Universitas BSI Berikan Pembekalan Sertifikasi Kompetensi Programmer kepada Mahasiswa

Dipublikasikan oleh Jovita Aurelia Sugihardja

27 Maret 2024, 08.41

Sertifikat kompetensi memiliki cukup banyak manfaat, baik untuk individu yang memilikinya atau bagi perusahaan yang akan merekrutnya dikemudian hari. (ISTIMEWA)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR - Sertifikat kualifikasi memiliki cukup banyak keuntungan baik bagi yang memilikinya maupun bagi perusahaan yang akan merekrutnya di kemudian hari. Salah satu syarat penting sebelum mencari pekerjaan di suatu perusahaan . adalah memiliki sertifikat kualifikasi. Sertifikat ini dapat menjadi bukti bahwa siswa tersebut memiliki keterampilan yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Sertifikat kualifikasi berbeda dengan gelar universitas atau perguruan tinggi. Karena beberapa perusahaan menganggap kualifikasi lebih penting daripada gelar. Karena kualitas calon pegawai dapat diketahui melalui sertifikat kualifikasi ini.

Hal ini sejalan dengan apa yang dilakukan Program Studi (prodi) Sistem Informasi Universitas BSI Kampus Karawang dan Universitas BSI Kampus Bogor dengan memberikan sertifikat kualifikasi untuk mempersiapkan mahasiswanya menghadapi Ujian Kualifikasi Programmer.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin (1/10) secara daring melalui zoom dengan memperkenalkan narasumber Abdussomad selaku dosen sekaligus asesor kompetensi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) BSI dan Direktur Kampus Universitas BSI Bogor, Sugiono .

Dalam sambutannya Sugiono menekankan pentingnya kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan kerja mahasiswa. “Saya yakin mahasiswa BSI punya kualifikasinya masing-masing karena kalau hanya mengandalkan ijazah saja sulit bersaing dengan mahasiswa dari perguruan tinggi lain,” kata Sugiono kemarin, Senin, 1 Oktober.

Pasti datang, jadi tetap di sini. disetel dan semoga seluruh mahasiswa dapat memenuhi syarat dan mendapatkan sertifikat kualifikasi programmer yang merupakan salah satu penunjang karir universitas BSI.

"Fungsi" Sertifikat kualifikasi ini salah satunya untuk membantu para pekerja profesional merencanakan karir mereka dan mengukur levelnya kompetensi dalam proses pembelajaran di lembaga formal maupun mandiri,” ujarnya. Namun Abdussomad berharap sertifikat kompetensi yang berlisensi BNSP ini dapat memberikan kemudahan kepada mahasiswa BSI University dalam mencari kerja IT.

"Profesional sertifikat adalah suatu proses sertifikasi kualifikasi yang dilakukan secara sistematis dan obyektif melalui uji kualifikasi yang berkaitan dengan standar kualifikasi nasional, spesifik, dan internasional,” kata Abdussomad, Jumat (14/1). sertifikat akan mendapat sertifikat pengakuan tertulis atas keterampilan kerja yang telah dipelajarinya.

"Pada tahun 2030, Indonesia membutuhkan sebanyak 30 sumber daya manusia (SDM) juta tenaga kerja di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. “Sayangnya bekal keterampilan digital kepada mahasiswa masih sangat terbatas sehingga perusahaan harus bersaing untuk mendapatkan tenaga IT terbaik,” jelasnya.

Disadur dari: https://news.republika.co.id/berita/r5okjq380/universitas-bsi-berikan-pembekalan-sertifikasi-kompetensi-programmer-kepada-mahasiswa