Sistem Put-out

Dipublikasikan oleh Siti Nur Rahmawati

24 Agustus 2022, 14.07

www.thinglink.com

Sistem put-out adalah sarana pekerjaan subkontrak. Secara historis, itu juga dikenal sebagai sistem bengkel dan sistem domestik. Dalam put-out, pekerjaan dikontrakkan oleh agen pusat kepada subkontraktor yang menyelesaikan proyek melalui kerja jarak jauh. Itu digunakan dalam industri tekstil Inggris dan Amerika, dalam pembuatan sepatu, perdagangan pembuatan kunci, dan pembuatan suku cadang untuk senjata api kecil dari Revolusi Industri hingga pertengahan abad ke-19. Setelah penemuan mesin jahit pada tahun 1846, sistem ini tetap ada untuk pembuatan pakaian pria yang sudah jadi.

Sistem domestik cocok untuk masa pra-perkotaan karena pekerja tidak harus melakukan perjalanan dari rumah ke tempat kerja, yang cukup tidak layak karena keadaan jalan dan jalan setapak, dan anggota rumah tangga menghabiskan banyak waktu di pertanian atau tugas-tugas rumah tangga. Pemilik pabrik awal terkadang harus membangun asrama untuk pekerja rumah, terutama anak perempuan dan perempuan. Pekerja yang melakukan pemadaman memiliki beberapa fleksibilitas untuk menyeimbangkan pekerjaan pertanian dan rumah tangga dengan pekerjaan pemadaman, ini menjadi sangat penting di musim dingin.

Perkembangan tren ini sering dianggap sebagai bentuk proto-industrialisasi, dan tetap menonjol hingga Revolusi Industri abad ke-19.

Pada saat itu, ia mengalami perubahan nama dan geografis. Namun, kecuali beberapa kemajuan teknologi, sistem put-out tidak berubah dalam praktik penting. Contoh kontemporer dapat ditemukan di Cina, India, dan Amerika Selatan, dan tidak terbatas pada industri tekstil.

Senjata api

Sejarawan David A. Hounshell menulis:

Pada tahun 1854, Inggris memperoleh senjata ringan militer mereka melalui sistem kontrak dengan pabrikan swasta yang berlokasi terutama di wilayah Birmingham dan London ... Meskipun variasi yang signifikan terjadi, hampir semua kontraktor memproduksi suku cadang atau memasangnya melalui sistem yang sangat terdesentralisasi, menempatkan -proses keluar menggunakan bengkel kecil dan tenaga kerja yang sangat terampil. Dalam pembuatan senjata kecil seperti dalam produksi kunci, "sistem bengkel" daripada "sistem pabrik" adalah aturannya.

Semua proses dilakukan di bawah atap pondok yang berbeda. Itu digantikan oleh kontrak di dalam dan sistem pabrik.

Kain Eropa dan perdagangan lainnya

Sistem domestik adalah sistem produksi kain yang populer di Eropa. Itu juga digunakan di berbagai industri lain, termasuk pembuatan barang besi tempa seperti pin, pot, dan wajan untuk penjual besi.

Itu ada pada awal abad ke-15, tetapi paling menonjol pada abad ke-17 dan ke-18. Ini berfungsi sebagai cara bagi kapitalis dan pekerja untuk melewati sistem gilda, yang dianggap tidak praktis dan tidak fleksibel, dan untuk mengakses tenaga kerja pedesaan. Memiliki pekerja yang bekerja di rumah mereka nyaman bagi kedua belah pihak. Pekerja adalah pekerja jarak jauh, membuat barang-barang individu dari bahan mentah, kemudian membawanya ke pusat bisnis, seperti pasar atau kota yang lebih besar, untuk dikumpulkan dan dijual. Dalam kasus lain, agen perjalanan atau pedagang akan berkeliling desa, memasok bahan baku dan mengumpulkan barang jadi. Bahan baku sering disediakan oleh pedagang, yang menerima produk jadi, oleh karena itu istilah sistem pengeluaran identik. Keuntungan dari sistem ini adalah pekerja yang terlibat dapat bekerja dengan kecepatan mereka sendiri , dan anak-anak yang bekerja dalam sistem diperlakukan lebih baik daripada mereka yang berada di sistem pabrik, meskipun rumah mungkin tercemar oleh racun dari bahan mentah. Sebagai wanita dari sebuah keluarga biasanya bekerja di rumah, seseorang sering ada di sana untuk menjaga anak-anak. Sistem domestik sering disebut-sebut sebagai salah satu penyebab munculnya keluarga inti di Eropa, karena besarnya keuntungan yang diperoleh rakyat jelata membuat mereka tidak terlalu bergantung pada keluarga besarnya. Jumlah uang yang cukup besar ini juga menghasilkan kaum tani yang jauh lebih kaya dengan lebih banyak perabotan, makanan berkualitas lebih tinggi, dan pakaian yang lebih baik daripada yang mereka miliki sebelumnya. Itu sebagian besar terpusat di Eropa Barat dan tidak mengambil pegangan yang kuat di Eropa Timur.

Puisi Thomas Hood The Song of the Shirt (1843) menggambarkan kehidupan menyedihkan seorang wanita di Lambeth yang bekerja di bawah sistem seperti itu. Itu ditulis untuk menghormati Ny. Biddell, seorang janda Lambeth dan penjahit yang hidup dalam kondisi yang menyedihkan. Pada waktu itu, praktik umum, Ny. Biddell menjahit celana panjang dan kemeja di rumahnya menggunakan bahan yang diberikan oleh majikannya, di mana dia dipaksa untuk memberikan deposit £2. Dalam upaya putus asa untuk memberi makan bayinya yang kelaparan, Nyonya Biddell menggadaikan pakaian yang dia buat, sehingga menimbulkan hutang yang tidak dapat dia bayar. Nyonya Biddell, yang nama depannya tidak dicatat, dikirim ke rumah kerja, dan nasib akhirnya tidak diketahui; Namun, kisahnya menjadi katalisator bagi mereka yang secara aktif menentang kondisi buruk pekerja miskin Inggris, yang sering menghabiskan tujuh hari seminggu bekerja di bawah kondisi yang tidak manusiawi, nyaris tidak mampu bertahan hidup dan tanpa prospek untuk bantuan.

1795 rumah seorang pengusaha Swedia yang mengontrak hingga 200 pekerja rumah tangga, yang datang ke sini untuk mendapatkan bahan mentah dan kembali setelah beberapa minggu dengan tekstil, yang kemudian dibeli oleh penjaja lokal dari kota Borås.

Anders Jonsson (1816-1890) adalah seorang pengusaha Swedia terkenal yang melanjutkan bisnis put-out di Holsljunga. Dia mengontrak hingga 200 pekerja rumah tangga, yang datang ke rumahnya untuk mendapatkan bahan mentah dan kembali setelah beberapa minggu dengan tekstil, yang kemudian dibeli dan dijual oleh pedagang lokal dari kota Borås, antara lain, di sekitar Swedia dan Norwegia.

Industri pondok

Mesin carding ganda bertenaga sapi abad ke-19

Ratu Bertha dari Burgundy menginstruksikan gadis-gadis untuk memutar rami pada gelendong menggunakan distaff

"Industri Pondok" dialihkan ke sini. Untuk EP M&D, lihat Industri Pondok (EP).

Industri rumahan adalah industri—terutama manufaktur—yang mencakup banyak produsen, bekerja dari rumah mereka, dan sering kali diorganisasikan melalui sistem put-out. Kontributor terbesar dalam sistem ini adalah kapitalis pedagang dan pekerja pedesaan. Pedagang itu akan "menghabiskan" bahan-bahan pokok kepada para pekerja pondok, yang kemudian menyiapkan bahan-bahan tersebut di rumah mereka sendiri dan mengembalikan barang dagangan yang sudah jadi kepada pedagang itu.[3] Istilah ini awalnya merujuk pada pekerja rumahan yang terlibat dalam tugas seperti menjahit, membuat renda, hiasan dinding, elektronik, atau manufaktur rumah tangga. Beberapa industri yang biasanya dioperasikan dari pabrik-pabrik besar yang terpusat adalah industri rumahan sebelum Revolusi Industri. Operator bisnis akan melakukan perjalanan keliling dunia, membeli bahan mentah, mengirimkannya kepada orang-orang yang akan mengerjakannya, dan kemudian mengumpulkan barang jadi untuk dijual, atau biasanya untuk dikirim ke pasar lain. Salah satu faktor yang memungkinkan terjadinya Revolusi Industri di Eropa Barat adalah kehadiran para pebisnis yang memiliki kemampuan untuk memperluas skala operasi mereka. Industri rumahan sangat umum pada saat sebagian besar penduduk terlibat dalam pertanian, karena para petani (dan keluarganya) sering memiliki waktu dan keinginan untuk mendapatkan penghasilan tambahan selama sebagian tahun (musim dingin) ketika ada sedikit pekerjaan untuk bertani atau menjual hasil pertanian di pinggir jalan pertanian.

 

Sumber Artikel: en.wikipedia.org