Meningkatkan Kualitas Produk dengan Diagram Ishikawa: Sebuah Panduan Komprehensif

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

26 Februari 2024, 20.29

Gambar : Digital E-Learning

Diagram Ishikawa

Diagram Ishikawa, juga dikenal sebagai diagram tulang ikan atau matriks kasus produk, telah menjadi alat penting untuk mencegah cacat dan meningkatkan kualitas produk sejak diperkenalkan oleh Kaoru Ishikawa pada tahun 1968. Diagram ini akan membantu Anda mengidentifikasi apa yang lebih berguna untuk aplikasi Anda. Untuk suatu peristiwa atau masalah.

Bagian Kepala Ikan

Kepala ikan, biasanya di sisi kanan desain, adalah tempat untuk menulis topik atau topik yang berkaitan dengan topik tersebut, di bagian herringbone. Seringkali ada isu atau topik yang perlu diselidiki.

Bagian Tulang Ikan

Bagian Fishbone memiliki beberapa bagian yang dapat mempengaruhi peristiwa dan isu. Komponen yang paling banyak digunakan adalah:

1. Orang:Semua individu yang terlibat dalam suatu proses.
2. Metode:Cara pelaksanaan proses, termasuk prosedur, peraturan, dan kebutuhan spesifik dari proses tersebut.
3. Material: Semua bahan yang dibutuhkan untuk menjalankan proses, seperti bahan dasar, pena, kertas, dan sebagainya.
4. Mesin: Semua peralatan, mesin, komputer, dan lainnya yang diperlukan untuk menjalankan pekerjaan.
5. Pengukuran: Metode pengambilan data dari proses yang digunakan untuk menentukan kualitas proses.
6. Lingkungan: Kondisi di sekitar tempat kerja, seperti suhu udara, tingkat kebisingan, kelembaban udara, dan sebagainya.

Dari setiap kategori ini, analisis terus dikembangkan ke tahap yang lebih detail untuk mengidentifikasi penyebab-penyebab yang mungkin.

Validasi Penyebab

Penting untuk diingat bahwa tidak semua elemen bagian herringbone memainkan peran yang sama dalam suatu peristiwa atau masalah. Ada yang berdampak besar, ada pula yang berdampak kecil atau tidak sama sekali. Setelah membuat diagram Ishikawa, langkah selanjutnya adalah memverifikasi penyebabnya dengan memeriksa setiap elemen dan menilai kontribusinya terhadap peristiwa atau masalah.

Dengan cara ini, suatu perusahaan atau organisasi dapat mengidentifikasi penyebab masalah, mengurangi kesalahan dan meningkatkan kualitas produk. Desain Ishikawa adalah alat yang tak tergantikan dalam perjalanan menuju keunggulan operasional dan kepuasan pelanggan.

Disadur dari : https://id.wikipedia.org/wiki/Diagram_Ishikawa