Mengenal Pengertian dari Bioenergi

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

19 Maret 2024, 12.49

Contoh paling sederhana mengenai pemanfaatan biomassa untuk mendapatkan energi, adalah pembakaran kayu (wikipedia)

Bioenergi

Biomassa adalah salah satu bentuk energi terbarukan yang berasal dari bahan biologis, juga dikenal sebagai biomassa. Biomassa sendiri merupakan bahan organik yang menyimpan energi matahari dalam bentuk energi kimia. Banyak jenis biomassa yang dapat digunakan sebagai bahan bakar, antara lain kayu, limbah industri kayu, jerami gandum, dan hasil pertanian seperti tebu yang dapat digunakan sebagai bahan bakar. Lebih penting lagi, biofuel disebut biofuel, artinya bahan bakar yang berasal dari sumber biologis. Namun dalam arti luas, bioteknologi juga mencakup pemanfaatan biomassa. Meskipun biologi mungkin berasal dari biologi, penting untuk dipahami bahwa biologi biologi tidak sama dengan biologi itu sendiri.

Pada tahun 2010, sekitar 35 gigawatt pembangkit listrik tenaga biomassa dibangun di seluruh dunia, seperlima di antaranya berada di Amerika Serikat. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan biomassa sebagai sumber energi alternatif ramah lingkungan semakin berkembang. Seiring dengan peningkatan infrastruktur, biofuel dapat menjadi salah satu pilar utama untuk mendiversifikasi sumber energi dunia dan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil yang tidak terbarukan.

Bahan bakar biomassa

Biomassa, salah satu sumber bahan bakar alternatif, dapat diperoleh dari limbah atau produk samping berbagai industri pengolahan dan pertanian. Artinya biomassa dapat tersedia dalam jumlah besar tanpa menghabiskan makanan manusia. Banyak jenis organisme, termasuk tumbuhan, hewan dan limbahnya, merupakan sumber biomassa yang dapat digunakan. Bahkan, kotoran hewan dan sampah kebun juga termasuk dalam kategori biomassa yang dapat diubah menjadi biomassa.

Energi dari biomassa merupakan bagian penting dari siklus karbon alami. Misalnya saja tebu (serat tebu) dan tandan buah kelapa sawit merupakan limbah hayati yang banyak dimanfaatkan sebagai sumber energi di berbagai industri pengolahan. Ampas tebu sering digunakan sebagai bahan bakar pada pabrik pengolahan gula, sedangkan tandan kosong sawit digunakan pada industri pengolahan kelapa sawit. Proses-proses ini menunjukkan bahwa limbah biomassa mempunyai potensi besar untuk menjadi sumber energi yang berguna.

Perkembangan teknologi dan praktik pengelolaan yang baik dapat meningkatkan penggunaan biomassa sebagai sumber energi alternatif. Berfokus pada sifat terbarukannya dan dampak lingkungan yang rendah, biomassa yang berasal dari biomassa memainkan peran penting dalam upaya keberlanjutan. Oleh karena itu, penelitian dan investasi pada infrastruktur berbasis bio sangat penting untuk mempercepat transisi menuju sistem energi ramah lingkungan.

Sumber Artikel: https://id.wikipedia.org/wiki/Bioenergi