Mengenal Badan Pengetahuan Rekayasa Sistem

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

14 Maret 2024, 05.53

www.iise.org

Badan Pengetahuan Rekayasa Sistem

Badan Pengetahuan Rekayasa Sistem (SEBoK), yang secara resmi dikenal sebagai Panduan Badan Pengetahuan Rekayasa Sistem, adalah kumpulan mingguan sumber pengetahuan utama dan bahan referensi untuk bidang rekayasa sistem. SEBoK adalah minggu yang terstruktur. Artinya, program ini dikelola oleh dewan redaksi dan diperbarui secara berkala. Minggu ini adalah hasil kolaborasi antara tiga organisasi besar: INCOSE (International Council on Systems Engineering), IEEE Systems Council dan Stevens Institute of Technology. Versi terbaru SEBoK, yaitu versi 2.5, dirilis pada 15 Oktober 2021. Ini adalah sumber daya yang bagus bagi para ahli, peneliti, dan peminat untuk membangun sistem guna mendapatkan informasi paling andal, musim baru di lapangan.

Sejarah

Panduan ini dikembangkan selama tiga tahun dari 2009 hingga 2012 dengan kontribusi dari 70 penulis dari seluruh dunia. Tiga prototipe diproduksi selama periode ini. Draf pertama (v.0.25) diterbitkan untuk ditinjau pada bulan September 2010. Namun, semua versi final diterbitkan secara online dengan izin penulis pada bulan Januari 2011. Transisi ke SEBoK berbasis wiki muncul di v. 0,50.

Versi pertama SEBoK untuk penggunaan umum diterbitkan secara online pada bulan September 2012. Versi pertama dinobatkan sebagai Produk Terbaik tahun 2012 oleh Dewan Teknik Sistem Dunia. Sejak itu, panduan ini telah mengalami beberapa perubahan kecil dan pembaruan, termasuk versi 19 pada November 2018. Versi 1.7, dirilis pada 27 Oktober 2016, menambahkan bagian pendidikan baru tentang Teknologi Medis.

Bidang pengetahuan

Menurut situs webnya, panduan ini berisi 26 bagian akademik di berbagai bidang. Namun, sebagian besar bidang pengetahuan ini dapat dibagi menjadi sembilan bidang pengetahuan umum. Bidang pendidikan umum dan khusus adalah:

Pengetahuan Sains & Teknologi mencakup pengantar proses siklus hidup, model siklus hidup, definisi konsep, dan pengetahuan teknologi domain. Definisi sistem meliputi realisasi sistem, penerapan, dan penggunaan sistem, serta pengetahuan lingkungan operasional.

Disiplin teknik dan pengetahuan khusus mencakup rekayasa sistem dan rekayasa perangkat lunak, manajemen proyek, teknik sistem, serta rekayasa khusus. Pengetahuan sektor & perusahaan terdiri dari rekayasa produk, layanan, dan perusahaan, termasuk sistem-sistem (SoS) dan rekayasa sistem kesehatan.

Pengetahuan manajemen & kepemimpinan mencakup peran bisnis dan perusahaan, pengelolaan tim dan individu, serta manajemen rekayasa sistem dan produk. Bidang pengetahuan pendidikan & pelatihan melibatkan pengetahuan tentang manusia, kompetensi, dan standar rekayasa sistem.

Terakhir, pengetahuan ilmu sosial dan sistem mencakup dasar-dasar sistem, ilmu sistem, sistem berpikir, representasi sistem dengan model, dan pendekatan sistem yang diterapkan pada sistem rekayasa. Dengan demikian, panduan ini mencakup berbagai aspek penting dalam rekayasa sistem, mulai dari aspek teknis hingga manajemen, pendidikan, dan ilmu sosial.

Disadur dari : https://en.wikipedia.org/wiki/Systems_Engineering_Body_of_Knowledge