Menilik Venue Final AFF 2020, Stadion dengan Kubah Terbesar di Dunia

Dipublikasikan oleh Azka Muhammad Irfan

02 Maret 2022, 14.11

Sumber: (ARUP)

Kemenangan Garuda Muda atas Singapura pada pertandingan semifinal Piala AFF 2020, Sabtu (25/12/2021), berhasil membawa Indonesia maju ke babak final. Timnas akan melawan Thailand di pertandingan final pada tanggal 29 Desember 2021 untuk leg pertama dan tanggal 1 Januari 2022 untuk leg kedua. Adapun pertandingan tersebut akan dilaksanakan di National Stadium Singapore, Kallang, Singapura.

National Stadium Singapore merupakan stadion baru yang berlokasi di tempat yang sama dengan stadion lama sebelum ditutup pada 2007 dan dibangun ulang pada tahun 2010. Stadion yang kembali dibuka untuk umum pada 30 Juni 2014 ini dirancang oleh Arup, konsultan ternama yang berbasis di London, Inggris. DIlansir dari Arup, Rabu (29/12/2021), National Stadium Singapore adalah kunci dari rencana pengembangan kota sebagai kompleks olahraga, rekreasi, hiburan, dan kawasan berkelanjutan bagi masyarakat.

Stadion berstandar internasional ini juga diklaim sebagai pusat pengembangan olahraga yang dipadukan dengan rekreasi dan gaya hidup terintegrasi pertama di Asia.

Kapasitas National Stadium Singapore

Kapasitas National Stadium Singapore(ARUP)

National Stadium Singapore memiliki kapasitas 55.000 kursi dengan tiga mode tempat duduk yang dapat ditarik. Ketinggiannya mencapai 310 meter dengan freestanding dome terbesar di dunia. Untuk struktur kubahnya, mereka mengembangkan perangkat lunak yang menyediakan perlindungan iklim tropis Singapura serta menawarkan ruang acara yang menakjubkan. Memiliki atap yang bisa dibuka memanjang, National Stadium Singapore akan menampilkan pemandangan langit kota spektakuler.

Arsitektur kubah National Stadium Singapore

Arsitektur kubah National Stadium Singapore(ARUP)

Selain itu, seluruh energi yang digunakan oleh venue Piala AFF 2020 ini memanfaatkan sumber terbarukan yang tentunya lebih ramah lingkungan. Sistem National Stadium Singapore dirancang untuk mengalirkan udara sejuk ke setiap kursi di stadion dengan menggunakan ventilasi netral karbon. Oleh karena itu, bangunan ini berhasil mendapatkan berbagai macam penghargaan, meliputi Sports Building of The Year di Worlf Architecture Festival (WAF).

Tak hanya itu, dengan kubah berdiameter 312 meter, stadion ini juga memegang rekor struktur kubah terbesar di dunia, mengalahkan Cowboys Stadium, di Amerika Serikat, dengan ketinggian 37 meter. “Keindahan proyek ini memiliki validitas untuk bersaing dengan dunia di bidang tertentu tetapi pada saat yang sama sangat relevan untuk pasar domestik,” ujar Mantan CEO Singapore Sports Hub Oon Jin Teik.

Lebih lanjut, Oon Jin Teik menyampaikan bahwa visi pembangunan stadion adalah sebagai tempat rekreasi yang dinamis, berkelanjutan, hemat biaya, menyenang dan yang paling penting adalah bisa menghubungkan komunitas dengan kota.

Sumber: kompas.com

Artikel lainnya