Penjelasan PT. OVO (Metode Pembayaran)

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

06 Maret 2024, 11.55

PT Visionet Internasional (Wikipedia)

OVO, yang merupakan PT Visionet Internasional, adalah sebuah platform dompet elektronik yang menawarkan layanan penyimpanan uang elektronik dan memfasilitasi pembayaran transaksi di Indonesia.

Sejarah

OVO, yang awalnya didirikan oleh Lippo Group, mulai beroperasi pada tahun 2017 setelah mendapatkan izin e-money dari Bank Indonesia pada 25 September 2017. Pada bulan Desember 2017, Tokyo Century Corporation mengumumkan investasinya sekitar 116 juta Dolar AS untuk memperoleh 20 persen saham di OVO.

Pada tahun 2018, perusahaan transportasi Grab juga ikut berinvestasi di OVO, diikuti oleh platform e-commerce Tokopedia pada tahun 2019.Pada bulan Oktober 2021, Grab meningkatkan kepemilikan sahamnya di OVO setelah membeli saham dari Tokopedia dan Lippo Group, sehingga kepemilikannya mencapai 79,5 persen dengan sisanya dimiliki oleh investor lokal.

Sebagai platform pembayaran digital, OVO dilaporkan telah hadir di 600 kota dan kabupaten di Indonesia pada September 2023, dengan total pengguna penjual mencapai 1,5 juta.

Produk dan layanan

Selain fokus utamanya pada layanan pembayaran digital, OVO juga telah memperluas jangkauannya ke sektor keuangan dengan menyediakan layanan pinjaman, investasi, dan asuransi. Layanan pinjaman disediakan melalui Taralite, platform P2P yang diakuisisi oleh OVO pada tahun 2019.

Pada akhir tahun 2020, OVO meluncurkan layanan OVO | Proteksi yang menawarkan berbagai produk asuransi melalui aplikasi OVO melalui kemitraan dengan berbagai perusahaan asuransi. Ini diikuti dengan peluncuran layanan OVO | Invest pada awal tahun 2021, yang menawarkan produk investasi kepada pengguna.

 

Disadur dari: https://id.wikipedia.org/wiki/OVO_(pembayaran)