Tingkat, Jenis, maupun Langkah-langkah dari Pengambilan Keputusan

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

13 Februari 2024, 15.00

Contoh diagram alur yang menunjukkan proses keputusan untuk menambahkan artikel baru ke Wikipedia. (Wikipedia)

 

Pengambilan Keputusan

Pengambilan keputusan dapat dianggap sebagai suatu hasil atau keluaran dari proses mental atau kognitif yang membawa pada pemilihan suatu jalur tindakan di antara beberapa alternatif yang tersedia. Setiap proses pengambilan keputusan selalu menghasilkan satu pilihan final. Keputusan dibuat untuk mencapai tujuan melalui pelaksanaan atau tindakan serta capaian. Dalam proses pengambilan keputusan bisa jadi berupa rasional atau irasional. Proses pengambilan keputusan adalah proses penalaran berdasarkan asumsi nilai, preferensi, dan keyakinan pembuat keputusan. Dalam proses memutuskan tentang sesuatu yang penting dapat dilakukan baik itu individu, sekelompok orang atau dalam suatu organisasi.

Tingkat-tingkat

Setiap keputusan mempunyai empat tingkatan yang berbeda: keputusan otomatis, berdasarkan informasi yang diharapkan, berdasarkan penilaian, dan berdasarkan berbagai ketidakpastian. Keputusan otomatis itu sederhana dan terjadi tanpa banyak pemikiran, seperti ketika pengemudi berhenti di lampu merah. Keputusan berbasis informasi diperkirakan akan melibatkan informasi yang lebih kompleks, namun belum ada keputusan yang diambil karena informasi tersebut harus diperiksa terlebih dahulu.Keputusan yang menghakimi memerlukan pengumpulan dan analisis informasi untuk mempertimbangkan berbagai faktor sebelum mengambil keputusan, seperti saat memilih jam tangan. Keputusan yang didasarkan pada berbagai ketidakpastian mewakili tingkat pengambilan keputusan yang paling kompleks, memerlukan sejumlah besar informasi, dan melibatkan risiko dan keraguan dalam pengambilan keputusan.Jenis keputusan ini lebih kompleks karena melibatkan tingkat ketidakpastian dan risiko yang lebih tinggi.

Jenis-jenis

Keputusan biasanya dibagi menjadi dua jenis: keputusan pribadi dan keputusan bersama. Keputusan pribadi adalah keputusan yang dibuat untuk kepentingan diri sendiri dan dilaksanakan secara individu. Keputusan bersama adalah keputusan yang diambil berdasarkan kesepakatan bersama dan untuk kepentingan bersama. Keputusan bersama tidak boleh menguntungkan salah satu pihak dan merugikan pihak lain.

Langkah-langkah

Proses pengambilan keputusan memerlukan langkah-langkah untuk membantu dan membuat keputusan yang lebih tepat untuk menghindari pengambilan keputusan yang buruk. Langkah-langkah tersebut dibagi menjadi beberapa bagian yaitu, menentukan keputusan, mengumpulkan informasi yang relevan, mengidentifikasi alternatif, menimbang bukti, memilih di antara alternatif, mengambil tindakan, dan meninjau keputusan.

  • Mengidentifikasi keputusan
    • Identifikasi keputusan perlu diketahui sebelum mengambil keputusan. Mendefinisikan dengan jelas jenis, situasi dan tanggal pengambilan keputusan juga merupakan langkah awal yang sangat penting.
  • Mengumpulkan informasi yang relevan
    • Saat mendekati proses pengambilan keputusan, mengumpulkan informasi yang relevan sangatlah penting. Namun, penting untuk menentukan seberapa banyak informasi latar belakang yang benar-benar diperlukan untuk menghindari sekadar mengikuti intuisi. Langkah pengumpulan informasi ini dapat berupa pengumpulan internal dan eksternal, dimana informasi internal mencakup pencarian proses penilaian tersendiri. Informasi eksternal kini mencakup pengumpulansumber data, baik online, buku, orang lain, atau sumber lain.
  • Mengidentifikasi alternatif
    • Saat mengumpulkan informasi, penting untuk mengidentifikasi beberapa kemungkinan tindakan atau alternatif untuk mengidentifikasi dan memeriksa fase penting dalam proses pengambilan keputusan konsumen. Hal ini dapat dicapai dengan menggunakan imajinasi dan informasi tambahan untuk mengembangkan alternatif baru. Pada langkah ini, buatlah daftar semua alternatif yang mungkin dan diperlukan.
  • Menimbang buktinya
    • Gambarkan informasi dan emosi dengan membayangkan seperti apa jadinya atau apa dampaknya jika Anda menjalankan setiap alternatif sampai akhir. Evaluasi apakah kebutuhan yang diidentifikasi dalam langkah pengambilan keputusan dapat dipenuhi atau diselesaikan dengan menggunakan setiap alternatif. Jika Anda merasa kesulitan menjalani proses internal, Anda bisa memulainya dengan memilih alternatif tertentu, seperti alternatif yang tampaknya memiliki potensi lebih besar untuk mencapai tujuan akhir.Terakhir, susunlah alternatif-alternatif tersebut dalam urutan prioritas menurut sistem penilaian Anda sendiri.
  • Pilih di antara alternatif
    • Setelah mempertimbangkan semua bukti untuk memilih alternatif yang menurut Anda terbaik, Anda telah mempersiapkan, atau harus bersiap, untuk dapat memilih kombinasi alternatif. Pilihan-pilihan dalam langkah ini kemungkinan besar sama atau mirip dengan alternatif-alternatif yang tercantum atau dijelaskan pada akhir langkah “Menimbang Bukti”.
  • Mengambil tindakan
    • Sekarang bersiaplah untuk mengambil tindakan positif dengan mulai menerapkan alternatif yang dipilih pada langkah sebelumnya. Bertindak dengan keterampilan pengambilan keputusan dan perencanaan yang percaya diri.
  • Tinjau keputusan & konsekuensinya
    • Pada langkah terakhir ini, pertimbangkan hasil keputusan yang diambil dan evaluasi apakah keputusan tersebut memenuhi kebutuhan dengan mengidentifikasi kembali keputusan tersebut dari langkah pertama. Jika keputusan tidak memenuhi kebutuhan yang teridentifikasi, ulangi langkah-langkah proses tertentu untuk membuat keputusan baru. Misalnya, isu kemiskinan mempengaruhi pengambilan keputusan ekonomi. Oleh karena itu, mungkin perlu mengumpulkan informasi yang lebih rinci atau berbeda atau mempertimbangkan alternatif tambahan.

Disasdur dari : https://id.wikipedia.org/wiki/Pengambilan_keputusan