Mengenal Bahaya - Bahaya Mekanikal

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

01 Maret 2024, 09.23

Mechanical Hazard Symbol (Wikipedia)

Bahaya Mekanikal

Bahaya mekanis adalah ancaman yang berkaitan dengan mesin dan proses industri. Mobil, pesawat terbang, dan helikopter termasuk dalam kategori bahaya mekanis. Udara atau air bertekanan tinggi dianggap sebagai bahaya mekanis. Identifikasi risiko untuk mesin atau proses industri baru terjadi pada berbagai tahap desain mesin atau proses baru. Kajian identifikasi bahaya ini lebih berfokus pada penyimpangan dari tujuan penggunaan atau desain serta bahaya yang diakibatkan oleh penyimpangan tersebut. Badan pengatur seperti Administrasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Dewan Keselamatan Transportasi Nasional mengawasi studi identifikasi bahaya ini.

Pentingnya studi identifikasi bahaya tidak hanya berlaku pada mesin dan proses industri, tetapi juga pada mobil. Kendaraan bermotor merupakan sumber penting terjadinya kecelakaan mekanis, sehingga dilakukan studi identifikasi bahaya untuk mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas. Peran badan pengatur seperti OSHA dan NHTSA dalam mengawasi dan melakukan studi ini akan melindungi pekerja dan masyarakat dari kecelakaan mekanis.

Untuk mesin industri perhatian diberikan pada perbedaan aplikasi atau desain. Dengan berfokus pada tahap desain mesin atau proses industri baru, kecelakaan mesin dapat dikenali dan diperbaiki sejak dini. Tindakan ini penting untuk mencegah kecelakaan dan cedera akibat penggunaan mesin dan metode yang tidak memenuhi standar keselamatan yang ditetapkan.

Kecelakaan mekanis timbul dari berbagai sumber, namun peraturan yang ditetapkan oleh badan pengatur memainkan peran penting dalam menentukan standar keselamatan. Misalnya, OSHA dan NHTSA bertanggung jawab untuk memastikan bahwa perusahaan dan produsen memenuhi standar keselamatan yang ditetapkan untuk mencegah kecelakaan mesin yang dapat berdampak pada pekerja dan masyarakat.

Identifikasi risiko mekanis adalah tanggung jawab perusahaan dan produsen, serta manajer. Hal ini memberikan peluang penting untuk memasukkan studi risiko dari tahap awal desain mesin atau proses baru. Partisipasi dalam proses ini akan membantu memastikan bahwa produk memenuhi standar keamanan yang diperlukan.

Perhatian terus-menerus terhadap kecelakaan mekanis dan penerapan tindakan pencegahan penting untuk meningkatkan keselamatan lingkungan kerja dan masyarakat. Kerja sama antara pengelola, perusahaan dan produsen diharapkan dapat mengurangi risiko kecelakaan mekanis untuk melindungi keselamatan pekerja dan masyarakat.

Disadur dari : https://en.wikipedia.org/wiki/Mechanical_hazard