Pengertian, Algoritma dalam Alokasi Sumber Daya

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

16 Februari 2024, 14.09

Sumber: pexels.com

Dalam ilmu ekonomi, alokasi sumber daya adalah penentuan alokasi sumber daya yang ada untuk berbagai tujuan. Pada tingkat makroekonomi, alokasi sumber daya dapat dilakukan melalui pasar atau perencanaan. Dalam konteks manajemen proyek, alokasi sumber daya adalah perencanaan kegiatan dan sumber daya yang diperlukan untuk suatu proyek, dengan mempertimbangkan ketersediaan sumber daya dan waktu proyek.

Ekonomi

Di bidang ekonomi, bidang keuangan publik berkaitan dengan tiga bidang utama: stabilisasi makroekonomi, distribusi pendapatan dan kekayaan, dan alokasi sumber daya. Sebagian besar studi alokasi sumber daya dikhususkan untuk menemukan kondisi di mana mekanisme alokasi sumber daya tertentu menghasilkan hasil yang efisien Pareto, di mana tidak ada pihak yang dapat memperbaiki situasi tanpa merugikan pihak lain.

Perencanaan strategis

Dalam perencanaan strategis, alokasi sumber daya adalah rencana penggunaan sumber daya yang tersedia, seperti sumber daya manusia, terutama dalam waktu dekat, untuk mencapai tujuan di masa depan. Ini adalah proses mengalokasikan sumber daya yang langka ke berbagai proyek atau unit bisnis.Ada berbagai pendekatan untuk menyelesaikan masalah alokasi sumber daya, misalnya alokasi sumber daya dapat dilakukan dengan pendekatan manual, pendekatan algoritmik (lihat di bawah), atau kombinasi keduanya.Mungkin terdapat mekanisme kontinjensi, seperti pemeringkatan prioritas elemen-elemen yang tidak termasuk dalam rencana, yang menunjukkan elemen mana yang harus didanai jika diperlukan lebih banyak sumber daya, dan peringkat prioritas beberapa elemen yang termasuk dalam rencana, yang menunjukkan elemen mana, jika ada, harus dikorbankan Pembiayaan penuh diperlukan. harus dikurangi.

Algoritma

Alokasi sumber daya dapat diputuskan menggunakan program komputer yang diterapkan pada domain tertentu untuk mendistribusikan sumber daya secara otomatis dan dinamis kepada peminta.Hal ini sangat umum terjadi pada perangkat elektronik yang digunakan untuk penerusan dan komunikasi. Misalnya, alokasi saluran dalam komunikasi nirkabel dapat ditentukan oleh stasiun pemancar dasar dengan menggunakan algoritma yang tepat.Kelas sumber daya di mana pelamar menawar sumber daya terbaik berdasarkan saldo "uang" mereka, seperti dalam model bisnis lelang online. Sebuah artikel tentang alokasi slot CPUmembandingkan algoritma lelang dengan penjadwalan pembagian proporsional.

Disadur dari : https://en.wikipedia.org/wiki/Resource_allocation