Startup Seri-1 Strategi Pendanaan Startup
BADAN KEJURUAN TEKNIK INDUSTRI PERSATUAN INSINYUR INDONESIA (BKTI – PII)

Startup Seri-1 Strategi Pendanaan Startup

Biaya untuk Umum: Rp. 0
Biaya untuk Mahasiswa: Rp. 0
Total 1 Modul
Pemateri: None
Tanggal Webinar: None None - None
Tanggal Ujian: 10 Maret 2021, 18.00 - 19.00
Tanggal Remedial: None None - None

Startup Seri-1

Materi: Strategi Pendanaan Startup

Instruktur:: Italo Gani (Partner at Impactto)

Membangun startup yang sukses ternyata tidak mudah namun startup tetap dianggap dapat membantu memberdayakan masyarakat dan meningkatkan kualitas ekonomi melalui produk dan layanan berbasis teknologi. Hal tersebut juga akan didukung adanya peningkatan adaptasi penggunaan teknologi oleh masyarakat Indonesia. Kehadiran startup juga dianggap meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam operasional bisnis yang sangat penting dikuasai oleh bangsa Indonesia untuk meningkatkan daya saing . Contohnya selama masa pandemic, kehadiran startup e-commerce dapat membantu UKM dalam melakukan pemasaran produk mereka juga membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan belanja.

Berdasar pemikiran tersebut, perlu terus menerus diberikan bimbingan dari para pemain startup yang sudah sukses agar dapat membina para pemula untuk memulai membangun usaha startup dengan perencanaan yang lebih baik.

Startup diyakini akan mengubah wajah bisnis dan teknologi masa kini . Ada banyak cerita kesuksesan tapi lebih banyak lagi yang akhirnya terjun bebas dan gulung tikar.

Startup biasanya dimulai dari berukuran kecil dan awalnya didanai serta dioperasikan oleh para pendirinya arau satu individu. Perusahaan start up menawarkan produk atau layanan baru yang tidak dirawarkan pihak lain atau sudah ada tapi dilakukan secara kurang efektif (inferior)

Pada tahap awal, pengeluaran perusahaan startup cenderung besar karena banyak membutuhkan dana untuk pengembangan, pengujian dan pemasaran ide sementara pemasukan belum besar.

Melalui webinar ini instruktur mengupas strategi yang tepat dalam hal pendanaan start-up untuk tumbuh kembang mulai dari awal sampai akhirnya bisa mencapai tahap menjadi unicorn (bernilai lebih dari USD 1 billion). Faktor apa saja yang menjadi kunci sukses dan faktor apa saja yang menjadi penghambat. Lesson learned apa saja yang bisa diambil dari start-up yang sukses dan yang gagal.

Ada suatu quote yang banyak dikutip: sebanyak 9 dari 10 startup mengalami kegagalan pada tahap awal pendirian dan hanya 1% diantaranya berkembang menjadi unicorn. Hal ini bukan fakta yang mudah diterima tapi justru menjadi hal yang perlu diperhatikan. Bahkan para wirausahawan start up perlu memahami resiko kegagalan sebelum memulainya.

Strategi Pendanaan Startup

Strategi Pendanaan Startup

Kursus Lainnya

Startup Seri-1: How to Setup Your Basic Startup Knowledge  to become the Next Unicorn

Startup Seri-1: How to Setup Your Basic Startup Knowledge to become the Next Unicorn

Startup Series #2: Introduction to Startup Business

Startup Series #2: Introduction to Startup Business

Startup Series #3: How to Build Successful Startup: Lean Startup Approach

Startup Series #3: How to Build Successful Startup: Lean Startup Approach

Penyusunan Business Model Canvas Sebagai Kerangka Dasar Membangun Startup

Penyusunan Business Model Canvas Sebagai Kerangka Dasar Membangun Startup

https://www.diklatkerja.com/ google-site-verification=NZYxT_LuTP9MO8Y5NiwWF4-gn9VswpOgX2gKm3EGtmE k=rsa; p=MIGfMA0GCSqGSIb3DQEBAQUAA4GNADCBiQKBgQC7oocmjoXIed2vSE790e1bSahpUlaqGTn4MPX1dqt6iZb/bCeDPF8AwU5V+O2GdUldnnwsg6EFqqsJZ8QUfXJDbOetOSH/ETbRIAHxeSQjiaq2Cqob+uyKl7uVYIXkWYR1p1Ln04hc7B05Bs/pv7t7sToNFRIqr9G04P8vRxjpswIDAQAB