Mengenal Istilah Sistem Berfikir

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

12 Maret 2024, 09.55

Penggambaran pemikiran sistem tentang masyarakat (Wikipedia)

Sistem Berpikir

Berpikir sistem adalah cara memahami kompleksitas dunia secara keseluruhan, bukan membagi hubungan menjadi beberapa bagian. Ini telah digunakan sebagai cara untuk mengubah sistem dengan mengeksplorasi dan mengembangkan praktik yang efektif dalam situasi yang kompleks. Pemikiran sistem mewakili dan berkontribusi pada teori sistem dan ilmu sistem.

Sejarah

Sistem Ptolemeus versus sistem Copernicus

Sistem kata bersifat polisemi. Robert Hooke (1674) menggunakan istilah ini dalam bukunya Sistem Alam Semesta dalam beberapa pengertian, tetapi juga dalam pengertian sistem hubungan Ptolemeus versus Copernicus antara bintang-bintang tetap dan planet-planet yang dikelompokkan dengan bintang-bintang Hipparchus dan Ptolemy. daftar Argumen Hooke dijawab dalam risalah resmi Newton (1687) Philosophiæ Naturalis Principia Mathematica, Buku 3, Sistem Dunia (yaitu sistem dunia adalah sistem fisik).

Penggunaan Newton dalam sistem dinamik Pendekatan ini berlanjut hingga saat ini. Sederhananya, sistem persamaan Newton mempunyai cara untuk menyelesaikannya.

Sistem kendali umpan balik

Keluaran sistem dapat dikontrol dengan umpan balik.

Pada tahun 1824, siklus Carnot menimbulkan tantangan teknik: bagaimana mempertahankan suhu operasi fluida panas dan dingin di pabrik fisik. Pada tahun 1868, James Clerk Maxwell mengusulkan kerangka kerja dan solusi kecil untuk masalah pengendalian laju fisik rotasi produk. Solusi Maxwell mencerminkan argumen James Watt (1784) (diwakili oleh elemen Q) untuk mempertahankan (tetapi tidak mendorong) tingkat pertumbuhan fisik yang konstan (yaitu, Q dalam regulator seperti yang didefinisikan oleh Maxwell, tetapi gubernur tidak menentukannya).

Metode Maxwell untuk linierisasi persamaan gerak sistem menghasilkan metode penyelesaian yang mudah digunakan. Norbert Wiener mencatat bahwa pendekatan ini mempengaruhi penelitian Internet selama Perang Dunia II, dan Wiener juga menyarankan agar beberapa sistem kecil yang sedang diselidiki dianggap sebagai kotak hitam. Topik penelitiannya adalah metode penyelesaian sistem persamaan seperti sistem kendali umpan balik, teori stabilitas, masalah deterministik, algoritma integrasi, pengambilan keputusan, dll.

Aplikasi

Jadi bagaimana kita dapat mengubah struktur sistem kita untuk menghasilkan lebih banyak hal yang kita inginkan dan lebih sedikit hal yang tidak kita inginkan? Jay Forrester dari MIT suka mengatakan bahwa manajer menengah dapat menentukan dengan tepat di mana menemukan titik leverage (di mana perubahan kecil dalam sistem menyebabkan perubahan besar dalam perilaku) (Meadows, 2008, hal. 145).

Karakteristik

Apa yang dimaksud dengan sistem? Sistem adalah kumpulan komponen yang terhubung sedemikian rupa sehingga menciptakan pola perilaku unik sepanjang waktu. Respons sistem terhadap kekuatan-kekuatan ini merupakan karakteristik dari sistem itu sendiri, dan respons-respons ini bersifat kompleks di dunia nyata (Meadows, 2008).

Subsistem berfungsi sebagai bagian dari suatu sistem yang lebih besar, namun masing-masing subsistem merupakan suatu sistem yang berdiri sendiri. Setiap properti dapat didefinisikan sebagai properti yang mengikuti aturannya sendiri. Misalnya, sistem universal Newton, di mana semua planet, bintang, dan satelit dianggap sebagai sistem dinamis, sangat matematis, seperti yang ditunjukkan oleh persamaan orbit Mars karya Johannes Kepler (1619) sebelum diterbitkannya Principia of Newton. pada tahun 1687.

Kotak hitam adalah sistem kecil yang dapat menampilkan perilaku berdasarkan masukan dan keluarannya tanpa memperhatikan detailnya. Meskipun keduanya merupakan struktur dan ide sistem yang berbeda, interaktif dan terpisah, namun keduanya dapat didefinisikan sebagai satu kesatuan. Sepanjang sejarah telah dirayakan di berbagai daerah. Sistem politik telah dikenal sejak ribuan tahun sebelum Masehi, dan sistem biologis telah dikenal sejak zaman Aristoteles. Sistem ekonomi mulai dikenal pada tahun 1776, dan sistem sosial mulai mendapat perhatian pada abad ke-19 dan ke-20 Masehi.

Sistem radar adalah jenis sistem kecil yang dikembangkan selama Perang Dunia II untuk mencegah serangan udara. Aleksandr Lyapunov memperkenalkan sistem dinamik persamaan diferensial biasa pada tahun 1892 untuk mendemonstrasikan perilaku keadaan tunak dan kendali Lyapunov. Sistem termodinamika telah dibahas sejak tahun 1800an, dan Ilya Prigogine (1980) menemukan bahwa sistem yang jauh dari kesetimbangan dapat menunjukkan kondisi tunak. Pekerjaan setelah pekerjaan Lyapunov dikonfirmasi.

Sistem kehidupan bersifat dinamis dan jauh dari keseimbangan. Pada tahun 1849, istilah ini disamakan dengan keseimbangan sistem kehidupan, dan istilah ini diciptakan pada tahun 1926. Sistem yang kuat dapat mengatur dirinya sendiri melalui pengendalian adaptif.

Disadur dari : https://en.wikipedia.org/wiki/Systems_thinking