Program Studi Sarjana Seni Rupa, Apa yang Dipelajari, Prospek Kerja

Dipublikasikan oleh Siti Nur Rahmawati

02 Agustus 2022, 18.13

edukasi.kompas.com

Seni Rupa adalah ilmu yang mempelajari tentang keindahan, yakni secara teori dan prakteknya. Beberapa hal yang akan teman-teman pelajari pada program studi Seni Rupa diantaranya melukis, mematung, menggrafis, membuat keramik hingga penerapan ilmu-ilmu seni, seperti sejarah dan perkembangan Seni Rupa sekarang ini.

Banyak sekali hal-hal menarik yang akan teman-teman temukan di dalam Seni Rupa saat teman-teman mempelajarinya. Kemudian apa saja yang akan di pelajari di Seni Rupa FSRD-ITB? Sebagai institusi yang menggabungkan seni, sains dan teknologi, tentu teman-teman akan memperoleh kajian-kajian terhadap Seni Rupa secara ilmiah lebih mendalam dan di sesuaikan dengan perkembangan seni. Pada program studi Seni Rupa FSRD-ITB bidang keilmuannya akan dibagi menurut studio-studio, di dalam program studi Seni Rupa ini terdiri dari 4 studio yakni seni lukis, seni grafis, seni patung dan seni keramik.

Di studio seni lukis teman-teman akan mempelajari teknis-teknis melukis dan mempelajari beraneka macam kecenderungan gaya lukis, di studio seni patung teman-teman akan mempelajari dasar-dasar mematung dan pemahaman akan material dan bentuk 3 dimensi, di studio seni grafis teman-teman akan mempelajari teknik-teknik cetak konvensional, fotografi dan cetak digital, di studio keramik teman-teman akan mempelajari teknik-teknik pembuatan bentuk 3 dimensi, tahap pewarnaan, hingga ke pada tahap pembakaran, dengan memakai material tanah liat.

Hal lain yang tak kalah menarik dari Seni Rupa ialah jangkauan penelitian dan penggunaan material dalam proses pembuatan karya luas tak terbatas, sehingga teman-teman bisa mengembangkan kreativitas dan rasa keingintahuan teman-teman. Semisal, teman-teman yang tertarik untuk mengembangkan bakat pengolahan bentuk 3 dimensi maupun bentuk 2 dimensi bisa memperdalam disini. Teman-teman yang tertarik tentang kajian teori-teori seni juga bisa mengembangkan minat tersebut, dengan memilih berkonsentrasi pada ilmu tersebut, dan sebagainya.

Proses belajarnya pun tidak kalah menarik , sebab pada program studi Seni Rupa ada kuliah minor sehingga mahasiswa studio lukis bisa mempelajari dasar-dasar mematung di studio patung. Galeri-galeri dan ruang alternatif menjadi salah satu tempat pameran hasil karya mahasiswa, sehingga teman-teman bisa mempelajari bagaimana cara mandiri agar karya-karyanya bisa diapresiasi oleh masyarakat luas.

Ilmu apapun tak bisa berdiri sendiri, begitupun dengan Seni Rupa. Beberapa ilmu yang berhubungan dengan Seni Rupa ialah psikologi, sejarah, manajemen, filsafat dll. Ilmu-ilmu tersebut menjadi alat bantu dalam memahami proses pengembangan Seni Rupa yang ada. Contohnya manejemen seni meruapakan bagaimana cara kita dalam mengatur sebuah acara seni, dari awal hingga selesainya acara tersebut. Bagaimana sebuah karya seni bisa mempengaruhi atau menjadi alat terapi untuk orang yang sedang terganggu psikologinya, ialah salah satu fenomena yang harus dijelaskan oleh teman-teman natinya dengan menggabungkan ilmu seni dan ilmu psikologi.

Prospek Kerja

Seorang alumni Seni Rupa bisa bekerja di berbagai tempat atau memilih beraneka profesi diantaranya :

  • Seniman
  • Instansi Pemerintah atau Swasta

Lulusan Seni Rupa bisa bekerja sebagai pengajar dan peneliti di instansi pemerintah seperti : Perguruan tinggi Negeri, Departemen Pariwisata

  • Galeri

Galeri-galeri pemerintah maupun swasta sebagai kurator, kritikus seni.

  • Majalah Seni

Alumni Seni Rupa bisa menjadi chief editor masalah seni

  • TV

Menjadi pengasuh acara seni dan budaya

  • ART consultant

Alumni Seni Rupa bisa membuka sebuah usaha dibidang perencanaan karya-karya seni, seperti monumental

  • Wiraswasta

Alumni Seni Rupa bisa menjadi art dealer dan art supply

 


Disadur dari sumber itb.ac.id

Artikel lainnya