Zenius PHK Karyawan Lagi, Apa yang Terjadi Sebenarnya?

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

19 Maret 2024, 09.36

Sumber: id.techinasia.com

Startup Edutech Zenius kembali mengumumkan pemutusan hubungan kerja (PHK). Pada bulan Mei 2022, sebanyak 25% karyawan atau lebih dari 200 orang di PHK. Alasan utama PHK pertama adalah dampak dari kondisi ekonomi makro saat itu. Sebagai respons, Zenius merasa perlu mengkonsolidasikan dan menyinergikan proses bisnis untuk memastikan kelangsungan. Salah satu implikasi dari strategi ini adalah perubahan peran di beberapa fungsi bisnis, sejalan dengan optimalisasi dan efisiensi proses.

Pada PHK kedua, fokus Zenius adalah pada pengalaman pembelajaran hibrid melalui jaringan New Primagama untuk melengkapi bisnis online mereka. Dengan penekanan baru ini, Zenius berencana mengurangi pengeluaran di beberapa area.

CEO Rohan Morgan menyatakan bahwa langkah ini diambil untuk menyesuaikan diri dengan kebutuhan pelanggan selama pandemi Covid-19, sambil tetap memelihara visi mereka untuk membentuk masyarakat Indonesia yang cerdas, cerah, dan dinamis. Meskipun jumlah karyawan yang terkena PHK kali ini tidak diungkapkan, Zenius memberikan saran kepada tim konten untuk melamar posisi Tentor di cabang Primagama. Zenius menegaskan bahwa pesangon akan diberikan sesuai dengan peraturan dan undang-undang yang berlaku di Indonesia.


Disadur dari sumber teknologi.bisnis.com