UNIVERSITAS SEBELAS MARET (UNS) 2022: Peluang Masuk Melalui 7 Jalur Mandiri S1 dan 6 Jalur Mandiri Vokasi

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

12 Maret 2024, 12.39

Sumber: kompas.com

KOMPAS.com - Universitas Sebelas Maret (UNS) membuka tujuh program studi sarjana khusus penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023. Menurut Kepala UPT SPMB UNS Hadiwiyono, terdapat tujuh pilihan tes UNS yang bisa dipilih mahasiswa pada mata kuliah sosialisasi YouTube PMB UNS. Pada jenjang sarjana terdapat tujuh jalur SM, antara lain:

Jalur UTBK 
Seleksi Mandiri Jalur Ujian (SMJU) 
Seleksi Mandiri Jalur Disabilitas (SMJD) 
Seleksi Mandiri Jalur Prestasi (SMJP) 
Seleksi Mandiri Jalur Kemitraan (SMJK) 
Seleksi Mandiri Jalur Kepemimpinan Muda (SMJKM) 
Seleksi Mandiri Jalur Internasional (SMJI).

Ada enam jalur SM pada program pascasarjana. Keenam jalur tersebut adalah:

Jalur UTBK 
Seleksi Mandiri Diploma Jalur Ujian (SMDJU) 
Seleksi Mandiri Diploma Jalur Disabilitas (SMDJD) 
Seleksi Mandiri Diploma Jalur Prestasi (SMDJP) 
Seleksi Mandiri Diploma Jalur Kemitraan (SMDJK) 
Seleksi Mandiri Diploma Jalur Kepemimpinan Muda (SMDJKM).


Ujian Online

Mengenai Jalur Ujian UNS, Hadi menjelaskan, calon jalur ini akan mengikuti ujian secara online. Saat ini, untuk jalur UTBK, calon dapat menggunakan nilai UTBK pada Seleksi Bersama Penerimaan Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022. “Jalur UTBK ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang sudah mengikuti UTBK-SBMPTN dan bisa mendapatkan sertifikat UTBK yang bisa digunakan untuk mendaftar jalur UTBK agar bisa kita dapatkan,” ujarnya. Melalui jalur disabilitasnya, UNS memberikan akses kepada mahasiswa penyandang disabilitas. Dengan pendekatan ini, UNS meminta transkrip nilai masa SMA siswa. Jalur prestasi dikhususkan bagi mahasiswa yang telah mencapai standar nasional atau internasional. Menurutnya, hal tersebut menjadi jalan bagi siswa yang tidak lolos SNMPTN. “Yang lebih penting adalah pendekatan kolaboratif yang akan diberikan secara khusus oleh pemerintah daerah (para mahasiswa). Yang jelas kesepakatannya sangat kooperatif, simbiosis, dimana perkembangan UNS. istimewa. UNS juga membantu promosi dan donasi untuk UNS,” jelasnya. Jalur Kepemimpinan Pemuda berupaya mengidentifikasi siswa dengan keterampilan kepemimpinan yang luar biasa. Kita ingin mereka menjadi pemimpin, “misalnya orang-orang yang dulu pernah menjadi ketua OSIS atau di beberapa organisasi. Dalam isu internasional, khususnya mahasiswa asing,” ujarnya.

Kekuatan UNS

Kali ini ,penerimaan hobi mahasiswa baru Prof. Hadiwiyono membeberkan tingkat kesulitan setiap jalur seleksi UNS tahun 2021. Siswa yang berminat mengikuti jalur SNMPTN berjumlah 28.858 orang dan total diterima sebanyak 1.443 siswa. Hal ini menandakan kapasitas SNMPTN UNS tahun ini telah mencapai 5%. Dari 47.420 pendaftar UNS jalur SBMPTN, yang diterima sebanyak 2.628 orang. Bahkan, kekuatan SBMPTN UNS pada tahun itu mencapai 5,52%. Hadiwiyono membeberkan tingkat kesulitan setiap jalur seleksi UNS tahun 2021. Siswa yang berminat mengikuti jalur SNMPTN berjumlah 28.858 orang dan total diterima sebanyak 1.443 siswa. Hal ini menandakan kapasitas SNMPTN UNS tahun ini telah mencapai 5%. Dari 47.420 pendaftar UNS jalur SBMPTN, yang diterima sebanyak 2.628 orang. Artinya kinerja SBMPTN UNS tahun ini mencapai 5,52%.

Disadur dari Artikel : kompas.com