Mengenal Pengertian, Jenis, Risiko dan Respon Pada Keselamatan

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

27 Februari 2024, 11.09

Ilustrasi : Pixabay

Keselamatan

Keamanan adalah keadaan aman dimana seseorang merasa aman, secara sosial, psikologis, finansial, politik, emosional, fisik, psikologis atau intelektual, dan terlindungi dari ancaman. Untuk mencapai hal ini, langkah-langkah perlindungan dapat diterapkan jika terjadi krisis ekonomi atau kesehatan.

Jenis Keselamatan

Penting untuk memahami perbedaan antara produk yang memenuhi standar, produk yang aman, dan produk yang dianggap aman. Dalam konteks ini, muncul tiga jenis situasi: Pertama, "keselamatan konvensional" mengacu pada produk atau desain yang memenuhi standar desain yang ditetapkan. Kedua, “keselamatan kerja” mengacu pada pentingnya keselamatan bahkan ketika standar yang ditentukan tidak dipenuhi. Terakhir, kata “keamanan” digunakan untuk menggambarkan rasa aman yang muncul dari masyarakat. Misalnya, keberadaan lampu lalu lintas yang dianggap sebagai tanda keselamatan, namun terkadang menimbulkan kecemasan dan berkontribusi terhadap kecelakaan. Memahami perbedaan dan dinamika ketiga konsep ini penting untuk meningkatkan kesadaran keselamatan produk.

Risiko dan Respon

Metode keselamatan terdiri dari penilaian risiko kematian, cedera atau kerusakan pada orang atau harta benda. Risiko ini dapat timbul dari situasi berbahaya atau aktivitas berbahaya. Contoh kondisi tidak aman adalah lingkungan kerja yang bising, lingkungan kerja dengan kondisi ekstrim (suhu yang sangat tinggi atau rendah, tekanan tinggi) atau bahan kimia berbahaya. Menanggapi risiko-risiko ini, berbagai jenis pencegahan telah dilakukan. Respon yang diambil berupa respon teknis dan publikasi regulasi. Sebagai tindakan pencegahan terakhir, kami memiliki asuransi yang memberikan santunan atau santunan jika terjadi kecelakaan atau kerusakan.

Sistem Keselamatan

Sistem keamanan adalah salah satu cabang teknologi. Sistem keselamatan berkembang seiring dengan perubahan teknologi, peraturan lingkungan, dan masalah keselamatan publik. Keamanan sering dianggap sebagai kombinasi dari beberapa aspek seperti kualitas, keandalan, ketersediaan, stabilitas dan keamanan. Pabrik memiliki departemen Keselamatan, Kesehatan, dan Lingkungan (SHE) untuk merancang dan mengelola sistem keselamatan pabrik.

Pengukuran Keselamatan

Tindakan keselamatan adalah tindakan yang diambil untuk meningkatkan keselamatan dan mengurangi risiko kecelakaan. Beberapa fitur keselamatan mencakup inspeksi visual terhadap situasi berbahaya, seperti menemukan lokasi pintu keluar darurat yang diblokir. Inspeksi visual untuk mengetahui adanya cacat seperti retakan atau sambungan yang kendor merupakan langkah penting. Metode analisis seperti analisis kimia, sinar-X, dan sampel uji mematikan digunakan untuk memastikan integritas suatu barang atau produk. Pengujian tekanan untuk menentukan "titik henti" adalah bagian dari prosedur keselamatan.

Menerapkan protokol dan prosedur standar akan membantu mengontrol proses kerja dan melindungi karyawan, pemasok, dan pengguna produk. kegiatan Panduan instruksi dan video disediakan untuk memandu penggunaan produk yang benar dan penyelesaian tugas. Minimalkan kecelakaan dan tingkatkan produktivitas dengan ulasan dari para ahli lapangan. Standar minimum ditetapkan oleh peraturan pemerintah dan kode etik internal industri, dan pernyataan etika organisasi membantu memperjelas harapan karyawan. Selain itu, kami memastikan keselamatan umum dengan melakukan pemeriksaan fisik, penilaian berkala, dan studi lingkungan untuk manajer dan karyawan. Kombinasi dari langkah-langkah ini memungkinkan langkah-langkah keselamatan untuk mengurangi risiko dan menciptakan lingkungan kerja yang aman..

Organisasi Standardisasi

Saat ini sudah banyak organisasi yang mengatur standar keamanan perusahaan. Organisasi ini merupakan badan publik atau lembaga pemerintah:

  • American National Standards Institute
    • Salah satu organisasi standar Amerika yang paling banyak digunakan di seluruh dunia adalah American National Standards Institute (ANSI). Biasanya, beberapa anggota industri membentuk komite untuk mempelajari masalah keselamatan dan menetapkan standar. Standar ini dikirim ke ANSI, yang meninjaunya dan akhirnya mengadopsi standar tertulis. Undang-undang federal tertentu mengharuskan produk yang dijual memenuhi standar ANSI tertentu.
  • Lembaga Pemerintah
    • Beberapa lembaga pemerintah akan menerapkan aturan tersebut untuk meningkatkan keamanan. Contoh lembaga tersebut adalah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Disadur dari : https://id.wikipedia.org/wiki/Keselamatan