Apa yang Dimaksud dengan Teknologi Bangunan? Jenis, Contoh, dan Semua yang Perlu Anda Ketahui di Tahun 2024

Dipublikasikan oleh Nurul Aeni Azizah Sari

06 Juni 2024, 07.16

Sumber: Pinterest.com

Artikel Eksklusif Neuroject: Istilah 'teknologi bangunan' menunjukkan metode dan prosedur teknis yang digunakan dalam membangun struktur. Istilah ini semakin penting dalam industri konstruksi karena adanya pergeseran dari jenis bangunan konvensional ke prototipe yang unik. Seiring dengan perkembangan bangunan dan tuntutan kinerja yang lebih besar, kompleksitas proses pembangunan semakin meningkat, seiring dengan meningkatnya jumlah pemasok dan produk khusus.

Konstruksi pada dasarnya melibatkan perakitan dan pergerakan material dan peralatan untuk menciptakan struktur jadi untuk berbagai tujuan. Tidak seperti manufaktur, prosedur konstruksi pada dasarnya tidak terstandardisasi, tidak terjadi dalam urutan yang tetap atau di lokasi yang ditentukan.

Meskipun proses inti dari konstruksi tetap mempertahankan esensinya sejak abad pertengahan, teknologi seputar konstruksi telah mengalami perubahan substansial. Tempat tinggal awal terdiri dari kulit binatang yang dibungkus dengan tongkat atau campuran lumpur, jerami, kayu, dan batu, yang terutama berfungsi sebagai tempat berlindung.

Bangsa Romawi kuno memperkenalkan eksperimen beton awal, memadukan kapur dan batu vulkanik untuk membangun beberapa struktur ikonik. Artikel ini mencantumkan tujuh inovasi bangunan yang signifikan yang baru-baru ini diterapkan pada sektor teknologi bangunan baru. Inovasi-inovasi ini membuka jalan bagi desain yang lebih terjangkau, hemat sumber daya, dan ramah lingkungan.

Janji dan kemampuan teknologi bangunan modern untuk memungkinkan bisnis berkembang lebih cepat dan cerdas adalah hal yang membuatnya menarik. Dengan kata lain, menjadi lebih produktif dan kompetitif. Penemuan terbaru sering kali lebih dari itu, yaitu lebih ramah lingkungan, memberikan pilihan perumahan yang unik, membangun jalan dengan bahan yang canggih, dan berfungsi lebih cerdas. Selain itu, komunikasi, analitik, dan data besar menjadi lebih efisien berkat teknologi konstruksi baru.Daftar Isi

Menyelidiki perkembangan industri konstruksi

Wabah teknologi bangunan memicu revolusi di sektor konstruksi yang menguji norma-norma yang sudah ada saat kita menegosiasikan kompleksitas abad ke-21. Mengadopsi teknik konstruksi cerdas bukan hanya sebuah pilihan; hal ini sebenarnya diperlukan untuk meningkatkan keberlanjutan lingkungan binaan, memangkas biaya, dan meningkatkan efisiensi.

Perkembangan teknologi bangunan telah dipercepat sebagai hasil dari beberapa kemajuan industri utama. Proses konstruksi, kemajuan teknologi dan perangkat lunak, kondisi pasar saat ini, dan keterlibatan pemerintah dalam terobosan teknologi bangunan baru adalah beberapa di antaranya.

Tren pasar lainnya juga berkorelasi dengan investasi yang dilakukan di sektor infrastruktur, energi, dan utilitas, yang terus menjadi kontributor utama bagi pertumbuhan produksi konstruksi secara keseluruhan. Kami telah melihat sejumlah estimasi dan laporan internasional tentang gambaran pasar industri berdasarkan semua variabel ini. Perangkat lunak konstruksi dan teknologi mutakhir digunakan di setiap tingkat proses. Mulai dari perencanaan proyek hingga pekerjaan di lokasi hingga tahap pelengkap.

Mendorong efisiensi dan hasil yang lebih berkualitas lebih dari sekadar persaingan di bidang teknologi bangunan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan sektor yang, dalam segala hal, mendorong perekonomian. Alat berat baru sering kali dikreditkan dengan kemajuan teknologi bangunan. Tetapi kemajuan teknologi yang terhubung juga telah membuat langkah yang signifikan. Alat-alat teknologi bangunan baru tersedia untuk digunakan di ruang rapat serta di lapangan dan kantor-kantor di rumah.

Definisi teknologi bangunan

Teknologi bangunan mencakup beragam pengetahuan teknis, metode, material, sistem, dan praktik yang digunakan dalam desain, konstruksi, dan pemeliharaan bangunan serta struktur bangunan lainnya. Hal ini melibatkan penerapan prinsip-prinsip teknik, keahlian arsitektur, dan kemajuan dalam ilmu material, teknik konstruksi, dan praktik berkelanjutan untuk menciptakan ruang yang aman, fungsional, efisien, dan menyenangkan secara estetika.

Bidang multidisiplin ini mencakup berbagai aspek, termasuk sistem struktur, ilmu material, HVAC (pemanasan, ventilasi, dan pengkondisian udara), sistem kelistrikan dan perpipaan, efisiensi energi, teknologi bangunan pintar (seperti IoT - Internet of Things), pertimbangan lingkungan, dan teknik manajemen konstruksi.

Teknologi bangunan bertujuan untuk meningkatkan kinerja, daya tahan, keamanan, dan keberlanjutan struktur sambil beradaptasi dengan kebutuhan masyarakat yang terus berkembang, kemajuan teknologi, dan tantangan lingkungan. Teknologi bangunan mencakup inovasi yang mengoptimalkan proses konstruksi, meningkatkan efisiensi energi, dan memprioritaskan praktik ramah lingkungan untuk menciptakan bangunan yang memenuhi kebutuhan saat ini dan masa depan.

Bangunan modern terdiri dari sistem dan rakitan rumit yang saling berhubungan dan harus berfungsi secara kohesif untuk memenuhi standar kinerja tertentu. Untuk mencapai hal ini, diperlukan upaya kolaboratif di antara berbagai pemangku kepentingan termasuk klien, konsultan, pemasok, kontraktor, dan subkontraktor. Kerja kolektif mereka sangat penting dalam mempersiapkan aplikasi perencanaan secara efektif, pengajuan untuk peraturan bangunan, entri untuk program seperti BREEAM, dokumentasi konstruksi, manual operasi dan pemeliharaan, dan dokumentasi penting lainnya. Berikut adalah daftar 7 teknologi bangunan teratas:

1. Kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin

Dalam cabang ilmu data kecerdasan buatan, data dalam jumlah besar digabungkan dengan teknologi komputer untuk memungkinkan pemecahan masalah dalam domain teknologi bangunan. Meskipun istilah kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin sering digunakan secara bergantian, namun keduanya tidak selalu memiliki arti yang sama. Pembelajaran mesin adalah bagian dari kecerdasan buatan yang meningkatkan kinerja tanpa harus diajarkan secara eksplisit. Kecerdasan ini belajar melalui pengalaman.

AI konstruksi memiliki potensi untuk melakukan perbaikan yang signifikan dan mendorong inovasi dan kreativitas berskala luas. Tanpa melebih-lebihkan, kami dapat menyatakan bahwa teknologi mutakhir ini memastikan hasil yang cepat dan tepat. Bisnis yang dapat memanfaatkan data, menghasilkan wawasan yang dapat dimengerti, dan membuat keputusan strategis dengan pengetahuan dapat memperoleh manfaat dari lingkungan konstruksi modern yang kaya data dan rumit.

Setelah bertahun-tahun melakukan penelitian dan pengembangan, AI akhirnya menemukan pijakannya di sektor teknologi bangunan. Berkat peningkatan daya pemrosesan, algoritme yang mengikuti prosedur yang tepat, jumlah data yang sangat besar yang dihasilkan oleh industri, dan terobosan dalam sistem yang menggabungkan peningkatan ini, AI menjadi kenyataan saat ini. Saatnya untuk memahami AI dan menerapkannya ke dalam perusahaan Anda sekarang.

Peningkatan kinerja dan keamanan dimungkinkan oleh AI, sebuah teknologi yang masih terus berkembang dalam aspek lain dari industri teknologi bangunan. Pemeliharaan prediktif, keamanan lokasi, robotika, manajemen proyek, jaminan kualitas, dan kinerja bangunan adalah beberapa contohnya.

2. Realitas yang diperluas

Realitas yang diperluas (XR) termasuk dalam kategori teknologi bangunan baru yang semakin populer di berbagai sektor bisnis. Baru-baru ini, keselamatan konstruksi telah menjadi pertimbangan dalam penggunaannya. Realitas virtual, realitas tertambah, realitas campuran, dan semua teknologi bangunan lain yang mereplikasi realitas secara kolektif disebut sebagai "realitas yang diperluas." Ini adalah tren teknologi yang penting saat ini karena kita semua ingin melampaui batas-batas nyata planet ini. Di berbagai industri, sketsa 3D, pengembangan kembaran digital, dan kolaborasi desain sedang direvolusi oleh realitas virtual dan campuran.

Perbedaan antara kata virtual reality (VR), augmented reality (AR), mixed reality (MR), dan extended reality (XR) sering kali tidak jelas.

  • Pandangan terhadap dunia nyata-dunia fisik-dengan komponen digital yang ditumpangkan di atasnya disebut augmented reality (AR).
  • Realitas campuran (MR) adalah perspektif dunia fisik dengan lapisan elemen digital di atasnya, yang memungkinkan interaksi antara elemen fisik dan digital.
  • Lingkungan digital yang benar-benar imersif disebut virtual reality (VR).
  • Realitas yang diperluas (XR) adalah kata yang mencakup semua kata untuk semua teknologi ini, seperti AR, MR, dan VR.

Perbaikan alat berat adalah contoh utama dari teknologi bangunan ini. Pelatihan lengkap untuk operator dan teknisi adalah salah satu cara terbaik untuk memperpanjang umur perangkat ini. Di sinilah AR, MR, dan VR bersinar karena mereka menghasilkan pengalaman instruksional yang sangat menarik. Simulasi realitas virtual adalah cara yang lebih aman dan lebih hemat biaya bagi pengemudi untuk mempelajari cara mengoperasikan peralatan daripada instruksi langsung.

Teknisi peralatan juga dapat menggunakan AR dan MR untuk mempelajari cara memperbaiki mobil dan membantu perbaikan saat bekerja. Mereka dapat menggunakan kacamata AR bersama dengan panduan virtual untuk memastikan bahwa mereka melakukan perbaikan di dunia nyata secara tepat dan akurat. Setiap tugas praktis dan teknologi bangunan dapat ditangani dengan menggunakan metode ini. Misalnya, kacamata AR atau MR dapat membantu pekerja konstruksi dalam memasang pipa secara akurat atau melakukan pemeliharaan listrik yang rumit. Kemungkinan kesalahan dan masalah keamanan saat melakukan tugas-tugas ini dalam konstruksi berkurang dengan adanya panduan virtual.

3. Pencetakan 3D

Ketika bisnis atau proyek menggunakan prosedur yang dikendalikan komputer untuk melapisi bahan secara progresif untuk membentuk bentuk tiga dimensi, hal ini dikenal sebagai pencetakan 3D dalam industri teknologi bangunan. Printer 3D dapat digunakan untuk memproduksi komponen di luar lokasi untuk dirakit di kemudian hari atau untuk membangun seluruh bangunan di lokasi dalam domain teknologi bangunan. Printer menghasilkan konstruksi pada platform menggunakan bahan seperti semen, plastik, atau logam cair setelah menerima dimensi dari program perangkat lunak.

Di era teknologi bangunan baru, dengan bantuan mesin yang membangun dan merakit struktur, pencetakan 3D dalam konstruksi memiliki potensi untuk menggantikan tenaga kerja manual tertentu. Ini mungkin merupakan metode yang lebih ekonomis, praktis, dan bertanggung jawab terhadap lingkungan dalam membangun struktur baru. Anda dapat menentukan apakah teknologi ini dapat membantu anda meningkatkan kebahagiaan klien dan merampingkan operasi dengan mempelajari keuntungan pencetakan 3D dalam industri teknologi bangunan.

Tiga bentuk utama pencetakan 3D digunakan dalam teknologi bangunan:

Lengan ekstruder robotik: teknik ekstruder lengan robotik, juga dikenal sebagai pembuatan kontur, menggunakan lengan seperti derek yang berayun bolak-balik untuk melepaskan bahan dan meletakkan lapisan. Untuk memungkinkan lengan tersebut menyesuaikan lokasi dan ketinggiannya sesuai kebutuhan, perusahaan konstruksi menempatkan rel di sekitar ruang bangunan. Teknik ini dapat digunakan untuk proyek pencetakan 3D yang lebih sederhana. Untuk proyek yang menggunakan teknik ini, Anda mungkin perlu melakukan pekerjaan tambahan tergantung pada bahannya. Misalnya, untuk mencegah beton mengeras terlalu cepat, Anda dapat mencampur beton dan menuangkannya ke dalam printer saat Anda bekerja.

Endapan pasir: dalam teknik ini, struktur dibuat dengan melepaskan lapisan pasir dari printer 3D. Mesin menghasilkan tetesan yang memadatkan dan mengikat pasir setelah lapisan mencapai ketebalan yang tepat. Teknik ini dapat diterapkan pada bahan atau struktur bangunan yang lebih kecil.

Menggabungkan teknologi dengan yang lain: Anda dapat menggunakan teknologi bangunan lainnya, seperti pengelasan, bersamaan dengan pencetakan 3D. Logam mentah dapat dilapisi menggunakan lengan robot atau peralatan cetak lainnya. Bahan-bahan tersebut kemudian dapat dipadatkan melalui pengelasan saat mesin mencetaknya. Dengan menggunakan teknik ini, dimungkinkan untuk membangun jembatan dan struktur lain tanpa fondasi.

Keuntungan pencetakan 3D untuk bangunan

Karena beberapa bisnis telah menggunakan pencetakan 3D dalam domain teknologi bangunan untuk memproduksi kantor, rumah, dan struktur lainnya, hal ini dapat mengatasi banyak masalah dengan konstruksi konvensional. Berikut ini adalah beberapa manfaat pencetakan 3D untuk bangunan:

1. Mengurangi limbah: lokasi konstruksi dapat menghasilkan sampah dalam jumlah besar, sedangkan printer 3D biasanya menghasilkan limbah yang hampir tidak banyak karena hanya menggunakan bahan yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas. Strategi pengurangan limbah lainnya, seperti prefabrikasi (di mana perusahaan konstruksi membangun struktur dalam bagian-bagian kecil sehingga orang dapat dengan cepat merakitnya di tempat), juga dapat digunakan dalam rencana pembangunan untuk mengurangi hasil limbah dengan teknologi bangunan ini lebih banyak lagi.

2. Daur ulang: menggunakan bahan daur ulang dalam proyek Anda adalah keuntungan lain dari pencetakan 3D di sektor teknologi bangunan untuk lingkungan. Plastik daur ulang dapat digunakan untuk membangun struktur yang kuat karena printer 3D dapat menggunakan bahan untuk menghasilkan pola kisi. Sumber daya daur ulang lainnya, seperti beton daur ulang, dapat digunakan di lokasi konstruksi.

3. Produksi cepat: pencetakan 3D yang berkelanjutan dapat dilakukan dengan sedikit pengawasan. Proyek terkadang bisa memakan waktu lebih lama karena proyek konstruksi sering kali memiliki batasan waktu untuk membangunnya, seperti pada malam hari atau cuaca buruk. Karena hampir otomatisasi, printer 3D kadang-kadang dapat membangun rumah atau struktur lain dalam beberapa hari dengan menggunakan teknologi bangunan ini.

4. Efektivitas biaya: penghematan tenaga kerja dan waktu untuk proyek konstruksi hanyalah salah satu dari banyak cara printer 3D yang ekonomis. Sebelum mengukur dan memotong apa yang sebenarnya mereka butuhkan, pekerja konstruksi sering kali membeli bahan mentah, yang dapat menghasilkan sisa. Pekerja konstruksi sering kali membeli jumlah bahan yang tepat yang mereka butuhkan untuk produk cetakan 3D karena lebih ekonomis.

5. Tanggapan inovatif: tidak seperti teknik konstruksi tradisional, yang mengandalkan daur ulang cetak biru dan templat, pencetakan 3D memungkinkan terciptanya solusi yang unik. Dengan menggunakan perangkat lunak arsitektur modern, arsitek dapat mengembangkan bangunan yang imajinatif. Misalnya, Anda dapat memodifikasi model dalam program dan mencetaknya lagi sampai Anda membangun produk jadi jika pelanggan menginginkan desain tertentu atau bentuk yang tidak umum untuk rumah atau kantor mereka. Hal ini dapat dilakukan dengan teknologi bangunan ini dengan biaya finansial atau tenaga kerja yang minimal.

6. Pengaruh manusia yang lebih rendah: seiring dengan mengurangi produksi limbah manusia di lokasi bangunan, pencetakan 3D menawarkan potensi lokasi konstruksi yang hampir bebas dari kesalahan. Untuk klien, pencetakan 3D dapat menciptakan struktur berkualitas tinggi dan menurunkan insiden kecelakaan konstruksi.

4. Algoritma genomik

Algoritme kontrol dapat mengembangkan optimalisasi konsumsi energi AC dan kipas angin melalui Deep Q-Learning dalam pembelajaran penguatan. Meskipun indikator evaluasi lingkungan dalam ruangan, seperti konsumsi energi, kenyamanan termal, dan kualitas udara dalam ruangan, berguna untuk memantau sistem AC, namun indikator tersebut tidak secara langsung bermanfaat untuk informasi distribusi udara.

Pengguna akhir residensial dan komersial bersama-sama menghasilkan 20,1% dari total energi yang digunakan secara global di sektor bangunan. Lebih dari 70% energi yang digunakan oleh bangunan dalam struktur perumahan dikonsumsi oleh peralatan pendingin udara dan pencahayaan (pendingin udara mengkonsumsi sekitar 45% dan pencahayaan mengkonsumsi sekitar 25%). Dari sudut pandang kenyamanan termal, pendinginan pada bangunan bahkan lebih penting di daerah tropis dan subtropis, terutama pada bangunan publik seperti kantor, supermarket, fasilitas olahraga, dll., di mana konsumsi energi menyumbang lebih dari 56% kebutuhan energi bangunan.

Dengan memeriksa desain mereka menggunakan algoritma genetik di bidang teknologi bangunan, teknik ventilasi dapat menghasilkan lingkungan interior yang dapat diterima dan penghematan energi. Memantau dan memodifikasi lingkungan sekitar penghuni dalam pengaturan yang terstruktur merupakan hal yang menantang karena indikator lingkungan dalam ruangan bervariasi sesuai dengan ketinggian ruangan. Performa prakiraan dalam situasi pemanasan dan pendinginan akan dipertimbangkan dan dibandingkan di area ini. Algoritme genetik meningkatkan kemampuan untuk mengantisipasi kualitas udara interior ketika dipanaskan.

5. Solusi energi baru

Strategi yang fantastis untuk mengurangi atau menghilangkan emisi dari lokasi konstruksi adalah dengan menggunakan energi terbarukan. Lokasi konstruksi berkontribusi secara signifikan terhadap emisi gas rumah kaca (GRK) global, menyumbang 39% dari seluruh karbon dioksida yang dilepaskan di seluruh dunia sebagai akibat dari penggunaan energi dan proses industri. Hal ini disebabkan oleh energi yang cukup besar yang dibutuhkan untuk menjalankan alat berat. Akibatnya, salah satu area fokus utama untuk mengurangi GRK dan membatasi pemanasan global adalah lokasi konstruksi.

Investor beralih ke sumber energi alternatif, seperti angin, matahari, tenaga air, sel tenaga hidrogen, dll., untuk memberi daya pada lokasi konstruksi karena pesatnya perluasan konstruksi perkotaan dan persyaratan pengurangan karbon yang ketat. Selain itu, kemajuan teknis telah meningkatkan efektivitas, ketersediaan, dan keterjangkauan energi terbarukan di sektor teknologi bangunan. Sekarang lebih mudah dari sebelumnya untuk beralih ke sumber energi alternatif karena adanya solusi dalam domain teknologi bangunan.

Di lokasi konstruksi, listrik digunakan untuk peralatan listrik, penerangan, kendaraan listrik, pendingin ruangan, dan pemanas. Lokasi konstruksi akan menjadi ramah lingkungan dan bisnis akan didorong untuk berinvestasi dalam mengembangkan teknologi bangunan energi terbarukan dengan memberdayakannya dengan energi hijau. Selain itu, sektor konstruksi dapat sepenuhnya mematuhi pedoman keberlanjutan ketika menggunakan peralatan yang dipicu oleh sumber energi terbarukan sebagai teknologi bangunan baru.

Disadur dari: neuroject.com