IoT Seri-2: How Design Your IoT System for OEE Scoring
BK TEKNIK INDUSTRI PII (BKTI – PII)

IoT Seri-2: How Design Your IoT System for OEE Scoring

Total 1 Modul

Kursus Internet of Things Seri-2:

Materi: How Design Your IoT System for OEE Scoring

Instruktur: Idham Mashar, ST, MM

 

Dapatkan informasi kursus di Telegram Group Tutorial diklatkerja: https://t.me/joinchat/VcxbIgjznVe1KUl5

Atau daftar di sini: https://bit.ly/Signup_diklatkerja

TANYA JAWAB

  1. Untuk stand-alone IOT apakah lebih cepat proses instalasinya daripada yang integrated, dan biasanya berapa lama prosesnya. Terimakasih
  2. Data dari PLC yg disimpan dengan tujuan untuk analisa biasa periodenya berapa lama? kemudian storagenya baiknya menggunakan SQL atau NoSQL?
  3. Mohon penjelasan sederhana untuk Pembagian Otorisasi Sistem Terintegrasi. Bagaimana baiknya untuk Building Information Modeling karena data desain, konstruksi dll berbeda instansi dan jika dishare via email sangat besar, jadi pas diskusi online sering dibatasi akses dan gambar-gambar jadi susah diperiksa detil.
  4. Untuk membuat program analitik dengan server dan User interface prosesnya seperti apa, pengetahuan minimum yang di miliki apa saja.
  5. Pada arsitektur OEE bila masuk data ke Local web apakah keamanan data untuk back up. Biaya yang ditimbulkan seberapa besar?
  6. Sistem yang terintegrasi dengan menggunakan Switchhub tambahan dan sistem IoT yang terhubung ke jaringan internet isu keamanannya seperti apa? Dan untuk reportingnya kalau dari pengalaman Pak Idham, di generate rutin per hari, per minggu atau seperti apa? Di luar data yang ditampilkan pada dashboard online.
  7. Untuk scoring OEE ini berarti hanya read only ya Pak? Satu arah saja. Tidak ada data yang di write ke dalam pabrik.
  8. Selama pembelajaran di kuliah, membangun system IoT, yang saya ketahui ada banyak cara, salah satunya yang memakai mikrokontroler (ESP32, ESP8266, atau Rasphberry) dan memakai IoT platform yang khusus PLC. Dalam penerapan, manakah yang paling baik dalam pengiriman data-data sensor dan sisi kestabilan?
  9. Apakah IOT dapat dimanfaatkan untuk maintenance service pabrik? Mencegah keausan komponen yang mahal, bagaimana caranya IOT mengukur lifetime komponen-komponen tersebut?
  10. Mohon info lagi untuk pengirman data ke Cloud secara realtime apakah via HTTP? Apa ada tips implementasi di sisi Cloud untuk menerima data yang cukup banyak data streamnya seperti data electrikal? Apakah lebih baik menggunakan instance sendiri atau menggunakan seperti Cloud Function/Lambda?
  11. Saya Fionna Ingrid mahasiswa Teknik Industri USU. Saya ingin bertanya menurut pak Idham apakah alat material handling di dalam pabrik baik di lantai produksi atau bagian inventori perlu diterapkan OEE? Terima kasih.
  12. Apakah ada saran untuk implementasi input downtime secara real time pada mesin yg di lock oleh maker mesin? Terima kasih
  13. Saya Teguh Imam Sentoso Mahasiswa Institut Teknologi Indonesia. Saya ingin bertanya apakah kesalahan terbesar dalam menerapkan OEE? lalu berdasarkan Nilai OEE kelas dunia adalah 85%, apakah ini target yg harus dicapai utk semua industri? Terima kasih sebelumnya.

 

 

How Design Your IoT System for OEE Scoring

How Design Your IoT System for OEE Scoring

Kursus Lainnya

Internet Of Things Seri-3

Internet Of Things Seri-3

Internet of Things Seri-1

Internet of Things Seri-1

https://www.diklatkerja.com/ View My Stats google-site-verification=NZYxT_LuTP9MO8Y5NiwWF4-gn9VswpOgX2gKm3EGtmE k=rsa; p=MIGfMA0GCSqGSIb3DQEBAQUAA4GNADCBiQKBgQC7oocmjoXIed2vSE790e1bSahpUlaqGTn4MPX1dqt6iZb/bCeDPF8AwU5V+O2GdUldnnwsg6EFqqsJZ8QUfXJDbOetOSH/ETbRIAHxeSQjiaq2Cqob+uyKl7uVYIXkWYR1p1Ln04hc7B05Bs/pv7t7sToNFRIqr9G04P8vRxjpswIDAQAB