Mengenal Perusahaan Multi Nasional Motorola Part 2

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

23 Februari 2024, 10.39

Gambar: Motorola

Motorola

Motorola, Inc. (/ˌmoʊtəˈroʊlə/) adalah perusahaan telekomunikasi internasional yang berkantor pusat di Schaumburg, Illinois, Amerika Serikat. Setelah mengalami kerugian sebesar $4,3 miliar antara tahun 2007 dan 2009, perusahaan ini dipecah menjadi dua perusahaan publik independen, Motorola Mobility dan Motorola Solutions, pada tanggal 4 Januari 2011. Motorola Solutions secara umum dianggap sebagai Motorola, Inc. penerus langsung divisi, Motorola Mobility dipisahkan dari Motorola Inc. Lenovo kemudian mengakuisisi Motorola Mobility pada tahun 2014.

Motorola merancang dan menjual peralatan jaringan nirkabel seperti stasiun pangkalan seluler dan penguat sinyal. Produk jaringan rumah dan penyiaran Motorola mencakup set-top box, perekam video digital, dan perangkat jaringan yang digunakan untuk mengaktifkan transmisi video, panggilan komputer, dan televisi definisi tinggi. Pelanggan pemerintah dan komersial Motorola terutama membeli transmisi nirkabel dan sistem suara (digunakan untuk membangun jaringan pribadi) dan sistem komunikasi publik yang aman seperti Astro dan Dimetra. Perusahaan (tidak termasuk dekoder dan modem kabel) sekarang menjadi bagian dari Motorola Solutions. Google menjual Motorola Home (sebelumnya bisnis kabel General Instrument) ke Arris Group seharga $2,35 miliar pada bulan Desember 2012.

Divisi telepon seluler Motorola adalah pionir dalam telepon seluler. Pada tahun 2004, divisi tersebut, yang juga dikenal sebagai Sektor Komunikasi Pribadi, memperkenalkan "ponsel" dengan DynaTAC, "folder" dengan MicroTAC, dan "folder" dengan StarTAC pada pertengahan 1990-an. Divisi ini mencoba bangkit kembali pada pertengahan tahun 2000an dengan diperkenalkannya RAZR, namun kemudian kehilangan pangsa pasar pada akhir tahun 2000an. Motorola kemudian fokus pada ponsel pintar yang menjalankan sistem operasi Android besutan Google. Ponsel pertama dengan versi terbaru Android 2.0 dirilis pada tanggal 2 November 2009 sebagai Motorola Droid (versi GSM dirilis di Eropa sebulan setelah Motorola Milestone).

Divisi perlengkapan (dengan ujung tuner kabel ). kotak dan modem kabel) dan kemudian menjadi perusahaan terpisah bernama Motorola Mobility. Pada tanggal 22 Mei 2012, CEO Google Larry Page mengumumkan bahwa Google telah setuju untuk membeli Motorola Mobility. Pada tanggal 29 Januari 2014, CEO Google Larry Page mengumumkan bahwa Lenovo Tiongkok akan membeli Motorola Mobility seharga $2,91 miliar. Pada tanggal 30 Oktober 2014, Lenovo menyelesaikan akuisisi Motorola Mobility dari Google.

Sejarah

Motorola memulai sejarahnya di Chicago, Illinois sebagai Galvin Manufacturing Corporation (di 847 West Harrison Street) pada tahun 1928 ketika dua bersaudara, Paul V. dan Joseph E. Galvin, membeli fasilitas manufaktur dan pabrik pembuangan baterai dari Stewart Battery yang bangkrut. Perusahaan di lelang seharga $750. Galvin Manufacturing Corporation juga mulai beroperasi di sebagian kecil kawasan perumahan. Galvin Manufacturing mulai beroperasi dengan modal $565 dan lima karyawan. Pada minggu pertama, total gaji Galvin Manufacturing adalah $63.

Produk pertama Galvin Manufacturing adalah penguras baterai, sebuah perangkat yang digunakan untuk menyalakan radio bertenaga baterai di rumah. Karena perkembangan teknologi radio, perangkat baterai menjadi ketinggalan jaman. Paul Galvin kemudian menyadari bahwa beberapa insinyur radio sedang memasang radio di mobil dan kemudian menantang para insinyurnya untuk merancang radio mobil murah yang dapat dipasang di sebagian besar kendaraan.

Timnya kemudian berhasil mengembangkan radio mobil murah yang dipresentasikan Galvin pada pertemuan Asosiasi Produsen Radio di Atlantic City, New Jersey, pada bulan Juni 1930. Ia pun mendapat cukup banyak pesanan dari pertemuan tersebut. Kemudian Paul Galvin ingin menciptakan sebuah merek. nama untuk radio mobil baru yang diproduksi oleh Galvin Manufacturing Corporation, dan kemudian lahirlah nama "Motorola", yang menggabungkan "motor" (dari kendaraan bermotor) dan "ola" (dari nama Victrola), yang juga merupakan akhiran populer untuk nomor. pada saat itu untuk perusahaan seperti Moviola dan Crayola. Pada tanggal 23 Juni 1930, Galvin Manufacturing menjual radio bermerek Motorola pertama kepada H.C. Tembok itu dari Fort Wayne, Indiana, berharga $30. Nama merek Motorola menjadi sangat terkenal sehingga Galvin Manufacturing Corporation mengubah namanya menjadi Motorola, Inc.

Galvin Manufacturing Corporation mulai memproduksi radio mobil bermerek Motorola untuk polisi dan pemerintah daerah pada bulan November 1930. Pelanggan keselamatan publik pertama perusahaan tersebut adalah Desa. . River Forest, Departemen Kepolisian Desa Bellwood, Polisi Kota Evanston, Patroli Jalan Raya Illinois, dan Polisi Cook County.Banyak produk Motorola yang berhubungan dengan radio, mulai dari penghilang baterai radio hingga telepon radio portabel pertama di dunia. 1940, elektronik pertahanan, peralatan infrastruktur seluler, dan produksi telepon seluler.

Pada tahun yang sama, perusahaan mendirikan program penelitian dan pengembangan dengan radio FM dan pionir semikonduktor Dan Noble, yang bergabung dengan perusahaan sebagai direktur penelitian. Perusahaan ini juga memproduksi radio SCR-536 AM selama Perang Dunia II, yang penting bagi komunikasi Sekutu. Motorola menempati peringkat ke-94 dalam nilai kontrak manufaktur militer yang diberikan selama Perang Dunia II.Motorola secara resmi terdaftar di pasar saham pada tahun 1943 dan menjadi Motorola Inc. pada tahun 1947. Saat itu, bisnis inti Motorola adalah produksi dan penjualan. dari televisi dan radio.

Pasca Perang Dunia II

Pada bulan Oktober 1946, peralatan telekomunikasi Motorola menjadi dasar layanan telepon radio mobil Illinois Bell di Chicago, Illinois. Pada tahun 1947, perusahaan ini mulai memproduksi televisi yaitu model VT-71 yang memiliki kinescope berukuran 7 inci. Pada tahun 1952, Motorola membuka anak perusahaan internasional pertamanya di Toronto, Kanada, yang memproduksi radio dan televisi. Pada tahun 1953, perusahaan ini mendirikan Motorola Foundation untuk mendukung beberapa universitas besar di Amerika Serikat.

Pada tahun 1955, beberapa tahun setelah Motorola mendirikan laboratorium penelitian dan pengembangan di Phoenix, Arizona untuk mempelajari teknologi solid-state baru, Motorola meluncurkan Transistor komersial berdaya tinggi pertama yang berbasis di Jerman di dunia. Pada tahun yang sama, perusahaan juga memperkenalkan logo "sayap kelelawar", yang dibuat oleh desainer grafis Chicago Morton Goldsholl pada akhir tahun 1954.

Mulai tahun 1958 dengan Explorer 1, Motorola menyediakan peralatan radio untuk sebagian besar penerbangan luar angkasa. NASA pada tahun 1960an, termasuk pendaratan di bulan tahun 1969. Setahun kemudian, perusahaan mendirikan anak perusahaan yang menangani perizinan dan produksi untuk pasar internasional. Motorola juga memproduksi sejumlah produk untuk digunakan oleh pemerintah, lembaga keselamatan publik, dunia usaha, dan masyarakat umum. Produk-produk ini meliputi ponsel, laptop, prosesor komputer, dan peralatan komunikasi radio.

Pada tahun 2008, perusahaan ini meluncurkan televisi nirkabel pertama yang dilengkapi transistor berukuran 19 inci. Menurut Direktori Produsen Illinois tahun 1962 (Edisi Hari Jadi ke-50), Motorola mempekerjakan 14.000 orang di seluruh dunia, setidaknya 5.823 di antaranya bekerja di enam pabrik di Illinois. Perusahaan ini berkantor pusat di 9401 West Grand Avenue di Franklin Park, di mana perusahaan juga memproduksi televisi dan peralatan hi-fi dengan 1.700 karyawan. Sementara itu, divisi komunikasi Motorola berlokasi di 4545 West Augusta Blvd, Chicago, dimana 2.000 pekerja memproduksi peralatan komunikasi elektronik. Sementara itu, Divisi Elektronik Militer berlokasi di 1450 North Cicero Avenue, Chicago, dimana 923 karyawannya memproduksi oven microwave dan peralatan industri. Dua pabrik lainnya berlokasi di 4900 West Flourney Street dan 650 North Pulaski, namun jumlah karyawannya tidak diungkapkan. Pabrik terakhir berlokasi di 1400 North 30th Street di Quincy, Illinois, tempat 1.200 pekerja memproduksi komponen radio untuk dipasang di rumah atau mobil.

Pada tahun 2008, perusahaan meluncurkan gambar berwarna persegi pertama. Pada tahun 1964, perusahaan ini membuka departemen penelitian dan pengembangan di luar Amerika, khususnya di Israel, di bawah kepemimpinan Moses Basin. Merek Quasar kemudian diperkenalkan pada tahun 1967.

Pada tahun 1969, Neil Armstrong mengucapkan kutipan terkenalnya "satu langkah kecil bagi seorang manusia, satu lompatan besar bagi umat manusia" di bulan menggunakan transceiver buatan Motorola.

1973 Motorola memperkenalkan ponsel pertama.Pada tahun 1974, Motorola memperkenalkan mikroprosesor pertamanya, MC6800 8-bit, yang digunakan dalam mobil, komputasi, dan video game. Pada tahun yang sama, Motorola menjual produksi televisinya kepada perusahaan Jepang Matsushita Electric Industrial.1976.

Pada tahun 1980, Motorola memindahkan kantor pusatnya dari pinggiran kota Chicago ke Schaumburg, Illinois.Pada tahun 1980, MC68000, generasi terbaru mikroprosesor 32-bit yang diproduksi oleh Motorola, memimpin gelombang teknologi yang mengantarkan revolusi komputer di 1984. Ini digunakan pada perangkat yang diproduksi oleh beberapa perusahaan, termasuk Apple, Commodore, Atari, Sun, dan Hewlett Packard.

Pada bulan September 1983, Komisi Komunikasi Federal (FCC) menyetujui telepon DynaTAC 8000X, sel komersial pertama telepon di dunia . Pada tahun 1998, telepon seluler mewakili dua pertiga dari total pendapatan kotor Motorola. Perusahaan ini juga kuat dalam teknologi semikonduktor, termasuk sirkuit terpadu yang digunakan pada komputer. Perusahaan ini terkenal dengan mikroprosesor 6800 dan 68000 serta sirkuit terintegrasi periferalnya.

Mikroprosesor ini digunakan di Atari ST, Commodore Amiga, Color Computer, Apple Macintosh, dan printer laser HP sebelumnya. Seri IBM PC juga menggunakan beberapa periferal dari keluarga 6800. Keluarga PowerPC dikembangkan bekerja sama dengan IBM dan Apple (dikenal sebagai AIM Alliance). Motorola juga memiliki beragam produk komunikasi, termasuk sistem satelit, kotak kabel digital, dan modem.

Motorola menciptakan proses peningkatan kualitas Six Sigma, yang kemudian menjadi standar global. Pada tahun 1990, General Instrument Corporation, yang kemudian diakuisisi oleh Motorola, menawarkan standar HDTV digital pertama. Pada tahun yang sama, perusahaan memperkenalkan pager digital Bravo, yang kemudian menjadi pager terlaris di dunia.1991. Motorola menghadirkan sistem telepon seluler digital pertama di dunia dan prototipe telepon seluler yang menggunakan standar GSM di Hannover, Jerman.

Pada tahun 1994, Motorola meluncurkan sistem radio digital pertama di dunia yang menggabungkan komunikasi paging, data, seluler, dan suara dalam satu jaringan dan perangkat radio. Pada tahun 1995, Motorola memperkenalkan pager dua arah pertama di dunia, yang memungkinkan pengguna menerima pesan teks dan email serta membalas dengan balasan standar.Pada tahun 1998, Nokia melampaui Motorola sebagai penjual peralatan telepon seluler terbesar di dunia.

Motorola di Indonesia

Pada tahun 1991, Motorola mendirikan kantor perwakilan di Jakarta. Bisnis perusahaan berkembang pesat dan pada tahun 1995 Motorola mendirikan PT Motorola Indonesia. Dari sebuah kantor kecil dengan 5 karyawan pada tahun 1991, jumlah karyawannya bertambah menjadi lebih dari 100 orang, 98% di antaranya adalah orang Indonesia.Produk yang dijual Motorola untuk mendukung infrastruktur telekomunikasi Indonesia. Produk utamanya terdiri dari sistem dan peralatan telepon seluler, radio dua arah, dan peralatan broadband (BWA).PT Motorola Indonesia menyediakan dukungan penjualan, pemasaran, dan teknik untuk produk Motorola melalui distributor dan pengecer. Dukungan layanan juga mencakup desain sistem, instalasi, pemetaan pekerjaan, dan pemeliharaan.Untuk mengantisipasi perkembangan perusahaan, Motorola baru-baru ini mengubah organisasi bisnisnya sebagai berikut:

  • Home & Network Mobility (Cellular, Wireline & WiMAX)
  • Government & Public Safety
  • Enterprise Mobility Solution
  • Mobile Device

Disadur dari : https://id.wikipedia.org/wiki/Motorola