Pesawat Terbang: Teknologi dan Teknik Pengoperasian

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

03 April 2024, 10.00

Sumber: id.wikipedia.org

Pesawat terbang

Pesawat terbang, atau dikenal juga sebagai pesawat udara, kapal terbang, atau hanya pesawat, adalah kendaraan udara yang memiliki berat lebih dari udara, memiliki sayap tetap, dan mampu terbang dengan tenaga sendiri. Istilah ini umumnya merujuk pada kendaraan yang dapat terbang di atmosfer atau udara. Namun, dalam dunia penerbangan, perlu dibedakan antara pesawat terbang dan pesawat udara secara luas, yang mencakup pesawat terbang dan helikopter.

Tokoh

Anthony Fokker, yang juga dikenal sebagai Tony, lahir pada bulan April 1890. Pada usia 20 tahun, ia berhasil membuat pesawat pertamanya yang diberi nama "Spin", menjadikannya pesawat pertama yang dibuat di Belanda. Pada tahun 1912, Tony mendirikan perusahaan pesawat Fokker Aeroplanbau di Berlin, yang kemudian dipindahkan ke Schwerin, Jerman.

Sejarah

Abbas bin Firnas, atau Abbas Ibn Firnas, diakui sebagai penemu mesin penerbangan pertama, seribu tahun sebelum pesawat bermotor ditemukan. Lahir pada tahun 810 di Andalusia, yang kini menjadi Ronda, Spanyol, Firnas menghabiskan masa dewasanya di Emirat Cordoba, pusat pembelajaran utama pada masa Kekhalifahan Umayyah. Dia adalah keturunan Berber, dan namanya berasal dari "Afernas", yang menjadi nama umum di Maroko dan Aljazair. Firnas meninggal antara tahun 890-895 M, mungkin akibat cedera saat mencoba terbang.

Beberapa catatan sejarah menunjukkan Firnas dipengaruhi oleh eksperimen Armen Firman, yang pertama kali membuat sayap dari papan kayu, sutra, dan bulu burung. Pada awal 850-an, Firman melakukan percobaan melompat dari menara masjid tertinggi di Qurtuba menggunakan sayap tersebut. Meskipun gagal, eksperimennya memperlambat jatuhnya dan membuka jalan bagi eksperimen Firnas.

Firnas dikenal sebagai orang pertama yang terbang dengan kerangka bambu, sayap sutra, kayu, dan bulu asli. Pada usia sekitar 65-70 tahun, dia melompat dari tebing gunung Jabal Al-Arus di Yaman dan terbang selama sekitar 10 menit sebelum jatuh dan terluka. Firnas kemudian menyadari pentingnya mekanisme pendaratan dan mempelajari cara burung terbang dan mendarat.

Wright Bersaudara memang dikenal sebagai penemu pesawat pertama pada tahun 1903, tetapi kontribusi Firnas dalam teori ornithopter, pesawat yang meniru burung dengan mengepakkan sayap, sangat berpengaruh. Desainnya menjadi dasar teknik penerbangan pada abad ke-20. Firnas membuka jalan bagi perkembangan pesawat terbang lebih berat dari udara sebelum zaman Wright, sementara penemuan Zeppelin dan Montgolfier mendominasi pesawat lebih ringan dari udara.

Sistem

Pesawat terbang merupakan sistem yang kompleks, yang terbagi menjadi beberapa sistem sederhana yang menjalankan fungsinya masing-masing. Ini termasuk sistem elektrikal, sistem hidrolik, sistem navigasi, sistem pengendalian penerbangan, sistem perlindungan dari es (antiicing dan deicing), serta sistem pendinginan. Setiap sistem ini memiliki peran penting dalam menjaga kinerja dan keamanan pesawat selama operasi. Sistem-sistem ini dijelaskan secara detail dalam manual penerbangan dan pemeliharaan yang digunakan oleh teknisi, pilot, dan personel pemeliharaan.

Klasifikasi

Pesawat terbang adalah kendaraan udara yang lebih berat dari udara, memiliki sayap tetap, dan mampu terbang dengan tenaga sendiri. Istilah "pesawat terbang" sering disamakan dengan "pesawat udara" atau "kapal terbang", mengacu pada kendaraan yang mampu terbang di atmosfer atau udara. Namun, dalam dunia penerbangan, istilah "pesawat terbang" memiliki arti yang lebih spesifik dibandingkan "pesawat udara", yang mencakup pesawat terbang dan helikopter.

Ada dua klasifikasi utama pesawat terbang: lebih berat dari udara (aerodin) dan lebih ringan dari udara (aerostat). Pesawat eksperimental merupakan pesawat yang sedang diuji coba dengan konsep dan desain baru, sementara pesawat penumpang sipil dan pesawat angkut memiliki fungsi masing-masing untuk mengangkut penumpang dan barang.

Pesawat terbang juga digunakan dalam berbagai keperluan militer, seperti pesawat tempur, pesawat intai, dan pesawat latih. Masing-masing pesawat membutuhkan bahan bakar khusus untuk menggerakkan mesinnya. Ada dua jenis bahan bakar yang umum digunakan: Avgas untuk mesin piston dan aviation kerosine untuk mesin turbin. Mesin pesawat turbin biasanya menggunakan jenis bahan bakar yang lebih berenergi untuk meningkatkan kecepatan dan efisiensi penerbangan.

Pesawat terbang komersial terbesar

Airbus A380 adalah pesawat terbang komersial yang diproduksi oleh perusahaan Airbus S.A.S. Pesawat ini memiliki dua tingkat dan empat mesin, dirancang untuk mengangkut hingga 850 penumpang dalam satu kelas penerbangan atau 555 penumpang dalam tiga kelas penerbangan. Penerbangan perdana dilakukan pada 27 April 2005, dengan penerbangan komersial perdana pada akhir 2007. Pesawat ini dijuluki "Superjumbo" dan memiliki empat mesin Rolls-Royce Trent-900, mampu menghasilkan daya dorong hingga 36.280 kg.

Airbus dan maskapai yang mengoperasikan A380 menekankan pada kenyamanan penumpang dengan menyediakan kabin yang luas dan berbagai fasilitas pendukung seperti bar dan toko. Opini publik terbagi tentang pesawat ini, ada yang kagum dengan kapasitas dan fasilitasnya, tetapi ada juga yang khawatir akan kepadatan di bandara karena jumlah penumpang dan bagasi yang meningkat.

Saat ini, sekitar 15 maskapai telah memesan pesawat A380 dengan total 154 pesanan, dengan pemesanan terbanyak oleh Emirates. Maskapai lain yang memesan A380 termasuk Qantas, Singapore Airlines, Air France, dan lainnya. Maskapai Singapore Airlines menjadi yang pertama mengoperasikan A380 untuk rute London-Sydney pada akhir 2007. Dengan panjang 73m dan tinggi 79,8m serta berat maksimum lepas landas sebesar 560.000 kg, Airbus A380 merupakan pesawat komersial terbesar yang pernah dibuat.

Disadur dari: https://id.wikipedia.org/wiki/Pesawat_terbang