Ujian Teknik Dasar

Dipublikasikan oleh Siti Nur Rahmawati

22 Agustus 2022, 11.34

civilengineeringacademy.com

Ujian Fundamentals of Engineering (FE), juga disebut sebagai ujian Engineer in Training (EIT), dan sebelumnya di beberapa negara bagian sebagai ujian Engineering Intern (EI), adalah ujian pertama dari dua ujian yang harus dilalui oleh para insinyur untuk menjadi berlisensi sebagai Professional Engineer (PE) di Amerika Serikat. Ujian kedua adalah Ujian Prinsip dan Praktik Teknik. Ujian FE terbuka untuk siapa saja yang memiliki gelar di bidang teknik atau bidang terkait, atau saat ini terdaftar di tahun terakhir program gelar teknik terakreditasi Badan Akreditasi untuk Rekayasa dan Teknologi (ABET). Beberapa dewan lisensi negara bagian mengizinkan siswa untuk mengambilnya sebelum tahun terakhir mereka, dan banyak negara bagian mengizinkan mereka yang belum pernah menghadiri program yang disetujui untuk mengikuti ujian jika mereka memiliki jumlah tahun pengalaman kerja di bidang teknik yang ditentukan negara bagian. Beberapa negara bagian mengizinkan mereka yang memiliki gelar "Teknologi Teknik" atau "ETAC" yang terakreditasi ABET untuk mengikuti ujian. Negara bagian Michigan tidak memiliki persyaratan masuk untuk FE. Ujian ini dikelola oleh National Council of Examiners for Engineering and Surveying (NCEES).

Principles and Practice of Engineering Examination

Struktur

Mulai tahun 2014, ujian FE dan FS hanya ditawarkan melalui Computer Based Testing (CBT). Ujian terdiri dari 110 pertanyaan dan diberikan selama sesi 6 jam, dimana 5 jam dan 20 menit ditetapkan sebagai waktu untuk menjawab pertanyaan. Waktu yang tersisa termasuk tutorial, disajikan di awal sesi, dan istirahat 25 menit opsional. Peserta ujian harus mendaftar untuk diuji di salah satu dari tujuh bidang: kimia, sipil, listrik dan komputer, lingkungan, industri dan sistem, mekanik, dan disiplin ilmu lainnya.

Sebelum 2014, ujian dibagi menjadi dua sesi 4 jam dengan istirahat makan siang di antaranya. Sesi pagi terdiri dari 120 soal dalam berbagai mata pelajaran sains/teknik dan harus diambil oleh semua peserta ujian, sedangkan sesi siang terdiri dari 60 soal dan dapat diambil baik dalam disiplin ilmu tertentu maupun sebagai ujian teknik umum. Pada tahun 2015, perubahan konten dalam ujian dilembagakan untuk menjadikannya sepenuhnya khusus disiplin ilmu, dengan rencana menenun materi pelajaran teknik umum (misalnya dasar-dasar matematika dan sains) selama ujian. Kurang dari "keluasan penuh" dari sebagian besar kurikulum sarjana teknik tradisional akan ditangkap dengan pendekatan ini - seperti dasar matematika dan sains yang luas yang mencakup kimia, fisika, mekanika (yaitu statika dan dinamika), ilmu material, ilmu komputer, elektronik/sirkuit , desain teknik, dan rentang standar matematika teknik (yaitu kalkulus, persamaan diferensial, statistik). Kekhawatiran adalah bahwa, sementara sebagian besar mahasiswa teknik sarjana sebenarnya terpapar pada sebagian besar mata pelajaran ini, mereka mungkin tidak perlu mengambil kursus dalam topik khusus seperti termodinamika dan mekanika fluida.

Sejak Juli 2020, NCEES telah membuat pembaruan di semua disiplin ujian FE. Misalnya, topik "Alat Komputasi" telah dihapus untuk disiplin sipil dan mekanik. Dalam kasus lain, topik dan subtopik telah digabungkan atau digabungkan. NCEES juga menerbitkan versi terbaru dari Buku Pegangan Referensi FE edisi kesepuluh. Buku pegangan direvisi dengan menggabungkan tata letak satu halaman yang koheren alih-alih tata letak dua kolom, penambahan dan penghapusan beberapa persamaan baru, dan Spesifikasi Ujian FE yang diperbarui.

Mereka yang lulus ujian terkadang ditunjuk sebagai Insinyur Dalam Pelatihan atau Magang Insinyur tergantung pada pendekatan dewan lisensi negara bagian mereka untuk mengenali mereka yang berada di tengah-tengah proses lisensi. Banyak perusahaan teknik akan menilai pelamar pekerjaan teknik berdasarkan apakah mereka telah lulus ujian FE dan pendaftaran sebagai EIT. Lulus Ujian FE menunjukkan bahwa pelamar tidak melupakan prinsip-prinsip dasar teknik dasar yang mereka pelajari sebagai mahasiswa sarjana. Setelah memperoleh sejumlah pengalaman kerja tertentu (yang lamanya ditentukan oleh undang-undang negara bagian dan mungkin didasarkan pada jenis gelar yang diterima), EIT/EI dapat memenuhi syarat untuk mengikuti ujian Professional Engineer (PE). Lisensi yang sebenarnya kemudian dapat diajukan dan diberikan setelah berhasil menyelesaikan ujian PE. Waktu standar pengalaman kerja (yang mungkin perlu di bawah Insinyur Profesional) adalah empat tahun di sebagian besar negara bagian AS, untuk lulusan program teknik terakreditasi ABET.

Tarif kelulusan

Tingkat kelulusan ujian FE dari waktu ke waktu

NCEES memposting tingkat kelulusan dua kali setahun di situs web mereka, tetapi tingkat kelulusan ini dibatasi pada beberapa kriteria:

  • Mengikuti ujian FE untuk pertama kalinya
  • Menghadiri program teknik terakreditasi EAC/ABET
  • Mengikuti ujian FE dalam waktu 12 bulan setelah kelulusan

Bagian dari tingkat kelulusan ini cenderung antara 70 hingga 80% untuk setiap disiplin. Mereka juga memposting tingkat kelulusan lengkap setiap tahun dalam Laporan Kuadrat mereka yang mencakup semua peserta ujian. Laporan-laporan ini telah tersedia sejak tahun 2014 dan menunjukkan gambaran umum yang menarik untuk rend secara bertahap menurun dari waktu ke waktu.

Skor kelulusan

NCEES tidak secara resmi menyatakan berapa banyak pertanyaan yang harus benar untuk lulus. Sebaliknya, NCEES mengklaim bahwa skor kelulusan didasarkan pada metode statistik psikometrik tanpa mengungkapkan apa skor kelulusan yang sebenarnya.

Untuk melindungi integritas ujian, peserta ujian mengikuti ujian unik, yang dihasilkan dari bank masalah NCEES yang besar dan bersumber dari sukarelawan. Inilah sebabnya mengapa NCEES memberikan laporan skor yang diskalakan, jadi meskipun kesulitan ujian pada umumnya hampir sama untuk semua orang, mereka berbeda-beda, dan penskalaan diperlukan untuk tujuan perbandingan. Skor kelulusan ditetapkan oleh NCEES dan tidak melengkung relatif terhadap penampilan peserta ujian lainnya. Ini menjadi jelas ketika Anda melihat bahwa tingkat kelulusan setiap ujian berbeda dari yang lain dan bervariasi dari tahun ke tahun dalam plot di atas.

Kantor Paten AS

Lulus Ujian Teknik Dasar, bersama dengan kelulusan dengan gelar Sarjana atau yang setara, memenuhi persyaratan teknis Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat (USPTO) untuk mengikuti ujian pendaftaran untuk menjadi pengacara paten terdaftar atau agen paten.

 

Sumber Artikel: en.wikipedia.org