Peran Apoteker Klinis dalam Pelayanan Kesehatan

Dipublikasikan oleh Admin

11 April 2024, 03.58

Apoteker klinis dan doketer rumah sakit - Wikipedia

Salah satu jenis apoteker yang perlu kita ketahui adalah apoteker klinis. Apoteker klinis membantu pasien di berbagai tingkat layanan kesehatan dan mengoptimalkan penggunaan obat untuk meningkatkan kesehatan, kesejahteraan, dan pencegahan penyakit. Ini dikenal sebagai farmasi klinis, yang merupakan cabang farmasi di mana apoteker klinis merawat pasien secara langsung.

Apoteker klinis kerap kali bekerja sama dengan dokter, asisten dokter, perawat, dan para medis lainnya. Apoteker klinis dapat mengadakan perjanjian praktik kerjasama formal dengan penyedia layanan kesehatan lain, yang memungkinkan apoteker membuat resep obat dan memesan tes laboratorium.

Dalam sistem pelayanan kesehatan, apoteker klinis adalah ahli dalam penggunaan obat untuk tujuan terapeutik. Mereka secara rutin memberikan evaluasi dan rekomendasi terapi pengobatan kepada pasien maupun paramedis lainnya.

Apoteker klinis adalah sumber utama informasi dan rujukan yang dapat dipercaya mengenai penggunaan obat yang aman, tepat, dan hemat biaya. Apoteker klinis juga membuat dirinya lebih mudah diakses oleh masyarakat.

Di masa lalu, akses terhadap apoteker klinis hanya terbatas pada rumah sakit, klinik, atau lembaga pendidikan. Namun, apoteker klinis menyediakan diri mereka melalui informasi pengobatan secara online, dan meninjau daftar obat, dalam rangka pencegahan kesalahan pengobatan di masa mendatang.

Di Inggris, apoteker klinis secara rutin terlibat dalam perawatan langsung pasien di rumah sakit, dan semakin banyak terlibat dalam operasi dokter. Selain itu, mereka mengembangkan pendidikan profesional pasca pendaftaran, kursus pengembangan tenaga kerja, memberikan keterampilan penggunaan obat kepada organisasi nasional seperti NICE, Departemen Kesehatan, dan MHRA, dan mengembangkan pedoman obat untuk penggunaan terapeutik

Disadur dari: en.wikipedia.org