Sebelum Memilih, Ketahui Dulu 7 Prospek Kerja Lulusan Teknik Industri

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

15 Maret 2024, 15.40

(UNIVERSITAS BSI)

Revolusi Industri Keempat telah meningkatkan penggunaan teknologi dan kebangkitan manufaktur online dan bisnis digital. Peluang profesional di bidang teknologi semakin hari semakin jelas, menjadi acuan bagi generasi muda untuk memilih karir di universitas. Revolusi Industri bertepatan dengan perkembangan teknologi yang dikenal sebagai Internet of Things (IoT), yang menggabungkan Internet, mesin, dan kecerdasan buatan (AI). IoT merupakan kemampuan analitis mendasar yang menjadi dasar perkembangan Industri 4.0. Keterampilan dasar ini dimiliki oleh lulusan industri di bidang teknik, manajemen dan humaniora.

Miwan Kurniawan, Direktur Program Studi Industri (prodi) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), menjelaskan Program Studi Industri bermanfaat untuk membantu dan memenuhi kebutuhan mahasiswa yang mempunyai kewenangan di bidang industrialisasi dan manajemen. Program Gelar Teknik Industri memiliki kurikulum komprehensif yang mempersiapkan lulusannya untuk unggul di bidang teknik dan manajemen industri sekaligus memenuhi kebutuhan dunia kerja dan industri. Apalagi pekerjaan industrial engineer sangat luas, terutama di dunia digital saat ini, kata Miwan dalam siaran persnya, Rabu (1 Mei 2022).

Berikut 7 prospek karier lulusan Teknik Industri, yang mengutip dari beberapa sumber :

1. Production Engineer

Desain produk dan pengujian prototipe adalah tugas utama seorang insinyur produk. Proses ini melibatkan pemahaman terlebih dahulu tentang kebutuhan pelanggan sebelum membawa produk ke pasar.

2. Quality Engineer

Pekerjaan ini dianggap paling penting di perusahaan. Peran Anda adalah memastikan bahwa kualitas semua bahan dan kualitas hasil pelaksanaan sesuai dengan ketentuan dokumen kontrak. Oleh karena itu, insinyur kualitas harus memahami prosedur pengujian standar dan pengetahuan teknis. Peran ini memerlukan pemahaman tentang konsep kualitas, total biaya kualitas, alat kualitas, pengendalian proses statistik, pengendalian kualitas dan analisis data.

3. Operations Consultant

Peran ini bekerja sama dengan pelanggan untuk mendukung efisiensi rantai nilai. Layanan yang diberikan oleh konsultan manajemen meliputi penerapan dan pengembangan model layanan tertentu serta pengelolaan program optimalisasi proses bisnis dan pengurangan biaya. Ketika Anda memilih perusahaan sebagai konsultan manajemen, Anda akan bertanggung jawab untuk mengerjakan proses bisnis, sistem manajemen, dan implementasinya. Mengubah model rantai nilai.

4. Robotic Engineer

Perkembangan teknologi bertanggung jawab atas robotika untuk menciptakan otomatisasi dan robotika untuk melakukan tugas-tugas manusia, dan robot akan memainkan peran penting dalam industri, ilmu nuklir, jasa, dan pasokan energi. . Hal ini juga berlaku untuk peralatan biomedis, teknologi luar angkasa dan kelautan. Keterampilan yang dibutuhkan seorang insinyur robotika mencakup penggunaan kombinasi ilmu komputer, mekanik, elektronik, bioteknologi, dan ilmu komputer.

5. Data Engineer

Lulusan teknik industri juga dapat mengejar karir sebagai insinyur data, yang tugasnya mengatur struktur data. Peran yang sangat tepat dan detail serta bertanggung jawab untuk memastikan keluaran data dari segi format, integritas, skalabilitas, dan keamanan data. , R dan SQL.

6. Actuarial Analyst

Memprediksi kemungkinan wabah epidemi, gempa bumi, angin topan, dan terorisme adalah bagian dari tugas analis operasi. Tugas ini memerlukan kemampuan menganalisis dan menghitung berbagai situasi yang muncul. Ini adalah pekerjaan yang terutama bekerja di industri asuransi di mana Anda dapat menggunakan model statistik untuk menganalisis kecelakaan, kerusakan properti, cedera, dan kematian.

7. Cost Engineer

Bertanggung jawab atas manajemen biaya proyek dan fokus pada kualitas dan keandalan konstruksi. Secara umum bagi lulusan industri yang ingin menjadi cost engineer yang bekerja di industri konstruksi, pekerjaan ini penting. Ini adalah pemborosan bahan mentah yang menyeimbangkan biaya dan kegunaan. Insinyur penjualan harus mempertimbangkan keterampilan konseptual real estat untuk menciptakan strategi bisnis yang sukses.

Saat ini, Universitas BSI program studi Teknik Industri (S1,) masih memberikan peluang kepada masyarakat umum untuk melanjutkan pendidikan dengan membuka periode pendaftaran gelombang 1 untuk periode kuliah bulan September 2022 mendatang.Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di kampus ini, dimulai pada tanggal 1 Oktober 2021 hingga 2 Februari 2022 untuk gelombang 1. Bagi calon mahasiswa yang akan mendaftar, hanya perlu mengunduh aplikasi PMB UBSI di playstore atau mengunjungi laman http://pendaftaran.bsi.ac.id.Selain itu, Universitas BSI juga membuka kelas karyawan, bagi mereka yang ingin bekerja sambil bekerja. Pembayaran di kampus ini juga bisa dengan angsuran, dengan total biaya Rp 600 ribuan, perbulannya, melalui platform Danacita.

Disadur dari : republika.co..id