Tempat Pemrosesan Akhir (TPA): Pentingnya Pengelolaan Sampah yang Bertanggung Jawab

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

02 April 2024, 10.42

google.com

Tempat Pembuangan Akhir

Tempat Pembuangan Akhir, atau yang lebih dikenal dengan singkatan TPA, merupakan tempat yang penting dalam pengelolaan sampah. Namun, meskipun namanya menunjukkan tempat penimbunan sampah, menurut Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah, seharusnya TPA merupakan singkatan dari Tempat Pemrosesan Akhir. TPA seharusnya menerima sampah residu yang telah diproses sebelumnya untuk kemudian diproses lebih lanjut. Tujuan utamanya adalah untuk memroses dan mengembalikan sampah ke media lingkungan secara aman bagi manusia dan lingkungan.

TPA dapat berupa tempat pembuangan dalam di mana pembuang sampah membawa sampah di tempat produksi, atau tempat yang digunakan oleh produsen. Dahulu, TPA adalah cara paling umum untuk mengelola limbah buangan secara terorganisir, dan bahkan di beberapa tempat di dunia, hal ini masih berlaku.

Namun, keberadaan TPA tidak selalu membawa dampak positif. Sejumlah dampak negatif bisa timbul dari keberadaannya. Dampak tersebut termasuk musibah fatal seperti burung bangkai yang terkubur di bawah timbunan sampah, kerusakan infrastruktur seperti kerusakan pada akses jalan oleh kendaraan berat, serta pencemaran lingkungan setempat oleh kebocoran dan pencemaran air tanah dan tanah selama pemakaian dan setelah penutupan TPA.

Pelepasan gas metana juga menjadi salah satu dampak negatif dari TPA. Gas metana ini disebabkan oleh pembusukan sampah organik dan merupakan gas rumah kaca yang lebih potensial daripada karbon dioksida. Gas metana dapat membahayakan penduduk sekitar TPA dan menyebabkan dampak negatif terhadap lingkungan.

Selain itu, TPA juga dapat melindungi pembawa penyakit seperti tikus dan lalat, terutama pada TPA yang dioperasikan secara tidak benar, yang sering ditemui di negara-negara berkembang. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pada kehidupan manusia maupun hewan liar di sekitar TPA, serta menciptakan masalah kesehatan masyarakat.

Dengan demikian, penting bagi pemerintah dan masyarakat untuk memperhatikan pengelolaan TPA secara baik dan bertanggung jawab. Penggunaan teknologi yang tepat dan pengawasan yang ketat dapat membantu mengurangi dampak negatif TPA terhadap lingkungan dan masyarakat. Selain itu, mendorong praktik daur ulang dan pengurangan sampah juga merupakan langkah penting dalam upaya menjaga keberlanjutan lingkungan hidup kita.

Disadur dari: https://id.wikipedia.org/wiki/Tempat_pembuangan_akhir