Mengenal Apa Itu Stok pengaman

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

08 Maret 2024, 07.05

www.sapexpress.com

Stok pengaman

Safety stock adalah istilah yang digunakan oleh para profesional logistik untuk menggambarkan tingkat persediaan tambahan yang disimpan untuk mengurangi risiko kekurangan persediaan (kekurangan bahan baku atau kemasan) karena ketidakseimbangan antara pasokan dan permintaan. Tingkat keamanan yang memadai memastikan operasional bisnis berjalan sesuai rencana. Stok pengaman dijamin ketika permintaan, pasokan, dan produksi tidak menentu dan bertindak sebagai asuransi untuk permainan.

Safety stock adalah penambahan stok yang ada dalam persediaan untuk mengurangi risiko kehilangan stok. Daftar ini dapat menjadi daftar yang rentan jika penjualan lebih tinggi dari perkiraan atau jika pemasok Anda tidak dapat mengirimkan produk tambahan sesuai perkiraan.

Untuk produk baru, safety stock dapat digunakan sebagai alat strategis hingga perusahaan dapat menilai keakuratan keputusannya setelah beberapa tahun pertama, terutama bila digunakan bersamaan dengan lembar kerja Asset Management Plan (MRP). Semakin sulit diprediksi, semakin banyak peralatan keselamatan yang diperlukan untuk menjamin tingkat layanan tertentu. Lembar kerja MRP memungkinkan perusahaan memperkirakan berapa banyak tenaga kerja yang mereka perlukan untuk memenuhi kebutuhan pembelian tanpa bergantung pada persediaan. Namun, strategi yang umum dilakukan adalah menjaga biaya pinjaman tetap rendah dengan mengurangi tingkat persediaan pengaman seiring dengan meningkatnya permintaan produk. Hal ini sangat penting bagi perusahaan dengan sumber daya keuangan terbatas atau perusahaan yang ingin menerapkan lean manufacturing, dengan tujuan menghilangkan pemborosan di seluruh proses produksi.

Jumlah sekuritas yang diputuskan untuk dimiliki suatu organisasi dapat mempunyai dampak yang signifikan terhadap bisnisnya. Terlalu banyak hal keamanan dapat membuat akuntansi menjadi terlalu mahal. Selain itu, produk yang disimpan dalam waktu lama dapat rusak, kadaluwarsa, atau musnah selama penyimpanan. Stok pengaman yang rendah dapat menyebabkan hilangnya penjualan dan peningkatan pergantian pelanggan. Jadi, penting untuk menemukan keseimbangan yang tepat antara terlalu banyak dan terlalu sedikit jaring pengaman.

Alasan untuk menjaga stok pengaman

Stok pengaman memainkan peran penting dalam strategi manufaktur "investasi saham" dan diterapkan ketika waktu tunggu terlalu lama untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan harga/kualitas/waktu pengiriman yang tepat. Tujuan utama dari persediaan pengaman adalah untuk menghilangkan variasi permintaan pelanggan, dan untuk mengasumsikan bahwa rencana produksi didasarkan pada perkiraan yang berbeda dari permintaan sebenarnya. Dengan mengadopsi perubahan ini, produk keamanan dapat meningkatkan tingkat layanan pelanggan.

Membangun stok pengaman dapat menunda kekurangan inventaris karena perubahan lain, seperti peningkatan permintaan pelanggan, sehingga memberikan waktu bagi organisasi Anda untuk menyesuaikan kapasitas produksi. Stok pengaman bertindak sebagai penyangga untuk melindungi organisasi dari kekurangan persediaan yang disebabkan oleh perencanaan yang buruk atau kekurangan persediaan pemasok.

Meskipun penting, persediaan pengaman sering dianggap membuang-buang sumber daya keuangan karena memerlukan biaya dalam hal komponen dan prosedur. Barang-barang sensitif seperti makanan, minuman, dan barang mudah rusak lainnya dapat rusak jika disimpan dalam wadah yang aman terlalu lama. Oleh karena itu, banyak organisasi yang berusaha mengurangi peralatan keamanan dengan berbagai cara, termasuk meningkatkan penggunaan teknologi, memperkuat kerja sama dengan pemasok, dan meningkatkan prediksi yang akurat.

Dalam lingkungan pengiriman yang ramping, waktu tunggu menjadi lebih singkat, sehingga membantu mengurangi tingkat stok pengaman dan mengurangi risiko dan dampak material. Penggunaan sistem perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) juga membantu organisasi mengelola tingkat stok yang aman. Modul ERP seperti perencanaan produksi membantu perusahaan mengembangkan perkiraan penjualan dan rencana operasional yang akurat dan dinamis. ERP dapat membantu Anda menghitung tingkat stok pengaman yang sesuai, namun perlu diingat bahwa konfigurasi dan konfigurasi komponen ERP harus dilakukan dengan hati-hati agar dapat berfungsi.

Kebijakan inventaris

Besar kecilnya uang jaminan tergantung pada jenis kebijakan persediaan yang digunakan. Stok dikirimkan dari "sumber" yang memenuhi pesanan untuk produk tersebut setelah jangka waktu pengisian tertentu. Kebijakan inventaris memeriksa inventaris secara berkala (misalnya sebulan sekali) dan melakukan pemesanan pada saat itu untuk memenuhi permintaan yang diharapkan hingga pesanan berikutnya. Dalam hal ini, safety stock dihitung dengan menjumlahkan probabilitas permintaan dan ketersediaan pasokan pada saat itu serta waktu tunggu untuk mengisinya. Jika kebijakan inventaris adalah kebijakan berkelanjutan (misalnya, kebijakan kuantitas pesanan atau kebijakan pesanan tertentu), tingkat inventaris dipantau dan pesanan dilakukan tepat waktu. Dalam hal ini, safety stock dihitung hanya dengan mempertimbangkan risiko yang terkait dengan waktu tunggu pengisian. Jika diterapkan dengan benar, kebijakan inventaris yang berkelanjutan dapat memastikan tingkat layanan yang lebih tinggi sekaligus mengurangi keamanan inventaris sekaligus meningkatkan praktik bisnis yang efisien dan efektif. Namun, kebijakan inventaris berkelanjutan sangat sulit diterapkan, sehingga sebagian besar organisasi yang menggunakan metode dan alat perencanaan tradisional memilih kebijakan inventaris berkala.

Disadur dari : https://en.wikipedia.org/wiki/Safety_stock