Mengenal Gambaran Umum, Pengertian dan Sejarah Pemodelan Sistem

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

13 Maret 2024, 09.58

Contoh model fungsi IDEF0 (Wikipedia)

Pemodelan Sistem

Pemodelan sistem, atau pemodelan sistem, adalah studi interdisipliner tentang penggunaan model untuk mengkonsep dan merancang sistem dalam pengembangan bisnis dan teknologi informasi. Jenis pemodelan sistem yang umum mencakup pemodelan fungsional menggunakan metode seperti diagram blok alur kerja dan IDEF0. Model-model ini dapat diperluas dengan optimasi fungsional dan dihubungkan dengan model persyaratan untuk partisi sistem lebih lanjut. Selain pemodelan fungsional, ada jenis pemodelan sistem lain yang disebut pemodelan arsitektur. Pemodelan arsitektur menggunakan arsitektur sistem untuk secara konseptual memodelkan struktur, perilaku, dan aspek lain dari suatu sistem. Dapat dikatakan sebagai bahasa pemodelan sistem untuk proses bisnis dalam alur kerja.

Gambaran Umum

Dalam pengembangan bisnis dan teknologi informasi (TI), istilah “pemodelan sistem” memiliki banyak arti. Hal ini mencakup penggunaan model untuk membuat konsep dan merancang sistem, penelitian interdisipliner mengenai penggunaan model ini, dan praktik pemodelan, analisis, dan desain sistem. Pemodelan sistem, seperti dinamika sistem, juga melibatkan pemodelan dan simulasi serta penggunaan bahasa pemodelan sistem tertentu. Pemodelan sistem muncul sebagai bidang akademis dan pengembangan teori sistem dan ilmu sistem.

Pemodelan sistem, suatu jenis pemodelan, didasarkan pada pemikiran sistem dan pendekatan sistem. Dalam konteks bisnis dan sistem TI, pendekatan ini berbeda dengan pendekatan lain seperti pemodelan pelanggan, pemodelan data, dan pemodelan matematika.

Dalam "Metodologi untuk Menciptakan Pengetahuan Bisnis" (1997), Arbnor dan Bjerke mendefinisikan pendekatan sistem (pemodelan sistem) sebagai salah satu dari tiga pendekatan metodologis untuk perolehan pengetahuan bisnis, bersama dengan pendekatan analitis dan pendekatan aktor.

Sejarah

Model yang efektif dimulai pada tahun 1950-an, menyusul berkembangnya berbagai bagan organisasi sepanjang abad ke 20. Bagan Gantt pertama kali dibuat oleh Karol Adamiecki pada tahun 1896, namun bagan organisasi ini lebih dikenal dengan nama Henry Gantt yang mempopulerkannya pada tahun 1896. West antara tahun 1910 dan 1915. Salah satu contoh yang paling jelas adalah Diagram Blok Aliran Fungsional (FFBD), yang dikembangkan oleh TRW Incorporated pada tahun 1950an dan kemudian digunakan oleh NASA pada tahun 1960an untuk memvisualisasikan urutan peristiwa yang terjadi di ruang sistem. dan dalam penerbangan. misi Pola-pola ini penting dalam rekayasa sistem klasik untuk mewakili urutan implementasi fungsi sistem.

Dalam pemodelan sistem informasi, Young dan Kent melakukan pekerjaan perintis pada tahun 1958. Mereka mencoba mencapai cara yang lebih akurat dan nyaman untuk menentukan informasi dan karakteristik waktu masalah pemrosesan data dan pembuatan indikator yang dapat digunakan oleh analis. . Memecahkan masalah yang berkaitan dengan berbagai perangkat keras. . Karyanya berfokus pada analisis sistem tertentu, tetapi juga pada pembuatan poin spesifik dan basis berbeda untuk merancang implementasi lain menggunakan komponen perangkat keras yang berbeda.

Langkah selanjutnya dalam pemodelan komputer diambil oleh CODASYL, sebuah kelompok komputer yang didirikan pada tahun 1959. Mereka bertujuan untuk mengembangkan "struktur yang cocok untuk bahasa pemecahan masalah khusus mesin pada tingkat sistem pemrosesan data." Hal ini menyebabkan pengembangan indeks informasi sistem spesifik.

Disadur dari : https://en.wikipedia.org/wiki/Systems_modeling