Penjelasan Informatika Mengenai Arsitektur Informasi

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

20 Maret 2024, 08.52

Sumber: www.freepik.com

Arsitektur informasi (IA) mengacu pada pengaturan dan penataan informasi secara sistematis dalam lingkungan digital bersama. Hal ini mencakup pengaturan strategis dan pelabelan situs web, intranet, komunitas online, dan perangkat lunak untuk meningkatkan kegunaan dan memudahkan pengambilan informasi. IA menggabungkan prinsip-prinsip dari desain, arsitektur, dan ilmu informasi untuk mengoptimalkan lanskap digital. Hal ini sering kali melibatkan pembuatan model atau kerangka kerja untuk mengelola sistem informasi yang kompleks, seperti sistem perpustakaan dan pengembangan basis data.

Definisi Arsitektur informasi

Arsitektur informasi (IA) mencakup berbagai pengertian dalam berbagai cabang sistem dan teknologi informasi:

  1. Hal ini melibatkan desain struktural dari lingkungan informasi bersama.
  2. IA adalah seni dan ilmu pengetahuan yang meliputi pengorganisasian dan pelabelan situs web, intranet, komunitas online, dan perangkat lunak untuk meningkatkan kemudahan pencarian dan kegunaan.
  3. IA mewakili komunitas yang berkembang yang berfokus pada penerapan prinsip-prinsip desain dan arsitektur pada lanskap digital.
  4. IA menggabungkan organisasi, pelabelan, pencarian, dan sistem navigasi dalam situs web dan intranet.
  5. Hal ini termasuk mengekstraksi parameter/data yang diperlukan dari Desain Rekayasa untuk membuat basis pengetahuan yang menghubungkan berbagai sistem dan standar.
  6. IA berfungsi sebagai cetak biru dan alat bantu navigasi untuk sistem yang kaya informasi.
  7. Ini adalah bagian dari arsitektur data yang bertujuan untuk membangun data yang dapat digunakan dengan cara yang paling bermanfaat bagi pengguna.
  8. IA melibatkan pengorganisasian konten dan fungsionalitas situs web untuk memberikan pengalaman pengguna sebaik mungkin, membuat informasi dan layanan mudah digunakan dan ditemukan.
  9. IA menyediakan kerangka kerja konseptual seputar informasi, menawarkan konteks, kesadaran lokasi, dan struktur yang berkelanjutan.

Perdebatan

Definisi arsitektur informasi menghadapi tantangan karena keberadaannya di berbagai bidang. Dalam desain sistem, IA adalah komponen arsitektur perusahaan yang berhubungan dengan aspek informasi dari struktur perusahaan. Namun, mendefinisikan IA menjadi lebih diperdebatkan dalam ranah informasi online, khususnya situs web. Ada perdebatan yang dikenal sebagai "debat IA besar - IA kecil", di mana beberapa orang melihat IA sebagai penerapan utama ilmu informasi pada desain web (IA kecil), sementara yang lain melihatnya sebagai aspek yang lebih luas dari pengalaman pengguna dan kegunaan (IA besar).

Berikut ini adalah beberapa tokoh penting dalam bidang arsitektur informasi

  1. Richard Saul Wurman, yang berjasa dalam memperkenalkan istilah "arsitektur informasi" dalam konteks desain informasi.
  2. Peter Morville, presiden Semantic Studios dan penulis bersama beberapa edisi buku berpengaruh "Information Architecture for the World Wide Web."
  3. Louis Rosenfeld, pendiri Rosenfeld Media dan salah satu penulis "Information Architecture for the World Wide Web" bersama Peter Morville.
  4. Jesse James Garrett, salah satu pendiri Adaptive Path dan penulis "The Elements of User Experience," yang membahas berbagai aspek desain yang berpusat pada pengguna.
  5. Christina Wodtke, penulis "Information Architecture: Blueprints for the Web," sebuah buku yang memberikan panduan praktis dalam menciptakan arsitektur informasi yang efektif untuk situs web.


Disadur dari: en.wikipedia.org