Menjelajahi Dunia Bus Besar: Kendaraan Mewah untuk Perjalanan Jarak Jauh

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

02 April 2024, 10.30

Sumber: id.wikipedia.org

Gerbong (disebut bus besar atau gerbong dalam bahasa Inggris) adalah sejenis bus berbadan besar, berhias, terkadang bertingkat yang membawa penumpang dalam perjalanan jarak jauh. Bus sering digunakan sebagai bus antar kota, bus komuter, bus wisata atau disewa untuk berbagai keperluan.

Sebagian besar bus modern berlantai tinggi dan area bagasi berada di bawah kompartemen penumpang. Berbeda dengan bus kota, semua kursi di bus jarak jauh menghadap ke arah bus dan, dalam banyak kasus, penumpang tidak dapat berdiri. Fasilitas tambahan yang terdapat pada bus besar mencakup toilet, televisi, akses Wi-Fi, kursi malas, dan pemutar musik.

Pengungkapan

Bus besar jarak jauh, seperti bus lainnya, dibuat khusus. dibuat oleh pabrikan. Jika tidak, karena mereka hanya mengerjakan sasis, Anda harus membawanya ke bengkel untuk mengerjakan bodywork. Bus besar juga dibuat dengan bodi monocoque, seringkali tanpa rangka. Produsen bus terlengkap antara lain Autosan, Scania, Fuso dan Alexander Dennis. Selain membuat bus lengkap, sebagian besar pabrikan di atas hanya menjual sasis saja, seperti Hino, Mercedes-Benz, dll. Ada banyak perusahaan di Indonesia yang bisa membangun badan bus besar, antara lain Adiputro, Gunung Mas, Laksana, New Armada, Rahayu Santosa (perusahaan sekarang tutup), Tentrem, Trijaya Union dan Tri Sakti. Saat ini terdapat body series ternama di luar negeri seperti Van Hool, Neoplan, Marcopolo, Irizar, MCI, Prevost, Volvo dan Designline, dan model bus tersebut sudah banyak digunakan di body series Indonesia.

Disadur dari Artikel : id.wikipedia.com