Toyota Akan Tambah Investasi dan Berdayakan SDM Lokal untuk Menuju Era Elektrifikasi dan Digitalisasi (PIDI 4.0) di Indonesia

Dipublikasikan oleh Jovita Aurelia Sugihardja

22 Maret 2024, 08.28

Sumber: tribunnews.com

TRIBUNNEWS.COM - Airlangga Hartarto mengucapkan terima kasih kepada Menteri Perekonomian atas rencana investasi Toyota Motor Indonesia Company dalam pengembangan kendaraan listrik. Janji ini disampaikan oleh Shigeru Hayakawa, Wakil Ketua Dewan Direksi Toyota Motor Corporation, saat pertemuan dengan Menteri Penerbangan Sipil di Tokyo, Jepang pada tanggal 26 Juli 2007.

"Kami yakin bahwa permintaan akan kendaraan listrik roda empat dan roda dua akan terus tumbuh di Indonesia dan kawasan ASEAN di masa depan. “Indonesia dapat dijadikan basis industri produksi kendaraan listrik (EV) untuk dijual di kawasan ASEAN dan Indonesia sendiri, Kata Airlangga. Toyota juga dapat membantu mengurangi emisi dan mengurangi impor bahan bakar fosil dengan meningkatkan penggunaan kendaraan listrik (EV) di Indonesia.

Toyota mengatakan portofolionya mencakup rencana untuk menambah beragam kendaraan listrik hibrida (HEV) selama empat tahun ke depan. Presiden Toyota Motor Akio Toyoda pertama kali menjanjikan investasi Indonesia kepada Presiden Joko Widodo pada pertemuan di Osaka 2019, dan dalam tiga tahun ke depan, investasi Toyota akan mencapai Rp 14 triliun.

Dalam pertemuan dengan Menteri Koordinator Airlangga Shigeru Hayakawa, ia mengatakan investasi tersebut akan meningkat menjadi Rp 27,1 triliun dalam lima tahun ke depan. “Kami berharap dengan meningkatkan jumlah investasi di India, pemerintah India akan menyadari pentingnya kami di sektor energi,” kata Hayakawa.

Selain belanja investasi, pertemuan tersebut juga membahas peningkatan kemampuan teknik Indonesia. Toyota mendirikan xEV Center pada Mei 2022 untuk meningkatkan keterampilan dan pengalaman personel terkait kelistrikan lokal dan bersiap menghadapi era digital. Bekerja sama dengan Pertamina dan Inalum, Toyota telah berupaya membangun industri baterai di Indonesia melalui peningkatan keahlian engineer lokal.

Toyota Indonesia berusaha semaksimal mungkin untuk mengembangkan SDM lokal, termasuk generasi berikutnya dari teknologi untuk mobilitas, yang direpresentasikan oleh elektrifikasi. Untuk mempersiapkan keterampilan masa depan masyarakat Indonesia menuju era elektrifikasi dan digitalisasi, Toyota Indonesia juga mengembangkan xEV Center sebagai “Fasilitas Pembelajaran Elektrifikasi” dan untuk mendukung Indonesia Digital Industry Center 4.0 (PIDI 4.0) yang digagas oleh Kementerian Perindustrian menuju IR4.0

Toyota Indonesia bersama dengan para Teknisi dari Indonesia, juga mengembangkan konsep Kijang Innova BEV untuk mempelajari teknologi dan kondisi guna menyiapkan penggunaan yang lebih nyata oleh masyarakat di Indonesia. Menutup pertemuan tersebut, Menko Airlangga menyampaikan bahwa akan melibatkan kendaraan listrik produksi Toyota dalam perhelatan G20 November mendatang untuk para delegasi.

Pada pertemuan ini Menko Airlangga didampingi oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Duta Besar RI di Tokyo Heri Ahmadi, Sesmenko Perekonomian dan Dirjen KPAII Kemenperin. Sedangkan dari TMC dihadiri oleh Shigeru Hayakawa, Vice Chairman of the Board of Directors of Toyota Motor Corporation (TMC), Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), beserta jajaran Direksi TMC dan TMMIN.

Disadur dari: https://m.tribunnews.com/nasional/2022/07/27/toyota-akan-tambah-investasi-dan-berdayakan-sdm-lokal-untuk-menuju-era-elektrifikasi-di-indonesia