Mengenal Unit Penyimpanan Stok Part 2

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

08 Maret 2024, 06.54

Gambar: Emerge APP

Unit Penyimpanan Stok

Dalam bidang manajemen inventaris, unit penyimpanan stok (SKU) memainkan peran penting dalam membedakan berbagai produk atau layanan yang dijual perusahaan. SKU, juga dikenal sebagai nomor bagian, nomor produk, atau kode produk, adalah pengidentifikasi unik untuk setiap jenis produk atau layanan yang ditawarkan oleh suatu perusahaan. Identifikasi SKU dapat dilakukan dengan menggunakan atribut tertentu dari suatu barang, seperti ukuran, warna, atau jenisnya. Penting untuk dicatat bahwa tidak ada aturan khusus yang mengatur atau membatasi penggunaan atribut tersebut, perusahaan memiliki kesempatan untuk menyesuaikan SKU sesuai dengan kebutuhan bisnisnya.

SKU adalah alat utama untuk mengelola informasi perusahaan. Sebagai elemen kunci dari sistem inventaris Anda, SKU mempermudah pelacakan dan pengelolaan dengan memberikan gambaran yang jelas tentang setiap jenis produk yang Anda miliki. Dalam beberapa kasus, SKU juga dicetak dalam format barcode untuk memudahkan pemindaian dan pelacakan buku. Menerapkan kode pada SKU tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional, namun juga mengurangi risiko kesalahan manusia saat mencatat dan memantau inventaris.

SKU Cerdas dapat membantu perusahaan mengembangkan strategi manajemen inventaris yang lebih efektif. Dengan berfokus pada atribut yang penting bagi pelanggan, seperti ukuran dan warna, perusahaan dapat mengidentifikasi, melacak, dan mengelola inventaris dengan lebih cepat. Proses ini sangat penting untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan menyediakan produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Oleh karena itu, SKU tidak hanya berfungsi sebagai alat manajemen inventaris, namun juga berperan sebagai komponen strategis untuk mencapai keunggulan kompetitif di pasar. Dalam dunia bisnis yang terus berkembang, pemahaman mendalam tentang SKU dan penerapan SKU adalah kunci keberhasilan perusahaan dalam mengelola inventarisnya secara efisien.

Disadur dari : https://id.wikipedia.org/wiki/Stock_keeping_unit