Peran dan Tanggung Jawab Design Engineer dalam Industri Teknik Modern

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

16 Mei 2024, 09.56

Sumber: freepik.com

Design Engineer

Seorang insinyur desain adalah seorang insinyur yang berfokus pada proses desain teknik di salah satu dari berbagai disiplin ilmu teknik (termasuk sipil, mekanik, listrik, kimia, tekstil, kedirgantaraan, nuklir, manufaktur, sistem, dan struktur / bangunan / arsitektur) dan disiplin ilmu desain seperti Interaksi Manusia dan Komputer. Insinyur desain cenderung bekerja pada produk dan sistem yang melibatkan pengadaptasian dan penggunaan teknik ilmiah dan matematika yang kompleks. Penekanannya cenderung pada penggunaan fisika teknik dan ilmu terapan lainnya untuk mengembangkan solusi bagi masyarakat.

Seorang insinyur desain biasanya bekerja dengan tim insinyur lain dan jenis desainer lainnya (misalnya desainer industri), untuk mengembangkan desain konseptual dan terperinci yang memastikan suatu produk berfungsi, berkinerja, dan sesuai dengan tujuannya. Mereka juga dapat bekerja sama dengan pemasar untuk mengembangkan konsep dan spesifikasi produk untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, dan dapat mengarahkan upaya desain. Di banyak bidang teknik, ada perbedaan antara "insinyur desain" dan peran teknik lainnya (misalnya insinyur perencanaan, insinyur proyek, insinyur pengujian). Analisis cenderung memainkan peran yang lebih besar untuk bidang yang terakhir, sementara sintesis lebih penting untuk bidang yang pertama; namun demikian, semua peran tersebut secara teknis merupakan bagian dari proses desain teknik secara keseluruhan.

Ketika sebuah proyek perekayasaan melibatkan keselamatan publik, para insinyur desain yang terlibat sering kali diharuskan memiliki lisensi - misalnya, sebagai Insinyur Profesional (di AS dan Kanada). Sering kali terdapat "pengecualian industri" untuk insinyur yang bekerja pada proyek hanya secara internal di organisasi mereka, meskipun ruang lingkup dan ketentuan pengecualian tersebut sangat bervariasi di seluruh yurisdiksi.

Tugas Design Engineer

Insinyur desain dapat bekerja dalam tim bersama dengan desainer lain untuk membuat gambar yang diperlukan untuk pembuatan prototipe dan produksi, atau dalam kasus bangunan, untuk konstruksi. Namun, dengan munculnya perangkat lunak CAD dan pemodelan solid, insinyur desain dapat membuat gambar sendiri, atau mungkin dengan bantuan banyak penyedia layanan perusahaan.

Tanggung jawab berikutnya dari banyak insinyur desain adalah pembuatan prototipe. Model produk dibuat dan ditinjau. Prototipe dapat bersifat fungsional atau non-fungsional. Prototipe "alfa" fungsional digunakan untuk pengujian; prototipe non-fungsional digunakan untuk pengecekan bentuk dan kesesuaian. Pembuatan prototipe virtual dan karenanya untuk solusi perangkat lunak semacam itu juga dapat digunakan. Tahap ini adalah tahap di mana kekurangan desain ditemukan dan diperbaiki, serta perkakas, perlengkapan manufaktur, dan pengemasan dikembangkan.

Setelah prototipe "alfa" diselesaikan setelah banyak iterasi, langkah selanjutnya adalah prototipe pra-produksi "beta". Insinyur desain, bekerja sama dengan insinyur industri, insinyur manufaktur, dan insinyur kualitas, meninjau proses awal komponen dan rakitan untuk kesesuaian desain dan analisis metode fabrikasi/pabrikasi. Hal ini sering kali ditentukan melalui kontrol proses statistik. Variasi dalam produk dikorelasikan dengan aspek proses dan dieliminasi. Metrik yang paling umum digunakan adalah indeks kapabilitas proses Cpk. Cpk sebesar 1,0 dianggap sebagai penerimaan awal untuk memulai produksi penuh.

Insinyur desain dapat mengikuti produk dan membuat perubahan dan koreksi yang diminta selama masa pakai produk. Hal ini disebut sebagai rekayasa "dari buaian ke liang lahat". Insinyur desain bekerja sama dengan insinyur manufaktur di seluruh siklus hidup produk, dan sering kali diminta untuk menyelidiki dan memvalidasi perubahan desain yang dapat mengarah pada kemungkinan pengurangan biaya produksi untuk secara konsisten mengurangi harga ketika produk menjadi matang dan dengan demikian dikenakan diskon untuk mempertahankan volume pasar terhadap produk pesaing yang lebih baru. Selain itu, perubahan desain juga dapat diwajibkan oleh pembaruan hukum dan peraturan.

Proses desain adalah proses yang intensif informasi, dan para insinyur desain telah terbukti menghabiskan 56% waktu mereka untuk terlibat dalam berbagai perilaku informasi, termasuk 14% secara aktif mencari informasi. Selain kompetensi teknis inti para insinyur desain, penelitian telah menunjukkan sifat penting dari atribut pribadi, keterampilan manajemen proyek, dan kemampuan kognitif mereka untuk berhasil dalam peran tersebut.

Di antara temuan yang lebih rinci lainnya, sebuah studi pengambilan sampel kerja baru-baru ini menemukan bahwa insinyur desain menghabiskan 62,92% waktunya untuk melakukan pekerjaan teknis, 40,37% untuk pekerjaan sosial, dan 49,66% untuk pekerjaan berbasis komputer. Terdapat tumpang tindih yang cukup besar di antara berbagai jenis pekerjaan ini, dengan para insinyur menghabiskan 24,96% waktu mereka untuk melakukan pekerjaan teknis dan sosial, 37,97% untuk pekerjaan teknis dan non-sosial, 15,42% untuk pekerjaan non-sosial dan teknis, serta 21,66% untuk pekerjaan non-sosial dan teknis.

Disadur dari: en.wikipedia.org