Pekerjaan dalam Proses itu Apa

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

12 Maret 2024, 08.36

kledo.com

Pekerjaan dalam proses 

Pekerjaan dalam proses dialihkan ke sini. Untuk kegunaan lain, lihat Pekerjaan sedang berlangsung (disambiguasi).

Pekerjaan dalam Proses (WIP), Pekerjaan dalam Proses (WIP), Pekerjaan dalam Proses, Persediaan Pekerjaan dalam Proses mengacu pada produk jadi, nilai, atau barang-barang ini yang menunggu penyelesaian dan penjualan akhir. Ketika istilah ini digunakan dalam manajemen rantai pasokan, WIP menjadi masukan penting untuk menghitung persediaan pada neraca perusahaan.

Inventaris WIP dalam manajemen rantai pasokan

Statistik WIP dapat membantu perusahaan menilai kemampuan rantai pasokan mereka dan memandu perencanaan rantai pasokan. Dalam kebanyakan kasus, tingkat WIP yang rendah adalah hal yang baik, dan perusahaan yang mengelola tingkat persediaan dengan baik memiliki biaya yang lebih rendah. Mengelola inventaris WIP memerlukan banyak kolaborasi dalam perusahaan, dengan pemasok dan pelanggan. Tingkat WIP yang lebih tinggi bermanfaat karena tidak hanya dapat mendukung peningkatan permintaan, namun juga mengurangi waktu siklus karena lebih banyak sumber daya tersedia di tempat kerja. Namun, hal ini tidak hanya meningkatkan biaya transportasi dan risiko keusangan, namun juga dapat menyebabkan pemborosan jika permintaan lebih rendah dari yang diharapkan.

Inventaris WIP dalam akuntansi

Persediaan WIP mengacu pada barang yang sedang dibangun tetapi belum selesai. Di neraca, barang dalam proses dikelompokkan menjadi persediaan aset lancar dan bahan mentah serta barang jadi.

Diperlukan waktu tiga tahun untuk menghitung barang dalam proses pada akhir periode akuntansi: barang dalam proses awal, biaya produksi, dan barang jadi. WIP awal dalam persediaan merupakan angka WIP dari periode akuntansi sebelumnya. Biaya produksi mencakup semua biaya yang terkait dengan pembuatan suatu produk, termasuk bahan mentah, tenaga kerja, dan upah. Barang jadi adalah total nilai barang yang siap dijual selama periode akuntansi berjalan. Rumus untuk menghitung Persediaan WIP adalah Persediaan WIP + Harga Pokok Produksi – Barang Jadi.

Perlakuan pajak

Di Inggris, HMRC tidak memiliki definisi spesifik mengenai pekerjaan yang sedang berjalan, namun ada tiga jenis pekerjaan yang sedang berjalan yang didefinisikan untuk tujuan perpajakan:

  • produk yang diproduksi
  • kontrak untuk layanan
  • kontrak konstruksi

Disadur dari : https://en.wikipedia.org/wiki/Work_in_process