Mengenal Istilah Rekayasa kendali

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

13 Maret 2024, 09.16

Sistem kendali memainkan peran penting dalam penerbangan luar angkasa (wikipedia)

Rekayasa kendali

Rekayasa kendali atau sistem kendali adalah bidang teknik yang berhubungan dengan sistem kendali, menggunakan teori kendali untuk merancang perangkat dan sistem yang memerlukan perilaku dalam lingkungan yang terkendali. Bidang manajemen tumpang tindih dan diajarkan bersama teknik elektro dan teknik mesin di banyak institusi di seluruh dunia.

Di lab ini, Anda akan menggunakan sensor dan monitor untuk mengukur kinerja keluaran dari proses operasi. Pengukuran ini digunakan untuk memberikan umpan balik korektif guna membantu mengambil tindakan yang diperlukan. Sistem yang dirancang untuk beroperasi tanpa campur tangan manusia disebut sistem kendali otonom (seperti kendali jelajah yang mengontrol kecepatan mobil). Multidisiplin, rekayasa sistem kendali berfokus pada implementasi sistem kendali yang berasal dari pemodelan matematika berbagai sistem.
Gambaran Umum

Sistem kendali otomatis dikembangkan lebih dari 2000 tahun yang lalu. Pemikiran pertama adalah jam air kuno Ctesibius di Alexandria, Mesir, sekitar abad ke-3 SM. Ia menjaga waktu dengan mengontrol aliran air dari mangkuk dengan mengatur ketinggian air di dalamnya. Ini adalah perangkat yang sukses, karena jam air dengan model yang sama masih dibuat di Bagdad ketika bangsa Mongol mengambil alih kota tersebut pada tahun 1258. Selama berabad-abad, berbagai perangkat otomatis digunakan untuk melakukan pekerjaan yang berguna atau sekadar untuk bersenang-senang. Inilah robot yang populer di Eropa pada abad ke-17 dan ke-18, yang menampilkan tokoh-tokoh tari yang melakukan aksi yang sama berulang kali. Automata ini adalah contoh kontrol loop terbuka. Tonggak utama antara umpan balik otomatis dan perangkat kontrol "loop tertutup" adalah pemanas tungku yang ditemukan oleh Drebbel sekitar tahun 1620 dan pengontrol bola sentrifugal yang digunakan oleh James Watt pada tahun 1788 untuk mengatur kecepatan mesin uap.

Dalam makalahnya “On Governors” pada tahun 1868, James Clerk Maxwell menggunakan persamaan diferensial untuk mendeskripsikan sistem kendali dan mampu menjelaskan ketidakpastian yang ditunjukkan oleh fly ball gubernur. Hal ini menunjukkan pentingnya dan kegunaan model dan metode matematika untuk memahami fenomena kompleks dan menandai dimulainya teori kontrol dan sistem matematika. Aspek teori manajemen sudah ada sebelumnya, namun tidak sekonsisten dan meyakinkan seperti analisis Maxwell.

Teori manajemen berkembang secara signifikan pada abad berikutnya. Teknik matematika baru dan kemajuan teknologi elektronik dan komputer telah memungkinkan pengendalian sistem dinamis jauh lebih kompleks daripada pengontrol bola terbang. Metode matematika modern mencakup pengembangan kendali optimal pada tahun 1950an dan 1960an, diikuti oleh kemajuan dalam metode kendali stokastik, kuat, adaptif, dan nonlinier pada tahun 1970an dan 1980an. Penggunaan metode kendali membantu mengaktifkan komunikasi dan membuat perjalanan ruang angkasa lebih aman dan lebih banyak lagi. efisien. pesawat terbang, mesin mobil yang lebih bersih, dan proses kimia yang lebih baik.

Sebelum muncul sebagai mahasiswa sains yang unik, teknik kendali dipraktikkan sebagai bagian dari teknik mesin dan teori kendali dipelajari sebagai bagian dari teknik elektro. Hal ini dikarenakan arus listrik dapat dengan mudah dijelaskan dengan menggunakan metode teori kendali. Pada sambungan kendali pertama, keluaran arus dinyatakan sebagai masukan kendali tegangan. Namun, teknologi tersebut tidak cukup untuk menerapkan sistem kendali elektronik, yang memaksa para perancang untuk memilih sistem mekanis yang kurang efisien dan merespons lebih lambat. Regulator mekanis paling efektif yang banyak digunakan di beberapa pembangkit listrik adalah gubernur. Kemudian, sebelum elektronik modern, insinyur mesin mengembangkan sistem kendali proses untuk aplikasi industri menggunakan perangkat kendali pneumatik dan hidrolik, yang banyak di antaranya masih digunakan sampai sekarang.

Disadur dari : https://en.wikipedia.org/wiki/Control_engineering