Mengenal Bahaya - Bahaya Antropogenik Part 2

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

04 Maret 2024, 09.57

Gambar: India Today

Bahaya antropogenik

Bencana akibat ulah manusia adalah suatu resiko atau kecelakaan yang disebabkan oleh perbuatan atau kelalaian manusia. Bencana ini merupakan variasi dari bencana alam. Bencana akibat ulah manusia dapat menimbulkan dampak negatif terhadap manusia, organisme lain, organisme, dan ekosistem. Frekuensi dan tingkat keparahan bahaya merupakan komponen kunci dari setiap metode analisis risiko. Risiko juga dapat digambarkan berdasarkan dampaknya. Akan berbahaya jika ada cara untuk membuktikannya. Misalnya, kerak bumi mencair pada suhu yang sangat tinggi, sehingga menimbulkan bahaya besar jika bertabrakan dengan inti bumi. Namun, saat ini inti bumi tidak mengalami kerusakan karena tidak ada cara untuk menghubungi permukaan bumi.

Bahaya Sosial Manusia

Beberapa permasalahan sosial muncul karena kelambanan masyarakat, kurangnya perhatian terhadap permasalahan, kurangnya kewaspadaan dan kurangnya kepedulian. Tidak semuanya berada dalam kendali masyarakat, namun tindakan perdata atau pidana yang dilakukan oleh individu atau kelompok dapat dihindari dengan melakukan tindakan pencegahan yang tepat untuk mencegah cedera atau kematian. Misalnya, melaporkan situasi berbahaya, perilaku mencurigakan, atau niat kriminal kepada polisi atau pihak berwenang.

  • Kriminalitas
    • Setiap tindakan yang menyebabkan cedera atau kematian pada orang lain dianggap sebagai kejahatan dan pelanggaran hukum, dapat dihukum oleh penegak hukum, seperti penjara, denda, dan kematian. Memahami apa yang mendorong seseorang untuk menyakiti orang lain telah menjadi subyek banyak penelitian di banyak negara berkembang. Pengurangan risiko kejahatan sangat bervariasi dari waktu ke waktu dan tempat, serta melibatkan banyak bidang dan periode.
  • Kekacauan sipil
    • Pembunuhan tidak disengaja adalah istilah umum yang digunakan oleh penegak hukum untuk menggambarkan jenis kejahatan yang sering kali melibatkan banyak orang dengan penyebab yang sama. Kerusuhan sipil disebabkan oleh banyak hal, antara lain tingginya angka kriminalitas, masalah sosial ekonomi (pengangguran, kemiskinan), kebencian antar ras dan kelompok etnis, serta permusuhan terhadap pelanggaran hukum dan ketertiban. Contoh kerusuhan dan kerusuhan sipil yang terkenal adalah kerusuhan pajak pemungutan suara tahun 1990 di Inggris. kerusuhan Los Angeles tahun 1992 yang menewaskan 53 orang; kerusuhan Yunani tahun 2008 yang meletus setelah polisi menembak mati seorang anak laki-laki berusia 15 tahun; Dan pada tahun 2010, 91 orang tewas dalam protes politik Thailand di Bangkok. Tindakan-tindakan tersebut hanya merugikan mereka yang terlibat secara langsung, mereka yang mengatur gangguan, mereka yang lewat, atau para pedagang.
  • Terorisme
    • Definisi terorisme yang luas adalah penggunaan atau ancaman kekerasan untuk tujuan menciptakan ketakutan guna mencapai tujuan politik, agama, atau ideologi. Sasaran kegiatan teroris adalah semua orang, termasuk warga negara, pejabat pemerintah, tentara, aparat penegak hukum, pemadam kebakaran, dan pihak lain yang melayani kepentingan pemerintah.
  • Perang
    • Perang adalah konflik antar kelompok yang relatif besar yang melibatkan kekuatan fisik akibat penggunaan senjata. Perang telah menghancurkan seluruh budaya, bangsa, dan perekonomian serta membawa penderitaan besar bagi umat manusia. Istilah lain untuk perang mungkin termasuk konflik bersenjata, agresi, dan kepolisian. Aktivitas masa perang tidak termasuk dalam kontrak asuransi dan terkadang rencana kecelakaan.
    Bahaya industrial
    • Kecelakaan industri yang mengakibatkan pelepasan zat berbahaya seringkali terjadi dalam konteks komersial, seperti kecelakaan pertambangan. Hal ini sering kali berdampak pada lingkungan, namun juga berdampak pada orang-orang yang tinggal di sekitarnya. Misalnya, tragedi Bhopal dimana metil isosianat dilepaskan ke lingkungan berdampak pada banyak orang. Bencana ini mungkin merupakan kecelakaan industri terburuk di dunia hingga saat ini.

Disadur dari : https://id.wikipedia.org/wiki/Bahaya_antropogenik