Mengenal Konsep Utama Cybernetics Beserta Teorinya

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

13 Maret 2024, 09.38

Diagram prinsip sistem sibernetik dengan putaran umpan balik (wikipedia.com)

Cybernetics

Cybernetics adalah pendekatan spasial yang mengkaji sistem aturan, struktur, batasan, dan kemungkinan. Hal ini sangat penting dalam studi sistem seperti mekanika, fisika, biologi, psikologi, dan sistem sosial. Istilah "sibernetika" pertama kali digunakan oleh Norbert Wiener untuk merujuk pada pengendalian diri dalam buku "Cybernetics: Or Control and Communication in Animals and Machines" tahun 1948.

Bidang ini dinamai berdasarkan contoh umpan balik kausal melingkar—yaitu mengemudikan kapal (bahasa Yunani kuno κυβερνήτης ( kybernḗtēs ) berarti "juru mudi"). Dalam mengemudikan kapal, juru mudi menyesuaikan kemudinya sebagai respons terus-menerus terhadap efek yang diamati, membentuk putaran umpan balik yang melaluinya jalur yang stabil dapat dipertahankan dalam lingkungan yang berubah, merespons gangguan dari angin silang dan pasang surut."

Konsep Utama dan Teori

Buku Wiener meletakkan dasar teoritis untuk berbagai bidang seperti servomekanisme, autopilot, komputasi analog, kecerdasan buatan, ilmu saraf, dan informasi nyata. Konsep utama dunia maya adalah umpan balik, getaran, teknik komputer, dan sistem saraf. Karya Wiener memperkenalkan gagasan bahwa cerita dapat diceritakan apapun bentuk fisiknya.

Pengaruh dan Dampak

Cybernetics telah memiliki dampak signifikan pada berbagai bidang, termasuk teknik elektronika, komputasi, servomekanisme, otomatisasi, telekomunikasi, dan ilmu saraf. Hal ini juga telah mengilhami berbagai buku dan diskusi tentang implikasi teknis, filosofis, dan sosialnya. Istilah "kibernetika" itu sendiri telah menjadi bagian dari wacana publik, dengan referensi dalam bidang seperti pengembangan diri dan gerakan potensi manusia.

Studi Pengendalian dan Komunikasi

Cybernetics mempelajari kontrol dan komunikasi dalam sistem mekanik, fisik, biologis, kognitif dan sosial. Ini termasuk sistem kendali seperti sistem hidrolik, sistem pneumatik, sistem kelistrikan dan sistem kendali komputer. Pengendalian suatu sistem mekanis berarti bahwa sistem tersebut beroperasi secara efisien sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Komunikasi sistem adalah proses pengiriman dan penerimaan informasi antar komponen sistem.

Sistem Biologi dan Kognitif

Cybernetics juga mempelajari sistem biologis dan psikologis seperti sistem saraf, endokrin, dan kekebalan tubuh. Hal ini mencakup pengaturan sistem biologis, seperti pengaturan sistem saraf dan endokrin. Pengendalian kognitif adalah proses mengendalikan pikiran dan sistem perilaku seseorang.

Sistem Sosial dan Ekologi

Cybernetics juga mempelajari sistem sosial dan ekologi seperti sistem sosial manusia, sistem ekologi, dan sistem lingkungan. Hal ini mencakup pengelolaan sistem sosial, seperti pengelolaan sistem politik dan ekonomi. Pengelolaan ekosistem adalah proses pengelolaan ekosistem dan lingkungan.

Teknik dan Teknologi Cybernetics

Teknik dan teknologi cybernetics mencakup pengembangan teknologi cybernetics untuk mengkaji dan mengendalikan sistem. Ini mencakup pengembangan sistem pengendalian, sistem komunikasi, dan sistem sensing. Teknik cybernetics ini digunakan dalam berbagai bidang, seperti sistem aerospace, sistem otomotif, dan sistem industri.

Cybernetics dan Filosofi

Cybernetics juga mempengaruhi filosofi, seperti filosofi sistem, filosofi komputasi, dan filosofi kognitif. Ini mencakup pengkajian filosofi sistem, seperti filosofi pengendalian, filosofi komunikasi, dan filosofi sistem.

Cybernetics dan Psikologi

Cybernetics juga mempengaruhi psikologi, seperti psikologi kognitif, psikologi biologi, dan psikologi sosial. Ini mencakup pengkajian psikologi sistem, seperti psikologi pengendalian, psikologi komunikasi, dan psikologi sistem.

Cybernetics dan Sosioekonomi

Cybernetics juga mempengaruhi sosioekonomi, seperti ekonomi sistem, politik sistem, dan sosiologi sistem. Ini mencakup pengkajian sosioekonomi sistem, seperti pengendalian sistem politik dan sistem ekonomi.Secara ringkas, cybernetics adalah sebuah bidang yang sangat beragam yang telah membantu kami menemukan tentang kontrol dan komunikasi di hewan dan mesin. Dampaknya meluas ke luar fokus awal tentang mekanisme pengendalian sendiri, untuk menggambarkan berbagai bidang dan aplikasi. Sekitar cybernetics akan mungkin tetap menggambarkan kita tentang sistem dan perilaku mereka.

Disadur dari : https://en.wikipedia.org/wiki/Cybernetics