Teknologi: Apa yang dimaksud Interaksi manusia–komputer

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

13 Februari 2024, 12.35

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Hand_auflage_pad_pillow.jpg

Interaksi manusia-komputer (dalam bahasa Inggris interaksi manusia-komputer atau disingkat HCI) adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer, yang meliputi perancangan, evaluasi dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah dilakukan. menggunakan . Ilmu ini berupaya menemukan cara paling efisien untuk merancang pesan elektronik. Namun interaksi manusia-komputer sendiri merupakan rangkaian proses, dialog, dan tindakan yang dilakukan manusia untuk berinteraksi dengan komputer, keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui antarmuka pengguna untuk mencapai hasil yang diharapkan. Sistem harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan ditujukan kepada masyarakat sebagai pengguna.

Sub bidang studi interaksi manusia dengan komputer

Interaksi komputer mencakup tiga subbidang:

  • Ergonomi, dimana interaksi manusia-komputer mengacu pada bentuk fisik mesin.
  • Faktor manusia dalam masalah psikologis.
  • Interaksi Manusia-Komputer mengkaji bagaimana komputer desain berinteraksi dengan manusia dan komputer perancangnya sering bereksperimen dengan sarana fisik interaksi antarmuka komputer, yang memungkinkan pertukaran data.

Saat mendesain antarmuka, aspek berikut harus dipertimbangkan: 

  • Metode dan proses yang digunakan dalam desain antarmuka.
  • Metode implementasi antarmuka pengguna.
  • Metode evaluasi dan perbandingan antarmuka.
  • Pengembangan antarmuka pengguna baru.
  • Mengembangkan deskripsi dan prediksi atau teori antarmuka pengguna baru..

Contoh

Ketika manusia berinteraksi dengan komputer, berbagai indera digunakan untuk berkomunikasi: Manusia memahami fisiologi yang diperlukan untuk menerima informasi dalam bentuk suara. Sama seperti mata yang dapat merasakan banyak variasi cahaya - rona, kecerahan, kontras - demikian pula telinga dapat merasakan berbagai macam suara melalui perubahan timbre, volume, dan nada. Pikiran kemudian dapat mengasosiasikan suara tersebut dengan peristiwa, objek, atau ide abstrak. Sebagian besar, informasi audio ada dalam bentuk ucapan atau musik, dan terus ada di Internet. Mesin juga sering menghasilkan konten audio untuk menyampaikan informasi, dan penggunaan ini berlanjut di Internet.

Contoh : Rumah Sakit mempunyai deteksi suara EKG dan#039;bipandan#039; sesuai irama jantung; sebuah pager memperingatkan seorang wanita di sudut jalan, sebuah telegraf mengirimkan kode morse dengan mengklik secara berkala. Semua ini adalah contoh tampilan audio, suara yang dihasilkan mesin untuk menyampaikan informasi. Di zaman di mana bahasa menjadi bentuk komunikasi yang dominan, suara memainkan peran penting dalam kehidupan kita.

Media antarmuka manusia dan komputer

  • Media Tekstual adalah "suatu bentuk dialog atau komunikasi sederhana antara manusia dan komputer yang hanya berisi teks dan kurang mendalam". Salah satu contoh antarmuka manusia-komputer berbentuk teks dengan menggunakan bahasa pemrograman PASCAL adalah readln dan writeln.

 

  • Media GUI (Graphical User Interface) adalah “suatu bentuk dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang bersifat grafis dan sangat menarik”. Contoh antarmuka grafis manusia-komputer menggunakan pemrograman visual (Visual Basic, Visual Foxpro, Delphi, dll).

Disadur dari: https://id.wikipedia.org/wiki/Interaksi_manusia%E2%80%93komputer