Mengenal Apa Itu Struktur dalam Berbagai Konteks

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

13 Maret 2024, 10.48

Susunan spiral kuntum kecil berwarna kuning cerah yang membentuk kepala bunga bunga matahari adalah contoh struktur teratur yang menjadi ciri semua organisme. (wikipedia)

Struktur

Struktur, dalam segala konteksnya, merujuk pada susunan yang teratur dan pengorganisasian elemen-elemen yang saling terkait dalam suatu benda atau sistem. Ini bisa berupa struktur material, seperti bangunan atau mesin buatan manusia, atau bahkan organisme biologis, mineral, dan bahan kimia dalam alam. Namun, struktur juga dapat bersifat abstrak, mencakup struktur data dalam ilmu komputer atau bentuk musik. Ada berbagai jenis struktur, mulai dari hierarki yang menunjukkan hubungan satu-ke-banyak, hingga jaringan yang menampilkan banyak-ke-banyak hubungan tautan, atau kisi yang menunjukkan koneksi antara komponen yang berdekatan dalam ruang. Dalam berbagai bentuknya, struktur memberikan kerangka yang penting untuk pemahaman dan organisasi dalam berbagai bidang kehidupan.

Biologis

Dalam bidang biologi, salah satu ciri utama kehidupan adalah tingkat strukturnya yang sangat tertata. Struktur ini ditemukan di berbagai tingkatan, mulai dari sel, jaringan dan organ hingga seluruh organisme. Pada tingkat molekuler, struktur sangatlah penting, terutama untuk makromolekul seperti protein dan asam nukleat. Fungsi molekul-molekul ini sangat dipengaruhi oleh bentuk dan komposisi strukturalnya hingga tingkat yang berbeda-beda. Misalnya, struktur protein memiliki empat tingkatan, dimulai dengan struktur primer, urutan asam amino, dan diakhiri dengan struktur kuaterner, yang menentukan bagaimana unit tersier berkumpul dan berinteraksi. Bidang biologi struktural berfokus pada pemahaman struktur molekul biologis polimer dan pengaruhnya terhadap fungsi biologis.

Kimia

Struktur kimia mengacu pada geometri molekul dan distribusi elektron di dalam molekul. Struktur ini biasanya diwakili oleh berbagai diagram yang dikenal dengan model struktural. Misalnya, struktur Lewis menggunakan simbol titik untuk mewakili elektron valensi atom, yang menentukan peran atom dalam reaksi kimia. Ikatan antar atom dalam suatu atom dapat direpresentasikan dengan garis, dengan satu garis untuk setiap pasangan elektron yang digunakan bersama. Dalam bentuk paling sederhana dari diagram ini, yang disebut model kerangka, hanya ikatan karbon-karbon dan gugus fungsi yang ditampilkan.

Selain itu, molekul kristal memiliki kerangka unit berulang yang disebut sel satuan. Atom dalam kristal dapat dimodelkan sebagai titik-titik dalam berkas, dan simetri kristal dapat dieksplorasi dengan operasi seperti rotasi terhadap suatu titik, refleksi terhadap bidang simetri, dan translasi. Setiap kristal mempunyai kelompok kesimetrian berhingga yang disebut kelompok ruang, menurut hukum Neumann terdapat sekitar 230 kelompok ruang. Simetri kristal ini menentukan sifat fisiknya, termasuk sifat seperti piezoelektrik dan feromagnetisme.

Musikal

Dalam analisis numerik musik, peneliti sering kali terlibat dalam identifikasi dan interpretasi struktur dalam karya musik. Struktur ini dapat ditemukan di berbagai tingkatan, mulai dari unit kecil seperti mobil atau kalimat hingga pekerjaan lengkap atau kelompok pekerjaan. Elemen musik seperti nada, durasi, dan timbre digabungkan menjadi unit yang lebih kecil, seperti akord dan frasa, yang kemudian disusun menjadi struktur yang lebih besar. Meskipun tidak semua musik disusun secara kronologis, pendekatan ini membantu pendengar memahami dan mengingat bagian-bagian musik.

Seperti kosakata, tema dan frasa dapat dibandingkan dengan kata-kata dalam suatu bahasa. Jika digabungkan, tema dan frasa membentuk semua ide musik, seperti halnya frasa atau kalimat dalam bahasa. Misalnya, bentuk musik yang paling umum digunakan antara tahun 1600-an dan 1900-an terdiri dari dua frasa, frasa pertama dan frasa terakhir, yang ditandai dengan perubahan ritme di tengah dan keseluruhan ketukan di bagian terakhir. Pada tingkat yang lebih luas, ada genre gerakan tunggal, seperti genre sonata dan kontrapuntal, dan genre multi-gerakan, seperti simfoni.

Sosial

Struktur sosial mengacu pada pola hubungan yang membentuk organisasi sosial individu dalam berbagai situasi sosial. Dalam masyarakat, struktur sosial mengatur individu melalui pola hubungan tertentu, menciptakan apa yang disebut organisasi sosial. Sosiolog telah mempelajari perubahan struktur kelompok ini dengan mempertimbangkan dua konsep yang bertentangan: struktur dan agensi. Perdebatan mengenai pengaruh struktur dan agensi dalam membentuk perilaku manusia merupakan salah satu tema sentral sosiologi. Dalam konteks ini, agensi mengacu pada kemampuan individu untuk bertindak mandiri dan membuat pilihan bebas, namun struktur berkaitan dengan faktor-faktor seperti kelas sosial, agama, gender, ras, budaya, dan sebagainya. yang membatasi atau mempengaruhi peluang masyarakat.

Data

Dalam ilmu komputer, struktur data adalah cara mengatur informasi sehingga dapat digunakan oleh komputer. Ada dua tipe dasar struktur data: array, di mana objek data dapat diakses secara langsung menggunakan pointer (beberapa bahasa pemrograman memerlukan ukuran array untuk diinisialisasi), dan array tertaut, yang dapat diubah dan diubah, tetapi dengan daftar tertaut. Elemen diakses melalui arahan, sehingga ditautkan dalam urutan tertentu. Dari dua tipe dasar ini, Anda bisa membuat tipe struktur data lainnya, seperti heap, list, tree, dan tabel hash. Saat memecahkan suatu masalah, struktur data seringkali menjadi bagian penting dari suatu algoritma. Dalam pemrograman modern, algoritma dan struktur data sering digabungkan dalam bentuk tipe data abstrak.

Perangkat lunak

Arsitektur perangkat lunak adalah pilihan independen di antara berbagai jenis yang tersedia dalam suatu kerangka kerja. Misalnya, suatu kerangka kerja mungkin memerlukan penggunaan database, dan arsitektur menentukan jenis dan vendor database yang akan digunakan. Di sisi lain, arsitektur komputer mengacu pada pembagian komputer menjadi komponen-komponen yang saling berhubungan. Salah satu tantangan terbesar dalam desain infrastruktur adalah meminimalkan saling ketergantungan antar komponen. Hal ini dapat mengubah satu bagian tanpa mengubah bagian lainnya. Tujuan utama arsitektur ini adalah untuk mengoptimalkan berbagai fitur seperti keterbacaan, pemantauan, isolasi dan integrasi, pemeliharaan, skalabilitas, kinerja dan efisiensi. Fitur arsitektur ini mencerminkan persyaratan aplikasi, seperti kebutuhan akan toleransi kesalahan, yang mungkin memerlukan infrastruktur tambahan agar dapat berfungsi dengan baik. Misalnya, dalam desain pesawat ruang angkasa, pengurangan massa sangat penting untuk memastikan keamanan dan keandalan sistem.

Logis

Logika, salah satu cabang filsafat, berkaitan dengan struktur argumen dan perbedaan antara argumen yang baik dan buruk. Argumen adalah satu atau lebih premis yang menjadi dasar keputusan tertulis. Proses berpikir argumentasi ini dapat diungkapkan secara formal, dan strukturnya dapat dianalisis. Ada dua tipe dasar berpikir: deduktif dan induktif. Dalam pemotongan langsung, keputusan harus diambil dari rumah meskipun rumah tersebut nyata. Pengurangan yang tidak valid mencakup kesalahan dalam analisis. Sebaliknya, argumen induktif menyatakan bahwa jika premis-premisnya benar, kemungkinan besar kesimpulannya juga benar.

Disadur dari : https://en.wikipedia.org/wiki/Structure