Meskipun Dibutuhkan Banyak, Minat pada Teknik Elektro Menurun

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

25 Maret 2024, 09.36

Sumber: Foto: istimewa, news.republika.co.id

Teknik Elektro merupakan cabang ilmu yang kurang diminati namun memiliki tingkat kebutuhan yang tinggi di dunia industri. Jurusan ini mempelajari tentang aplikasi listrik dan elektronika dalam kehidupan sehari-hari, termasuk konsep, perancangan, dan pengembangan perangkat listrik dan elektronik.

Dalam proses perkuliahan, mahasiswa Teknik Elektro akan mendalami berbagai metode pembangkit energi baru, penyimpanan energi, serta penghematan energi. Mereka juga memiliki peluang besar untuk menjadi ahli robotik dan menciptakan perangkat Internet of Things (IoT). Meskipun banyak dicari oleh perusahaan, minat masuk ke jurusan ini masih rendah. Namun, fakta bahwa lulusan Teknik Elektro sangat dibutuhkan oleh industri menunjukkan bahwa jurusan ini menawarkan jenjang karier yang jelas.

Selain menjadi pekerja di berbagai industri, lulusan Teknik Elektro juga dapat meniti karier sebagai peneliti, mengembangkan desain baru di laboratorium, dan menjadi ahli dalam sistem distribusi tenaga listrik. Gaji yang tinggi adalah salah satu keuntungan dari karier di bidang ini. Bidang yang luas di Teknik Elektro mencakup telekomunikasi, minyak dan gas, manufaktur, otomotif, dan banyak lagi. Sebagai contoh, lulusan Teknik Elektro dapat bekerja dalam kodefikasi informasi menjadi sinyal listrik di industri telekomunikasi atau sebagai robot engineer.

Mata kuliah yang diajarkan dalam jurusan Teknik Elektro mencakup rangkaian listrik, medan elektromagnetik, mikroprosesor, sistem kontrol, dan banyak lagi. Peluang lanjutan studi di tingkat pascasarjana juga tersedia untuk mengkaji bidang yang lebih spesifik. Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) adalah salah satu perguruan tinggi yang menyediakan program studi Teknik Elektro untuk mereka yang berminat melanjutkan pendidikan di tingkat sarjana.

 

Disadur dari: republika.co.id