Mengenal Istilah ISO 9000

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

22 Februari 2024, 08.50

Gambar : D'Consulting Business Consultant

ISO 9000

ISO 9000 adalah seperangkat standar yang mengatur sistem manajemen mutu (QMS). Standar ini pertama kali dikeluarkan pada tahun 1987 oleh Komite Teknis 176 Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO/TC), sebuah organisasi internasional yang bertanggung jawab di bidang standardisasi. ISO 9000 diatur oleh ISO/TC 176, yang bertanggung jawab untuk menetapkan standar dalam sistem manajemen mutu. Perusahaan melakukan siklus peninjauan setiap lima tahun untuk memastikan bahwa standar ISO 9000 diterapkan dan dipelihara dengan benar. Proses revisi dilakukan pada tahun 1994 dan 2000 untuk memperbarui standar ISO 9000 sesuai dengan perkembangan terkini metode manajemen mutu.

Pertama, keberhasilan suatu perusahaan dapat diukur dengan memiliki seperangkat nilai yang mencakup seluruh aspek penting dalam operasinya. Berdasarkan kerangka organisasi ini, perusahaan dapat memastikan bahwa seluruh bagian dan fungsi bisnis mereka terorganisir, memberikan landasan yang kuat untuk efisiensi dan konsistensi. Inspeksi yang cermat memungkinkan perusahaan untuk memastikan bahwa sistem mereka dapat menghasilkan produk berkualitas tinggi. Hal ini mencakup pemantauan setiap tahapan produksi untuk mengidentifikasi potensi masalah atau cacat sehingga dapat diperbaiki dengan cepat dan akurat.

Menjaga keakuratan data dan laporan merupakan bagian penting dalam manajemen bisnis. Dengan menyimpan catatan yang jelas dan terstruktur, perusahaan dapat dengan mudah mengakses informasi penting yang dapat digunakan untuk evaluasi kinerja, analisis tren, dan pengambilan keputusan strategis. Selain itu, data yang tersimpan dengan baik akan menjadi dasar pembaruan proses dan peningkatan kualitas berkelanjutan.

Sebagai langkah terakhir, pemeriksaan menyeluruh terhadap bahan konstruksi sangat penting untuk memastikan bahwa pelanggan. Pemeriksaan ini dapat mengidentifikasi peralatan yang rusak dan memperbaikinya dengan pekerjaan perbaikan yang sesuai. Selain itu, senantiasa mengevaluasi efektivitas setiap kegiatan dan sistem mutu sebagai metode kerja untuk memastikan perusahaan tetap berada pada jalur yang benar dan siap menghadapi perubahan dan tantangan..

Sebuah perusahaan atau organisasi yang telah diaudit dan disertifikasi sebagai perusahaan yang memenuhi syarat-syarat dalam ISO 9001 berhak mencantumkan label "ISO 9001 Certified" atau "ISO 9001 Registered".Sertifikasi terhadap salah satu ISO 9000 standar tidak menjamin kualitas dari barang dan jasa yang dihasilkan. Sertifikasi hanya menyatakan bahwa bisnis proses yang berkualitas dan konsisten dilaksanakan di perusahaan atau organisasi tersebut.Walaupan standar-standar ini pada mulanya untuk pabrik-pabrik, saat ini mereka telah diaplikasikan ke berbagai perusahaan dan organisasi, termasuk perguruan tinggi dan universitas..

Kumpulan Standar dalam ISO 9000

ISO 9000 - Sistem manajemen mutu - Definisi dan terminologi: mencakup konsep sistem manajemen mutu dan istilah umum sistem manajemen mutu (QMS).

ISO 9001 - Sistem manajemen mutu - Persyaratan: digunakan oleh organisasi yang mendesain. itu , membuat, memproduksi, memasang dan/atau memberikan jasa atau memberikan jasa. Standar ini adalah daftar persyaratan yang harus dipenuhi organisasi untuk menyediakan barang dan jasa yang memenuhi kebutuhan pelanggan. Hanya penerapan standar ini yang dapat disertifikasi oleh pihak ketiga.

ISO 9004 - Manajemen mutu - Pedoman peningkatan kinerja: berfokus pada peningkatan sistem berkelanjutan. Bagian ini memberikan beberapa gagasan tentang apa yang dapat dilakukan untuk mengembangkan sistem yang telah ada sejak lama. Standar ini bukan merupakan pedoman penerapan dan dimaksudkan untuk memberikan informasi saja..

Masih banyak standar lain dalam koleksi ISO 9000, banyak di antaranya tidak menyebutkan nomor “ISO 900x” sebelumnya. Beberapa standar dalam domain ISO 10000 masih dianggap sebagai bagian dari paket ISO 9000. Misalnya, ISO 10007:1995 berkaitan dengan manajemen konfigurasi, yang merupakan salah satu elemen sistem manajemen di sebagian besar organisasi.

ISO menyatakan bahwa "ada banyak masalah sertifikasi yang menyembunyikan fakta. Ada banyak masalah dalam rangkaian standar ISO 9000. Organisasi dapat memperoleh semua manfaat jika standar baru ini diintegrasikan dengan standar lain untuk menerapkan seluruh aspek ISO 9000.Sebagai catatan, ISO 9001, ISO 9002, dan ISO 9003 setara dengan ISO 9001. Kebanyakan organisasi yang menyatakan "ISO 9000 Terdaftar" mengacu pada ISO 9001.

Sumber Artikel: id.wikipedia.org