Mengenal Istilah dari Biodiesel

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

20 Maret 2024, 19.33

Bus yang menggunakan biodiesel kedelai (Wikipedia)

Biodiesel

Biodiesel adalah bahan bakar yang terdiri dari campuran ester monoalkil asam lemak rantai panjang, yang digunakan sebagai pengganti oli mesin diesel dan dibuat dari sumber daya terbarukan seperti minyak nabati atau lemak hewani.

Proses transfer lipid adalah sebuah proses yang mengubah minyak dasar menjadi yang diinginkan. Ini digunakan untuk mengkonversi menjadi ester dan menghilangkan asam lemak bebas. Melalui proses ini, biodiesel memiliki sifat pembakaran yang sama dengan solar, tidak seperti minyak nabati pada umumnya, sehingga dapat tersubstitusi. Namun, bahan ini paling sering digunakan sebagai bahan tambahan pada bahan bakar diesel untuk meningkatkan bahan bakar diesel yang murni, sangat murni, dan rendah sulfur.

Biodiesel adalah kandidat terbaik untuk menggantikannya. Bahan bakar fosil, sumber transportasi utama di dunia. Hal ini karena biodiesel merupakan bahan bakar terbarukan yang menggantikan bensin diesel pada mesin saat ini dan dapat diangkut dan dijual menggunakan infrastruktur yang ada.

Penggunaan dan produksi biomassa meningkat pesat, terutama di Eropa, Amerika Serikat dan Asia, namun biomassa masih hanya merupakan bagian kecil dari penjualan bahan bakar. Pertumbuhan SPBU menyebabkan peningkatan pasokan biodiesel ke konsumen dan peningkatan jumlah kendaraan berbahan bakar biodiesel.

Membuat biodiesel

Dalam skala kecil, Anda bisa melakukannya dengan menggunakan satu liter minyak goreng segar atau bekas. Untuk minyak gorengnya membutuhkan 200 ml dan 0,2 liter metanol dan 3,5 g soda api atau NaOH. Jika minyak yang digunakan, dibutuhkan lebih dari 4,5 g. Kelebihan ini diperlukan untuk menetralkan asam lemak bebas atau FFA yang terdapat dalam jumlah besar dalam minyak goreng. Anda juga bisa menggunakan KOH, namun harganya lebih mahal dan membutuhkan 1,4 kali lebih banyak dibandingkan soda. proses produksi; Larutkan soda dalam metanol, tambahkan ke minyak yang dipanaskan hingga 55°C, aduk cepat selama 15 hingga 20 menit, dan dinginkan semalaman. Kemudian biodiesel berwarna kuning muda di atas dan campuran sabun FFA di bawah, sisa metanol yang belum bereaksi, dan 79 mL gliserin. Biodiesel yang bagian atasnya terdapat cairan berwarna kuning, mudah dipisahkan dengan cara dituang dan dikeluarkan cairan di bawahnya. Produk bagian bawah dapat dimurnikan dalam skala besar untuk mendapatkan gliserin yang berharga serta sabun dan residu metanol yang belum diproses.

Manfaat dan Keunggulan Biodesel

Manfaat

Biodiesel juga memiliki beberapa keuntungan tambahan. Pertama, penggunaannya dapat mengurangi pencemaran lingkungan seperti hidrokarbon yang tidak terbakar, karbon monoksida, sulfur, dan hujan asam. Bahan dasarnya berasal dari minyak goreng bekas, sehingga produksi biodiesel membantu mengurangi beban lingkungan dengan mengolah sampah atau limbah. Selain itu, biodiesel tidak menambah jumlah gas karbon dioksida ke atmosfer, karena bahan bakunya berasal dari tumbuhan atau nabati. Mesin diesel yang menggunakan biodiesel juga menghasilkan energi dengan pembakaran yang lebih sempurna daripada solar, sehingga tidak menghasilkan asap hitam berupa karbon atau CO2 seperti mesin yang menggunakan solar. Sebagai tambahan, biodiesel memiliki aroma khas yang mirip dengan minyak bekas dalam penggorengan makanan, memberikan pengalaman yang berbeda dalam penggunaannya.

Keunggulan dan Kekurangan

Biodiesel memiliki beberapa keunggulan yang signifikan. Pertama, penggunaan biodiesel dapat mengurangi emisi karbon monoksida dan SO2, yang merupakan pencemar udara berbahaya. Selain itu, bahan baku biodiesel tidak hanya berasal dari lemak hewan atau tanaman jarak pagar, tetapi juga dapat dihasilkan dari limbah penggorengan, memungkinkan produksi dalam skala kecil hingga menengah dan menciptakan peluang kerja baru. Selain itu, biodiesel aman disimpan dan diangkut karena tidak mengandung zat beracun, dan tidak memerlukan teknologi tinggi dalam proses pembuatannya. Limbah yang dihasilkan dari produksi biodiesel berupa gliserin, yang dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan sabun, sehingga membantu mengurangi polusi dan memberikan manfaat tambahan. Namun, biodiesel juga memiliki beberapa kelemahan. Beberapa mesin diesel modern, seperti yang digunakan oleh BMW dan Mercedes-Benz, mungkin tidak cocok untuk penggunaan biodiesel. Mereka hanya merekomendasikan penggunaan jenis bahan bakar tertentu seperti Dex, Shell Diesel, dan solar berkualitas tinggi lainnya.

Disadur dari: https://id.wikipedia.org/wiki/Biodiesel