Pangkas Biaya Logistik di KEK Gresik JIIPE, Pengelola Terapkan Cara Ini

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

06 Maret 2024, 11.44

Konstruksi pabrik PT Nippon Indosari Corpindo Tbk di area Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur.(AKR Corporindo)

Salah satu tantangan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) JIIPE Gresik Jawa Timur adalah tingginya biaya logistik yang seringkali menghambat investor untuk berinvestasi di kawasan tersebut. Apalagi, Indonesia merupakan negara nasional dan berbicara pada acara Kompas Talk pada Kamis (16 September 2021) dengan topik “Tugas dan Tantangan Mempromosikan Ekspor KEK”, Presiden PT AKR Corporindo Haryanto Adikoesomo mengatakan banyak cara yang telah dilakukan. . Untuk mengatasi masalah ini.

Untuk lebih jelasnya, KEK JIIPE Gresik dikembangkan oleh PT Berlian Manyar Sejahtera (BMS), perusahaan patungan antara PT AKR Corporindo Tbk. dan PT Pelindo III (Persero) Haryanto selaku direktur ingin menjawab tantangan menjadikan Indonesia sebagai pusat industri dunia. Oleh karena itu, masalah tingginya biaya logistik harus dikurangi.

“Untuk mengatasi tingginya biaya tersebut, kami mendirikan JIIPE yang didirikan di pelabuhan. Letak JIIPE Gresik di pintu masuk Selat Madura memungkinkan kami menjamin adanya deep natural port dengan harga yang kompetitif,” kata Haryanto.

“Kami sedang mempelajari dengan pemerintah dan PT KAI bagaimana menghubungkan jalur kereta api dari JIIPE ke Dudu Sampaean atau pelabuhan Tanjung Perak Surabaya,” tegasnya.

Biaya transportasi dapat ditekan dengan menggunakan tiga moda transportasi: kereta api, pelabuhan laut dalam, dan jalan tol. Biaya transportasi juga dapat ditekan apabila tersedia dukungan udara dari Bandara Internasional Juanda.

Disadur dari: kompas.com