BIM Seri-1: Basic Concept of Building Information Modelling
PII Learning Center

BIM Seri-1: Basic Concept of Building Information Modelling

Total 2 Modul

Building Information Modelling Seri-1
Materi: Basic Concept of Building Information Modelling

Instruktur: Chris Hartoyo, ST

Tanya Jawab Building Information Modelling

Tanya Jawab #1

M. Lutfi Wijaya PT Rekayasa Engineering, izin bertanya apakah BIM ini sdh mengcapture untuk design Plumbing, HVAC & Ducting dan Fire Protection System (Hydrant & Pipa Hydrant).

Tanya Jawab #2

Ijin bertanya Pak Chris, Jika BIM bukan software, lalu bagaimana menggabungkan informasi agar terintegrasi, misalnya Autocad dengan Excel atau Ms Project. Apa nama softwarenya? Lalu bagaimana cara mengintegrasikan individual software tersebut hingga menjadi sebuah informasi virtual.

Tanya Jawab #3

Roy, RMD Studio. Izin bertanya, beberapa waktu terakhir mulai banyak project yang mempunyai requirement untuk konsultan mengerjakan project dengan BIM.

1. Apakah ada software BIM yang free dan bisa terintegrasi untuk setiap disiplin ilmu (arsitek,struktur,mep, estimator)?

2. Jika tidak ada maka software apa yang menjadi rekomendasi?

Tanya Jawab #4

Sandi Aris Munandar dari Profesional Arsitek. Dalam memproduksi BIM, software apa saja yang disarankan dan bagaimana mengkolaborasikan antara schedule di MS Project dengan BIM. Terimakasih

Tanya Jawab #5

Finisya Trisnasari, PT Rekayasa Engineering. Ingin bertanya terkait dengan scheduling yang bisa diimport dari MS. Project/Primavera/Excel, bagaimana pengaplikasiannya untuk proyek2 konsultan engineering pak? Di mana schedule yang dibuat adalah schedule submission dokumen bukan schedule terkait fisik suatu bangunan. Terimakasih

Tanya Jawab #6

Demas Harimurti, Mohon ijin bertanya butuh waktu berapa lama training untuk menguasai aplikasi BIM, dan biayanya berapa?

Tanya Jawab #7

Irina Mildawati (Universitas Gunadarma). Mohon ijin pak, saya ingin bertanya, apakah BIM bisa mensupport bidang arsitektur landscape yaitu proses site planning and design serta detailed landscape design?

Tanya Jawab #8

Muh. Adnan/ PT Benteng Kupa. mohon izin bertanya...utk penggunaan BIM cost berapa? dan apabila menggunakan cost, apa sdh dibiayakan  pada  pada saat perencanaan utk kemudian digunakan pada saat konstruksi...tks

Tanya Jawab #9

Damar Budi - PT. Rekayasa Engineering:

1. Untuk BIM apakah bisa sampai detail gambar fabrikasi baja?

2. File yg akan diupload kira-kira besarnya berapa?

Tanya Jawab #10

Pak, Mohon ijin bertanya, BIM dapat diaplikasikan untuk MEP, mohon kriteria kompleksitas Project yang dapat menggunakan BIM tuk proses EPC, apakah BIM dapat digunakan untuk Project Refinery / LNG? Thanks

Tanya Jawab #11

Azhar - ITATS :

1. Bagaimana dengan spesifikasi section properties untuk profil baja?

2. Apakah harus download family atau bisa custom pak, terima kasih.

Tanya Jawab #12

Luthfinur – PT Rekayasa Engineering:

Untuk penentuan LOD, bagaimana menentukan level LOD? dan siapa yang umumnya menentukan level tersebut?

Tanya Jawab #13

Eka Suprianto. ​Apakah BIM cocok untuk project skala kecil atau menengah? contoh bangunan 2-6 lantai

Tanya Jawab #14

Darmawan, PT. Jasa Karsa Mamua, Sulteng. Ijin bertanya : Apakah aplikasi BIM digunakan pada new project saja. Apakah bisa untuk project maintenance atau pekerjaan tambahan pada kilang yang sudah beroperasi dan pada sebelumnya di kilang tersebut belum menggunakan BIM?

Tanya Jawab #15

Ichdinal H dari PT. Rekayasa Engineering. Pak Chris, sejauh mana BIM bisa mengakomodir kebutuhan Desain hingga Modelling. Termasuk Kalkulasi Desain bisa menjadi satu kesatuan Desain, 3D Visual-Check, Modeller hingga Manajemen Integrasi.

Tanya Jawab #16

Suratno, PT Rekayasa Engineering.

1.  Kalau dari paparan yang disampaikan, sepertinya BIM ini focus untuk Proyek high rise building. Pertanyaan saya, apakah ada experience list penggunaan BIM untuk Proyek pada Industrial Plant di Indonesia, semisal di Proyek Oil & Gas, Proyek Fertilizer, Proyek Petrochemical, dll.

2.  BIM akan Powerful jika diterapkan dalam proyek dengan scope EPC secara complete package. Bagaimana jika kita hanya mendapatkan paket pekerjaan di bagian Engineering saja? Apakah sudah pernah ada Analisa penghematan biaya dari sisi Consultant Engineering, untuk melakukan design dengan menggunakan BIM dibandingkan dengan cukup di 2D atau 3D tanpa menggunakan BIM?

Tanya Jawab #17

Boni Laksito (universitas Atmajaya Yogyakarta)  #Q/A: Utk plant design, software apa yang cocok untuk design plant ini khususnya plant utk manufaktur diskrit (non kimiawi)

 

 

Basic Concept of Building Information Modelling

Basic Concept of Building Information Modelling

Gambar soal

Gambar soal

Kursus Lainnya

Manajemen Rantai Pasok dan Penggunaan BIM

Manajemen Rantai Pasok dan Penggunaan BIM

BIM in the Era of Connection

BIM in the Era of Connection

Kebutuhan Standar Kompetensi Building Information Modelling (BIM)

Kebutuhan Standar Kompetensi Building Information Modelling (BIM)

BIM Seri-2: Building Information Modelling for Structure Design

BIM Seri-2: Building Information Modelling for Structure Design

Aplikasi Drone dan Teknologi 4.0 dalam Surveillance Pekerjaan Pembangunan Gedung

Aplikasi Drone dan Teknologi 4.0 dalam Surveillance Pekerjaan Pembangunan Gedung

Pemanfaatan BIM dalam Meningkatkan Kinerja Pekerjaan Konstruksi

Pemanfaatan BIM dalam Meningkatkan Kinerja Pekerjaan Konstruksi

BIM Series #3: Building Information Modeling for Infrastructure

BIM Series #3: Building Information Modeling for Infrastructure

https://www.diklatkerja.com/ View My Stats google-site-verification=NZYxT_LuTP9MO8Y5NiwWF4-gn9VswpOgX2gKm3EGtmE k=rsa; p=MIGfMA0GCSqGSIb3DQEBAQUAA4GNADCBiQKBgQC7oocmjoXIed2vSE790e1bSahpUlaqGTn4MPX1dqt6iZb/bCeDPF8AwU5V+O2GdUldnnwsg6EFqqsJZ8QUfXJDbOetOSH/ETbRIAHxeSQjiaq2Cqob+uyKl7uVYIXkWYR1p1Ln04hc7B05Bs/pv7t7sToNFRIqr9G04P8vRxjpswIDAQAB