalah dengan menghitung rasio dari data dalam laporan keuangan untuk membandingkannya dengan perusahaan lain atau dengan kinerja historis perusahaan itu sendiri. Contohnya, return on asset (ROA) adalah rasio umum yang digunakan untuk menentukan seberapa efisien sebuah perusahaan dalam menggunakan asetnya dan sebagai ukuran profitabilitas. Rasio ini dapat dihitung untuk beberapa perusahaan di industri yang sama dan dibandingkan satu sama lain sebagai bagian dari analisis yang lebih besar. Tidak ada satu rasio atau perhitungan analitik keuangan terbaik. Biasanya, para analis menggunakan kombinasi data untuk sampai pada kesimpulan mereka.

Analisis keuangan perusahaan
Dalam keuangan perusahaan, analisis dilakukan secara internal oleh departemen akuntansi dan dibagikan kepada manajemen untuk meningkatkan pengambilan keputusan bisnis. Jenis analisis internal ini dapat mencakup rasio seperti nilai sekarang bersih (NPV) dan tingkat pengembalian internal (IRR) untuk menemukan proyek yang layak dijalankan.

Banyak perusahaan memberikan kredit kepada pelanggan mereka. Akibatnya, penerimaan kas dari penjualan mungkin tertunda untuk jangka waktu tertentu. Untuk perusahaan dengan saldo piutang yang besar, akan sangat berguna untuk melacak hari penjualan yang belum dibayar (days sales outstanding atau DSO), yang membantu perusahaan mengidentifikasi lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mengubah penjualan kredit menjadi uang tunai. Periode penagihan rata-rata merupakan aspek penting dari siklus konversi kas perusahaan secara keseluruhan.

Area utama dari analisis keuangan perusahaan melibatkan ekstrapolasi kinerja masa lalu perusahaan, seperti laba bersih atau margin laba, ke dalam perkiraan kinerja masa depan perusahaan. Jenis analisis tren historis ini bermanfaat untuk mengidentifikasi tren musiman. Sebagai contoh, peritel mungkin melihat peningkatan drastis dalam penjualan dalam beberapa bulan menjelang Natal. Hal ini memungkinkan bisnis untuk memperkirakan anggaran dan membuat keputusan, seperti tingkat persediaan minimum yang diperlukan, berdasarkan tren masa lalu.

Analisis keuangan investasi
Dalam keuangan investasi, seorang analis dari luar perusahaan melakukan analisis untuk tujuan investasi. Analis dapat melakukan pendekatan investasi dari atas ke bawah atau dari bawah ke atas. Pendekatan top-down pertama-tama mencari peluang ekonomi makro, seperti sektor-sektor berkinerja tinggi, dan kemudian menelusuri lebih jauh untuk menemukan perusahaan-perusahaan terbaik dalam sektor tersebut. Dari titik ini, mereka menganalisis lebih lanjut saham-saham perusahaan tertentu untuk memilih perusahaan yang berpotensi sukses sebagai investasi dengan melihat fundamental perusahaan tertentu.

Sebaliknya, pendekatan bottom-up melihat perusahaan tertentu dan melakukan analisis rasio yang serupa dengan yang digunakan dalam analisis keuangan perusahaan, dengan melihat kinerja masa lalu dan ekspektasi kinerja masa depan sebagai indikator investasi. Investasi bottom-up memaksa investor untuk mempertimbangkan faktor mikroekonomi terlebih dahulu. Faktor-faktor ini termasuk kesehatan keuangan perusahaan secara keseluruhan, analisis laporan keuangan, produk dan layanan yang ditawarkan, penawaran dan permintaan, dan indikator individu lainnya dari kinerja perusahaan dari waktu ke waktu.

Analisis keuangan hanya berguna sebagai alat pembanding. Menghitung satu contoh data biasanya tidak ada gunanya; membandingkan data tersebut dengan periode sebelumnya, akun buku besar lainnya, atau informasi keuangan pesaing akan menghasilkan informasi yang berguna.

Jenis analisis keuangan
Ada dua jenis analisis keuangan: analisis fundamental dan analisis teknis.

Analisis fundamental
Analisis fundamental menggunakan rasio yang dikumpulkan dari data di dalam laporan keuangan, seperti laba per saham (EPS) perusahaan, untuk menentukan nilai bisnis. Dengan menggunakan analisis rasio sebagai tambahan dari tinjauan menyeluruh atas situasi ekonomi dan keuangan di sekitar perusahaan, analis dapat memperoleh nilai intrinsik sekuritas. Tujuan akhirnya adalah mendapatkan angka yang dapat dibandingkan oleh investor dengan harga sekuritas saat ini untuk melihat apakah sekuritas tersebut undervalued atau overvalued.

Analisis teknis
Analisis teknikal menggunakan tren statistik yang dikumpulkan dari aktivitas trading, seperti moving average (MA). Pada dasarnya, analisis teknikal mengasumsikan bahwa harga sekuritas sudah mencerminkan semua informasi yang tersedia untuk umum dan berfokus pada analisis statistik pergerakan harga. Analisis teknikal mencoba memahami sentimen pasar di balik tren harga dengan mencari pola dan tren, bukan menganalisis atribut fundamental sekuritas.

Analisis horisontal vs vertikal
Saat meninjau laporan keuangan perusahaan, dua jenis analisis keuangan yang umum digunakan adalah analisis horizontal dan analisis vertikal. Keduanya menggunakan kumpulan data yang sama, meskipun pendekatan analitisnya berbeda.

  • Analisis horizontal memerlukan pemilihan beberapa tahun data keuangan yang sebanding. Satu tahun dipilih sebagai data dasar, biasanya yang paling tua. Kemudian, setiap akun untuk setiap tahun berikutnya dibandingkan dengan garis dasar ini, menciptakan persentase yang dengan mudah mengidentifikasi akun mana yang tumbuh (mudah-mudahan pendapatan) dan akun mana yang menyusut (mudah-mudahan biaya).
  • Analisis vertikal memerlukan pemilihan tolok ukur mata anggaran tertentu, kemudian melihat bagaimana setiap komponen lain dalam laporan keuangan dibandingkan dengan tolok ukur tersebut. Biasanya, penjualan bersih digunakan sebagai tolok ukur. Perusahaan kemudian akan membandingkan harga pokok penjualan, laba kotor, laba operasi, atau laba bersih sebagai persentase terhadap tolok ukur ini. Perusahaan kemudian dapat melacak bagaimana persentase tersebut berubah dari waktu ke waktu.

Contoh analisis keuangan
Dalam periode sembilan bulan yang berakhir pada 30 September 2022, Amazon.com melaporkan kerugian bersih sebesar $ 3 miliar. Ini merupakan penurunan substansial dari satu tahun yang lalu di mana perusahaan melaporkan laba bersih lebih dari $19 miliar.

  • Amazon.com, Laporan Operasi Q3 2022
  • Amazon.com, Laporan Operasi Q3 2022

Analisis keuangan menunjukkan beberapa aspek menarik dari laba per saham perusahaan (ditunjukkan di atas. Di satu sisi, EPS perusahaan selama tiga kuartal pertama adalah -$0,29; dibandingkan dengan tahun sebelumnya, Amazon menghasilkan $1,88 per saham. Perbedaan dramatis ini tidak terjadi jika hanya melihat pada kuartal ketiga tahun 2022 dibandingkan dengan tahun 2021. Meskipun EPS menurun dari satu tahun ke tahun berikutnya, EPS perusahaan untuk setiap kuartal ketiga sebanding ($ 0,31 per saham vs $ 0,28 per saham).

Analis juga dapat menggunakan informasi di atas untuk melakukan analisis keuangan perusahaan. Sebagai contoh, perhatikan margin laba operasional Amazon di bawah ini.

  • 2022: $9,511 / $364,779 = 2.6%
  • 2021: $21,419 / $332,410 = 6.4%

Dari Q3 2021 hingga Q3 2022, perusahaan mengalami penurunan margin operasi, sehingga analisis keuangan dapat mengungkapkan bahwa perusahaan hanya memperoleh lebih sedikit pendapatan operasional untuk setiap dolar penjualan.

Mengapa analisis keuangan berguna?
Analisis keuangan bertujuan untuk menganalisis apakah suatu entitas stabil, likuid, solven, atau cukup menguntungkan untuk menjamin investasi moneter. Analisis ini digunakan untuk mengevaluasi tren ekonomi, menetapkan kebijakan keuangan, membangun rencana jangka panjang untuk aktivitas bisnis, dan mengidentifikasi proyek atau perusahaan untuk investasi.

Bagaimana analisis keuangan dilakukan?
Analisis keuangan dapat dilakukan dalam pengaturan keuangan perusahaan dan keuangan investasi. Seorang analis keuangan akan memeriksa laporan keuangan perusahaan secara menyeluruh - laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas. Salah satu cara paling umum untuk menganalisis data keuangan adalah dengan menghitung rasio dari data dalam laporan keuangan untuk dibandingkan dengan perusahaan lain atau dengan kinerja historis perusahaan itu sendiri. Area utama analisis keuangan perusahaan melibatkan ekstrapolasi kinerja masa lalu perusahaan, seperti laba bersih atau margin laba, ke dalam estimasi kinerja masa depan perusahaan.

Teknik apa yang digunakan dalam melakukan analisis keuangan?
Analis dapat menggunakan analisis vertikal untuk membandingkan setiap komponen laporan keuangan sebagai persentase dari suatu dasar (seperti setiap komponen sebagai persentase dari total penjualan). Sebagai alternatif, analis dapat melakukan analisis horizontal dengan membandingkan hasil keuangan satu tahun dasar dengan tahun-tahun lainnya.

Banyak teknik analisis keuangan yang melibatkan analisis tingkat pertumbuhan termasuk analisis regresi, pertumbuhan dari tahun ke tahun, analisis dari atas ke bawah seperti persentase pangsa pasar, atau analisis dari bawah ke atas seperti analisis pendorong pendapatan. Terakhir, analisis keuangan sering kali melibatkan penggunaan metrik dan rasio keuangan. Teknik-teknik ini mencakup rasio yang berkaitan dengan likuiditas, solvabilitas, profitabilitas, atau efisiensi (perputaran sumber daya) perusahaan.

Apa itu analisis fundamental?
Analisis fundamental menggunakan rasio yang dikumpulkan dari data di dalam laporan keuangan, seperti laba per saham (EPS) perusahaan, untuk menentukan nilai bisnis. Dengan menggunakan analisis rasio sebagai tambahan dari tinjauan menyeluruh atas situasi ekonomi dan keuangan di sekitar perusahaan, analis dapat memperoleh nilai intrinsik sekuritas. Tujuan akhirnya adalah mendapatkan angka yang dapat dibandingkan oleh investor dengan harga sekuritas saat ini untuk melihat apakah sekuritas tersebut undervalued atau overvalued.

Apa itu analisis teknikal?
Analisis teknikal menggunakan tren statistik yang dikumpulkan dari aktivitas pasar, seperti moving average (MA). Pada dasarnya, analisis teknikal mengasumsikan bahwa harga sekuritas sudah mencerminkan semua informasi yang tersedia untuk umum dan berfokus pada analisis statistik pergerakan harga. Analisis teknikal mencoba memahami sentimen pasar di balik tren harga dengan mencari pola dan tren, bukan menganalisis atribut fundamental sekuritas.

Intinya
Analisis keuangan adalah landasan untuk membuat keputusan yang lebih cerdas dan lebih strategis berdasarkan data keuangan yang mendasari suatu perusahaan. Baik analisis korporat, investasi, maupun teknikal, analis menggunakan data untuk mengeksplorasi tren, memahami pertumbuhan, mencari area risiko, dan mendukung pengambilan keputusan. Analisis keuangan dapat mencakup investigasi perubahan laporan keuangan, menghitung rasio keuangan, atau mengeksplorasi varians operasi.

Berdagang di mana saja. Di mana saja, kapan saja Salah satu bursa aset kripto terbesar di dunia siap untuk Anda. Nikmati biaya yang kompetitif dan dukungan pelanggan yang berdedikasi sambil berdagang dengan aman. Anda juga akan memiliki akses ke alat Binance yang memudahkan Anda untuk melihat riwayat perdagangan Anda, mengelola investasi otomatis, melihat grafik harga, dan melakukan konversi tanpa biaya. Buat akun secara gratis dan bergabunglah dengan jutaan pedagang dan investor di pasar kripto global.

Disadur dari: investopedia.com