Mengenal Istilah Higiene industri

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

27 Februari 2024, 11.13

Gambar: Wikipedia

Higiene industri

Kebersihan industri, juga dikenal sebagai kebersihan kerja atau kebersihan kerja, adalah pendekatan komprehensif terhadap manajemen risiko di tempat kerja. Kegiatan tersebut mencakup antisipasi, pengenalan, penilaian, pengelolaan dan identifikasi pekerja untuk melindungi mereka dari bahaya yang dapat mengakibatkan cedera, kematian atau kerusakan serius pada kehidupan mereka. Bahaya ini dapat dikelompokkan ke dalam banyak kategori, termasuk biologis, kimia, fisik, ergonomis, dan psikososial, dan memerlukan pengetahuan dan pendekatan khusus dalam manajemen risiko.

Masalah kesehatan terkait dengan dampak masalah terhadap seseorang. , dapat dicari dengan mengalikan grupnya. Paparan stres tertentu. Dalam konteks bahan kimia, ahli kesehatan industri dan ahli toksikologi bekerja sama untuk memahami risiko dan merancang respons dosis berdasarkan studi atau model toksikologi.

Memahami bahaya fisik memerlukan kolaborasi dengan fisikawan, sedangkan memahami bahaya biologis memerlukan keterlibatan ahli mikrobiologi dan dokter. Hal ini menunjukkan bahwa ahli kesehatan industri memiliki banyak cara untuk menganalisis dan mengendalikan bahaya di tempat kerja.dan manajemen risiko.

Tergantung pada jenis pekerjaan yang mereka lakukan, mereka menggunakan pengetahuan ini untuk melindungi karyawan, pelanggan, dan masyarakat. Kesehatan dan keselamatan kerja (K3) erat kaitannya dengan higiene industri, dan bidang ini juga berperan penting dalam bidang kedokteran preventif dan kerja.

Kebersihan kerja juga berfokus pada pencegahan selama jam kerja yang panjang. Menurut penelitian PBB, sekitar 745.000 kematian terkait pekerjaan terjadi di seluruh dunia setiap tahunnya akibat kematian terkait pekerjaan tersebut. Menyadari risiko-risiko ini menyoroti pentingnya menerapkan praktik kebersihan industri untuk melindungi kesehatan pekerja dan meminimalkan dampak buruk. Oleh karena itu, higiene industri tidak hanya penting, tetapi juga penting untuk mencapai lingkungan kerja yang aman dan sehat.

Disadur dari id.wikipedia.org