Tragedi Kecelakaan Pesawat SAM Air di Pegunungan Papua: Kronologi dan Evakuasi Korban

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

27 Maret 2024, 10.28

Sumber: id.wikipedia.org

\

Pesawat SAM Air Cessna 208 Caravan jatuh usai lepas landas dari Bandara Elelim menuju Bandara Poik pada pukul 10.53 WIT. Delapan menit setelah lepas landas, pesawat kehilangan kontak di S3° 52' 43.67" E139° 27' 16.07".

Pada penerbangan ini, dua awak SAM Air dan empat penumpang. Dua awak kapal yang terpilih adalah Hadi Permadi (pilot) dan Levi Murib (co-pilot). Sedangkan menurut laporan, nama empat penumpang pesawat tersebut adalah Bartolomeus (34), Eves Halerohon (29), Domina Halerohon (17) dan Kilimputny (20).\ n

Cari
\ nBeberapa Beberapa jam kemudian pesawat SAM ditemukan jatuh di pegunungan Papua, 12 kilometer dari Kabupaten Yalimo. Ternyata cuaca sedang buruk dan keadaan sangat buruk sehingga evakuasi tidak bisa dilakukan. Sebanyak 12 anggota tim SAR diterjunkan ke lokasi jatuhnya pesawat SAM Air di pegunungan Kabupaten Yalimo. Lokasi kecelakaan berada 5.800 m di atas permukaan laut. Kondisi di lokasi jatuhnya pesawat terjal, dengan sudut 110 hingga 120 derajat. Helikopter Caracal dari TNI-AU di Timika dan helikopter tim SAR dari Wamena telah tiba.

Laporan

Pesawat lepas landas dari Bandara Moses Kilangin di Timika dan membawa 11 penumpang serta makanan. . Pilot mendarat di tengah landasan kanan dan berusaha melarikan diri dari awan tipis di ujung landasan, namun hal ini menyebabkan pesawat menabrak pohon di dekat landasan.

Escape
\ PK- terjadi di Hutan Yalimo di pegunungan Papua, enam korban ditemukan di lokasi jatuhnya pesawat SMW SAM Air. Enam korban dinyatakan meninggal dunia. Jenazah almarhum akan diantar ke rumah masing-masing keluarga dengan bantuan pihak maskapai. Pertama, jenazah dibawa ke Wamena. Keenam jenazah tersebut dibawa ke Wamena, dimasukkan ke dalam peti mati dan diterbangkan ke Jayapura dengan pesawat kargo Trigana. Jenazah akan diperiksa di RS Vayankara setibanya di Jayapura dan kemudian diserahkan kepada keluarga.

Disadur dari Artikel : id.wikipedia.com