Mengenal Jurusan Teknik Industri dan Manajemen Rekayasa Industri serta Prospek Kerjanya

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

15 Maret 2024, 15.20

(Dok. ITEBA)

Teknik Industri

Sekolah teknik merupakan salah satu karir yang paling banyak diminati karena peluang karir di jurusan ini sangat luas sehingga bisa dibilang menjanjikan. Selain janji masa depan yang cerah, ini adalah departemen yang memungkinkan Anda untuk fokus pada berbagai bidang Kandidat: Manajemen Teknik Industri.

Bagaimana jurusan-jurusan lain berbeda dari Teknik Industri? Institut Teknologi Batam (Iteba), sebuah lembaga pendidikan tinggi yang fokus pada ilmu sains, teknologi, dan desain dan berlokasi di Batam, Kepulauan Riau, memiliki perhatian khusus terhadap peningkatan kualitas dan kapabilitas sumber daya manusia di bidang Sains, Teknologi, Rekayasa, dan Matematika (STEM), membahas perbedaan dan prospek karir yang terkait.

Jurusan Teknik Industri

Teknologi industri atau teknologi industri adalah ilmu yang mempelajari proses-proses industri dengan menggunakan teknologi. Topik pada jurusan ini menekankan pada aspek manajemen industri, sehingga Anda perlu memahami tidak hanya aspek manufaktur tetapi juga sistem manajemen pabrik.

Pada jurusan ini Anda akan mempelajari psikologi industri, analisis biaya dan kesehatan dan keselamatan kerja, serta memperkuat pengetahuan Anda di bidang fisika, kimia, statistika dan matematika. Manajer, Manajer Teknis, Manajer Kesehatan dan Keselamatan.

Manajemen Rekayasa Industri

Manajemen teknik industri merupakan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Ini adalah prinsip utama di mana teknik dan manajemen bekerja sama untuk menciptakan inovasi produk. Proyek besar ini berfokus pada desain dan pelanggan dari awal hingga akhir produksi.

Dalam bidang industri harus ada kerjasama yang memadai antara engineering dan manajemen karena pekerjaan mahasiswa bukan hanya pekerjaan engineer tetapi juga pekerjaan manajer proyek. Melalui proyek penting ini mahasiswa dapat mengambil posisi seperti produksi. analis, manajer produk industri dan manajemen biaya industri.

Perbedaan Teknik Industri dan Manajemen Rekayasa Industri

Pada awalnya, dua jurusan tersebut merupakan satu kesatuan. Namun, sekarang keduanya telah dipisahkan karena pertimbangan kecocokan dengan kebutuhan pelanggan. Meskipun keduanya terkait dengan sistem di lingkungan industri, tetapi pendekatan ilmiah dari Jurusan Manajemen Rekayasa dan Jurusan Teknik Industri sangatlah berbeda.

Jurusan Teknik Industri lebih menekankan pada proses produksi, operasional, dan siklus hidup produk. Secara umum, Teknik Industri mempelajari bagaimana mengelola perusahaan, terutama perusahaan manufaktur. Di sisi lain, Jurusan Manajemen Rekayasa Industri berfokus pada perencanaan sebelum masuk ke dalam sistem industri. Ilmu yang diajarkan dalam jurusan ini lebih cenderung pada riset pasar dan pengembangan produk yang berhubungan dengan kebutuhan konsumen.

Hal itu bertujuan agar produk dapat diterima dengan baik oleh konsumen.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Teknik Industri berfokus pada orientasi produk dan didukung oleh berbagai ilmu lainnya untuk memperluas pemahaman tentang produk tersebut. Sementara itu, Jurusan Manajemen Rekayasa Industri mempelajari hal-hal terkait perencanaan, operasional, dan orientasi terhadap konsumen.

Jika Anda tertarik pada pendidikan yang berfokus pada pengelolaan proses produksi dan siklus hidup produk, maka Jurusan Teknik Industri mungkin menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika Anda lebih tertarik pada aspek perencanaan, operasional, dan kebutuhan konsumen dalam industri, maka Jurusan Manajemen Rekayasa Industri mungkin lebih cocok untuk Anda.

Kampus Iteba memiliki Fakultas Teknologi Industri yang menaungi kedua jurusan tersebut, baik Teknik Industri maupun Manajemen Rekayasa Industri, sehingga Anda memiliki pilihan untuk mengejar minat dan tujuan karier Anda di salah satu dari kedua jurusan tersebut.

Disadur dari : kompas.com