Mengenal Daerah Daerah Bencana

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

04 Maret 2024, 10.01

Hovercraft mengantarkan bantuan ke Meulaboh , di pulau Sumatra di Indonesia , setelah tsunami tahun 2004 (Wikipedia)

Daerah Bencana

Zona bencana adalah suatu wilayah atau kawasan yang mengalami kerusakan akibat bencana alam, teknologi, atau sosial. Daerah yang terkena dampak bencana mempengaruhi penduduk yang tinggal di komunitasnya karena kenaikan biaya yang cepat, hilangnya energi, makanan dan layanan. Terakhir, risiko penyakit meningkat di kalangan penduduk. Ini adalah bidang-bidang yang membuka peluang bagi dukungan nasional atau internasional terhadap daerah-daerah yang terkena dampak bencana alam, teknologi atau sosial.

Contoh daerah bencana modern

Contoh bencana teknologi adalah bencana Fukushima yang disebabkan oleh "gempa berkekuatan 8,9 skala richter yang melanda timur laut Jepang". Gempa tersebut menyebabkan ledakan hidrogen di pembangkit listrik. Lima reaktor hancur dan pembangkit listrik ditunda. Semua ini terjadi karena kegagalan teknis pada sistem yang menyebabkan pemadaman listrik secara darurat dan darurat, karena kelima reaktor kehilangan energi pemanas, hidrogen di atapnya dan meledak. Peristiwa nuklir besar ini berdampak kecil terhadap kesehatan masyarakat karena dampak nuklir lokal. Polusi membuat sulit untuk mengkonsumsi produk-produk seperti susu, air atau sayuran, namun peningkatan angka kanker dianggap terlalu kecil untuk dideteksi. Oleh karena itu, tidak semua bahan pangan yang tumbuh di kawasan itu akan dijual. Warga dilarikan ke rumah sakit, hanya 1 hingga 3 orang yang mengalami kerusakan akibat radiasi. “Pemerintah Jepang menangani situasi ini dengan cara terbaik dan menakjubkan yang bisa dibayangkan.”

Contoh lokasi bencana akibat bencana alam adalah Badai Sandy yang terjadi pada tanggal 27 Oktober 2012. Ini merupakan badai terkuat yang melanda Amerika Serikat dalam beberapa dekade. Sekitar 50 orang tewas dalam badai tersebut, banyak yang terluka akibat pohon tumbang. New York adalah negara bagian yang paling terkena dampaknya, menyebabkan jutaan orang kehilangan aliran listrik dan beberapa lainnya kehilangan tempat tinggal.

Peristiwa krisis sosial yang paling parah adalah serangan teroris yang terjadi di New York City pada 11 September 2001. Dua pesawat menabrak Menara Kembar dan jatuh, menewaskan banyak orang saat beraksi. Serangan mendadak tersebut menewaskan banyak orang dan menimbulkan dampak buruk di Kota New York.

Melbourne, Australia, ditetapkan sebagai daerah bencana oleh Perdana Menteri Victoria pada 2 Agustus 2020, menyusul peningkatan tajam kasus COVID-19 yang tidak diketahui penyebabnya. Pada tanggal 5 Agustus 2020, Dewan Militer Lebanon mengumumkan keadaan darurat di Beirut menyusul ledakan mematikan di pelabuhan.

Disadur dari : https://en.wikipedia.org/wiki/Disaster_area#Technological_hazards