Perancangan Pencahayaan Arsitektural dan Tujuannya

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

13 Februari 2024, 11.52

Pencahayaan Eksterior Gedung Lloyd di London - Wikipedia

Bidang pekerjaan atau studi yang disebut perancangan pencahayaan arsitektural mencakup desain sistem pencahayaan dalam lingkungan binaan, baik interior maupun eksterior. Ini dapat termasuk mendesain dan mengubah lampu untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Didasarkan pada sains dan seni visual, desain pencahayaan arsitektur bertujuan untuk menyeimbangkan seni dan ilmu pencahayaan untuk menciptakan suasana hati, ketertarikan visual, dan meningkatkan pengalaman suatu ruang atau tempat sekaligus memenuhi persyaratan teknis dan keselamatan. Tujuan dasar pencahayaan di lingkungan binaan adalah untuk memungkinkan penghuninya melihat dengan jelas dan tanpa rasa tidak nyaman.

Dalam desain pencahayaan arsitektur, tujuan adalah untuk menyeimbangkan sifat cahaya dalam suatu ruang untuk mengoptimalkan aspek ergonomi teknis, visual, dan, yang terbaru, non-visual yang berkaitan dengan pencahayaan bangunan atau ruang. Jumlah cahaya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas, energi yang dikonsumsi oleh pencahayaan di dalam ruangan, distribusi relatif, dan arah perjalanan cahaya untuk menghindari silau dan ketidaknyamanan yang tidak perlu adalah persyaratan teknis. Aspek visual cahaya berkaitan dengan estetika dan narasi ruang (seperti suasana restoran, pengalaman pameran di museum, promosi produk di toko, penguatan citra merek perusahaan), dan aspek nonvisual berkaitan dengan kesehatan dan kesejahteraan manusia.

Disadur dari: https://en.wikipedia.org/wiki/Architectural_lighting_design