Pintu Gerbang Menuju Sekolah Vokasi IPB Terbuka: Pendaftaran USMI 2022 Segera Dimulai

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

07 Maret 2024, 10.01

Sumber: kompas.com

KOMPAS.com - Institut Pertanian (IPB) telah membuka pendaftaran bagi siswa Kelas 12 yang ingin melanjutkan studi ke sekolah kejuruan. Salah satu pilihan untuk masuk Sekolah Vokasi IPB adalah melalui Seleksi Masuk IPB (USMI). USMI IPB merupakan proses seleksi tertulis tanpa tes tertulis. Bagi anda siswa SMA/MA/SMK angkatan 12 atau lulusan tahun 2022 bisa menggunakan USMI IPB. USMI IPB hanya tersedia bagi sekolah yang telah mendaftar IPB. Dirangkum laman admisi.ipb.ac.id per Senin (17/1/2022), berikut alur pendaftaran USMI IPB dan jadwal pelaksanaannya:.

Alur pendaftaran sekolah vokasi IPB 

1. Sekolah Vokasi IPB mengirimkan surat pemberitahuan ke sekolah. 
2. Sekolah login menggunakan akun yang dikirimkan panitia 
3. Sekolah mendaftarkan siswa untuk ikut USMI. 
4. Sekolah mendapatkan notifikasi bukti bayar. 
5. Sekolah/siswa melakukan pembayaran uang pendaftaran. 
6. Sekolah login kembali untuk memasukkan data siswa. 
7. Siswa login untuk memasukkan dan memverifikasi data. 
8. Submit, setiap siswa akan mendapatkan kartu peserta USMI.

Proses secara umum pendaftaran USMI IPB Sekolah Vokasi IPB mengirim surat ke Kepala Sekolah berisi informasi mengenai tata cara pendaftaran Jalur USMI serta informasi username dan password (bersifat rahasia).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pendaftaran Sekolah Vokasi USMI IPB 

  • 2022 Sudah Dibuka, Simak Infonya", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/edu/read/2022/01/17/143748771/pendaftaran-sekolah-vokasi-usmi-ipb-2022-sudah-dibuka-simak-infonya.
  • Kepala Sekolah melakukan login pada usmisv.admisi.ipb.ac.id, menggunakan password dan username yang tercantum pada surat undangan rektor.
  • Kepala Sekolah menginputkan kelengkapan data sekolah dan data siswa serta nilai pelajaran siswa yang akan mendaftar jalur USMI.
  • Kepala Sekolah menerima data akun pendaftaran siswa dan nomor tagihan pembayaran pendaftaran untuk disampaikan kepada setiap siswa.
  • Peserta adalah siswa SMA/MA/SMK lulusan tahun berjalan.
  • Siswa dapat melihat nilai rapor dan nomor pendaftaran dan status pembayaran dengan menggunakan akun pendaftaran siswa.
  • Biaya pendaftaran USMI Sekolah Vokasi IPB per siswa sebesar Rp 400.000. Bagi siswa penerima KIP/KJP tidak dikenakan biaya pendaftaran.
  • Siswa membayar biaya pendaftaran pada bank BNI, BSI, BRI, BTN, Mandiri, BJB, BJB Syariah, atau Mega Syariah. Tata cara pembayaran dapat dilihat pada https://admisi.ipb.ac.id/tatacarabayar/
  • Siswa mengisi pilihan program studi dan biodata.
  • Proses seleksi dilakukan Sekolah Vokasi IPB.Pengumuman via web IPB: admisi.ipb.ac.id atau registrasi.admisi.ipb.ac.id.
  • Registrasi online melalui laman registrasi.admisi.ipb.ac.id.
  • Calon mahasiswa baru melakukan pembayaran biaya pendidikan.

Calon mahasiswa baru dianggap resmi sebagai mahasiswa baru jika sudah melakukan registrasi online dan melakukan pembayaran biaya UKT.

Jadwal USMI SV IPB

1. Pendaftaran siswa sekolah: 10 Januari – 8 April 2022 
2. Pembayaran biaya pendaftaran: 10 Januari – 8 April 2022

Disadur dari Artikel : kompas.com